window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hino Sediakan Fasilitas Uji KIR, Bisa Melayani Semua Kendaraan Niaga dan Bebas Calo!

Enda · 10 Mar, 2024 15:01

Uji KIR Hino

Uji KIR Hino merupakan layanan uji KIR swasta pertama yang ada di Indonesia.

Hadirnya uji KIR dari HMSI turut mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan kelancaran dan keselamatan transportasi, serta menjaga lingkungan dengan memperkenalkan Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB), atau Fasilitas Uji KIR Swasta berizin resmi dan terakreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat - Kementerian Perhubungan.

Fasilitas terbaru PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) ini dihadirkan secara khusus untuk kendaraan niaga yang hendak melakukan uji berkala kendaraan bermotor atau KIR yang dilakukan setiap 6 bulan sekali, yang terintegrasi dengan perawatan dan perbaikan di bengkel resmi Hino.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Uji KIR bukan hanya kewajiban, tapi juga investasi untuk keselamatan, kelancaran operasional, dan kelestarian lingkungan. Kendaraan yang laik jalan memberikan manfaat bagi pengemudi, penumpang, dan masyarakat luas” kata Irwan Supriyono, After Sales & Technical Director PT HMSI, Sabtu (9/3).

Irwan menambahkan, layanan Uji KIR HMSI bukan hanya melakukan pengecekan, namun juga bisa perbaikan.

Uji KIR Hino

Diskusi KIR Facility Hino

"Uji KIR yang ada di Pemerintah hanya pengecekan saja tidak ada perbaikan. Ketika tidak lolos uji KIR bisa dibawa ke bengkel di luar untuk perbaikan, atau bisa dilakukan perbaikan di sini. Itu tergantung bagaimana kustomer. Cuma kalau perbaikan di luar kan harus antri lagi. Tapi kalo di tempat kami jadi prioritas, jadi tidak perlu antri lagi untuk KIR nantinya ,” ungkapnya.

Selain metode pengujian yang mengikuti regulasi Pemerintah, pemeriksaan di fasilitas uji KIR Hino ditambah dengan inspeksi standar APM, sehingga menghasilkan kualitas hasil uji yang dapat dipertanggung jawabkan, serta rekomendasi perbaikan tepat, langsung di bengkel resmi.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, fasilitas uji KIR ini setara dengan yang dikeluarkan Pemerintah.

“Jadi sertifikat yang dikeluarkan sama. Karena terintegasi dengan Kemenhub, jadi pemilik tidak pelu uji KIR lagi,” jabarnya.

Baca juga: Ramaikan GIICOMVEC 2024, Hino Resmikan Fasilitas Uji KIR Swasta Pertama

Uji KIR Hino Dipatok Rp275 Ribu

Uji KIR Hino

Unit pelayanan uji KIR

Bertempat Jl. Gatot Subroto KM 8.5 Jatake, Kota Tangerang, fasiitas uji KIR Hino beroperasi dari Senin hingga Jumat mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

“Jenis kendaraan untuk dilakukan uji KIR di kami, kami menerima semua kendaraan niaga baik kecil hingga besar. Tidak ada perbadaan. Secara prinsip pengujian yang dilakukan sama. Bagi semua pemilik kendaraan komersil dapat melakukan uji KIR berkala setiap 6 bulan sekali di fasilitas uji KIR kami, baik itu kendaraan Hino maupun non Hino. Uji KIR HMSI dipastikan bebas calo, dan untuk tarifnya sebesar Rp275 ribu,” kata Dhana Darmasetiawan, Kepala Fasilitas Uji KIR PT Hino Motors Sales Indonesia.

Baca juga: Hino Indonesia Academy Jadi Wadah Pelatihan Para Sopir Truk dan Bus

Layanan Uji KIR Tidak Sampai Satu Jam

Uji KIR Hino

Pengecekan kolong kendaraan

Dikatakan Dhana, untuk kapasitas uji KIR milik HMSI ini sebanyak 40 kendaraan per hari.

“Pengujian dilakukan oleh 4 orang yang ahli dibidangnya masing-masing. Untuk kapasitas uji KIR-nya 40 kendaraan per hari. Kedepannya terus kita evaluasi, jika masuk kendaraan lebih banyak, maka kita coba tambah,” terangnya.

Uji KIR cepat hanya 55 menit, untuk prosesnya sangat mudah cukup dilakukan dengan aplikasi untuk booking jadwal pelaksanaan sehingga dapat bebas antrian untuk efisiensi waktu tanpa mengganggu operasional kendaraan.

Uji KIR Hino

Pengecekan kondisi ban

“Komitmen kita kurang dari satu jam, dimana proses awal administrasi sama seperti Pemerintah. Kemudian masuk lajur uji kurang dari setengah jam. Jika dalam proses uji punya dokumen lengkap, untuk proses tidak memakan waktu yang lama. Kita upayakan pengguna atau pemilik kendaraan punya waktu yang banyak dengan layanan KIR tidak sampai satu jam ini sehingga tidak mengganggu operasional kendaraan,” tutup Dhana.

Baca juga: Hino Indonesia Academy Jadi Wadah Pelatihan Para Sopir Truk dan Bus

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil