window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hindari Ditolak Leasing, Ini Syarat Kredit Mobil Baru maupun Bekas

Prasetyo · 13 Nov, 2022 12:05

syarat-kredit-mobil

Syarat kredit mobil kadang jadi hal yang belum dipahami masyarakat. Padahal mereka memiliki keinginan untuk memiliki kendaraan pribadi dengan dana terbatas.

Ya, kredit memang cukup menjadi solusi untuk seseorang yang ingin punya mobil namun uangnya belum cukup. Karena dengan kredit mobil, konsumen hanya menyetorkan sebagian kecil dari harga kendaraan itu sebagai uang muka alias down payment (DP).

syarat-kredit-mobil

Kredit jadi solusi untuk punya mobil

Tapi perlu diingat juga, ada syarat kredit mobil baru maupun bekas yang wajib dipenuhi. Sebab jika kurang, maka pengajuan kredit terhadap pihak bank maupun lembaga pembiayaan (leasing) bisa ditolak.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Lebih Baik Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas?

1. Persiapkan Dokumen Syarat Kredit Mobil

Dikutip dari Daihatsu Indonesia, ketika hendak melakukan pengajuan kredit mobil, pastikan sudah menyiapkan sejumlah dokumen pribadi yang diperlukan. Dokumen-dokumen ini menjadi hal penting sebagai kebutuhan administrasi syarat kredit mobil.

 

syarat-kredit-mobil

Persiapkan dokumen yang dibutuhkan pihak leasing

Gunanya agar pihak leasing bisa percaya jika ada yang dapat bertanggung jawab atas penerima kredit. Berikut persyaratan dokumen saat hendak kredit mobil baru ataupun bekas:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Rekening listrik
  • PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) rumah 
  • Slip gaji (suami dan istri untuk yang sudah menikah)
  • Fotocopy SIUP/TDP jika Anda wiraswasta
  • Rekening Koran Bank tempat Anda menyimpan uang

2. Syarat Kredit Mobil Wajib Lolos BI Checking

Syarat kredit mobil lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah skor kredit. Di Indonesia, sistem pengecekan ini memiliki nama BI checking. Pada dasarnya, Bank Indonesia (BI) mempunyai sistem pendataan otomatis yang menggunakan fasilitas leasing atau kredit bank.

Hindari Ditolak Leasing, Ini Syarat Kredit Mobil Baru maupun Bekas 02

Jangan sampai ada tunggakan lain

Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak mempunyai kredit bermasalah serta mempunyai skor kredit yang baik. Skor kredit berada di angka 300 hingga 850. Skor kredit ini bisa dikatakan bagus bila berada di atas angka 720. 

Untuk membuat skor kredit bagus, pastikan cicilan yang dimiliki saat ini sudah dibayar tepat waktu. Alangkah lebih baik, sebelum mengajukan kredit mobil, pastikan sudah melunasi hutang lainnya yang atas nama Anda.

Baca juga: Hindari Riba, Begini Mudahnya Simulasi Kredit Mobil Syariah

3. Siapkan Uang Muka

Hal lain yang harus dipenuhi adalah DP atau uang muka. DP yang diberikan sebenarnya cukup variatif, mulai dari 0% sampai 50%. Namun, nominal yang umum ialah 20% hingga 30%.

Hindari Ditolak Leasing, Ini Syarat Kredit Mobil Baru maupun Bekas 03

Pertimbangkan besar DP dari harga mobil

Sering menjadi pertanyaan, apakah pembayaran DP besar membuat pengajuan kredit menjadi mudah disetujui? Sebenarnya, walaupun tidak selalu menjamin, tetapi DP besar menunjukkan komitmen dan tanggungjawab finansial yang besar. Sehingga, kemungkinan disetujui menjadi semakin besar.

4. Hitung Besarnya Cicilan

Selain DP, Anda juga wajib memperhitungkan besarnya cicilan bulanan. Jangan sampai, penghasilan bulanan Anda hanya cukup untuk membayar cicilan mobil sementara kebutuhan pokok malah terbengkalai.

Hindari Ditolak Leasing, Ini Syarat Kredit Mobil Baru maupun Bekas 04

Cicilan harus sesuai dengan pendapatan bulanan

Besarnya pendapatan yang bisa dikatakan aman untuk kredit mobil adalah 30% dari pendapatan. Misalnya total pendapatan Anda dan istri Rp20 juta per bulan, maka cicilan mobil tidak boleh lebih dari Rp6 juta.

Besarnya DP selain bisa memberi kemungkinan syarat kredit mobil disetujui lebih besar, juga akan memepringan cicilan bulanan.

Baca juga: Carsome Gandeng Adira Finance Tawarkan Paket Kredit Mobil Bekas Bersertifikat

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil