window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hongqi N701 Milik Xi Jinping vs Cadillac One The Beast Andalan Joe Bidden Tampil di KTT G20 Bali, Mana Paling Sangar?

Yongki Sanjaya · 15 Nov, 2022 10:00

Hongqi N701 Milik Xi Jinping vs Cadillac One The Beast Andalan Joe Bidden Tampil di KTT G20 Bali, Mana Paling Sangar? 01

Ajang pertemuan internasional seperti Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang berlangsung di Bali tentu menjadi pusat perhatian banyak kalangan. Bahkan, pertemuan antar kepala negara ini juga cukup menarik bila kita menyimak dari sudut pandang otomotif. Bagaimana tidak, mobil seperti Cadillac The Beast atau Hongqi N701.

Kedua mobil tadi adalah kendaraan kepresidenan masing-masing untuk Amerika Serikat dan China. Agak disayangkan karena Vladimir Putin selaku presiden Rusia tak dapat hadir dalam KTT G20 di Bali pekan ini. Padahal bila Putin hadir, maka Pulau Dewata bakal ikut kedatangan Aurus Senat L700 yang jadi kendaraan dinasnya.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Presiden AS 'The Beast' Diajak ke KTT G20 Bali, Ini Fakta Benteng Berjalan Joe Biden

Presiden Jokowi Masih Pakai Mercedes-Benz S600 Guard ke KTT G20, Gak Jadi Mobil Listrik?

Gak Mau Pakai Mobil Lain Selama KTT G20 Bali, Xi Jinping Bawa Langsung Hongqi N701

Amerika Serikat, Rusia, hingga China kerap membawa kendaraan mereka sendiri ketika sedang melakukan kunjungan negara. Tentu ini cukup menarik untuk disimak karena negara raksasa dunia biasanya memakai produk rancangan dalam negeri mereka untuk mobil kenegaraan. 

Bahkan, kehadiran perdana menteri Jepang dan Inggris pun bisa saja menyita perhatian kalau mereka juga membawa kendaraan dinas andalannya. Kita bisa melihat mobil yang merupakan karya terbaik industri otomotif masing-masing negara.

Namun kali ini kita akan fokus terlebih dahulu dengan penampilan Hongqi N701, apakah spesifikasinya bisa lebih jumawa dari Cadillac The Beast yang sudah terkenal perkasa? Mari kita bandingkan kedua mobil tersebut.

Hongqi N701 Milik Xi Jinping, Mobil Kepresidenan Speknya Ghoib

Hongqi N701 Milik Xi Jinping vs Cadillac One The Beast Andalan Joe Bidden Tampil di KTT G20 Bali, Mana Paling Sangar? 01

Beberapa negara peserta KTT G20 2022 juga membawa kendaraan-kendaraan khusus untuk membawa petinggi negara dan jajaran menteri. Republik Rakyat China diketahui membawa mobil kepresidenannya yaitu Hongqi N701, untuk mobilisasi Presiden Xi Jinping. Konon N701 sejatinya juga hanya merupakan sebuah kode, bukan merupakan nama asli mobil tersebut. 

Dari video yang beredar di media sosial, sebanyak dua unit Hongqi N701 sudah terpantau berada di Bali, yang digunakan Xi Jinping menghadiri perhelatan KTT G20 2022 yang berlangsung pada tanggal 15-16 November 2022. 

Sedan mewah ini sebelumnya sudah pernah digunakan pada kunjungan kenegaraan Xi Jinping. Termasuk saat kunjungan ke Hong Kong pada tanggal 1 Juli 2022 lalu dalam rangka menyambut berdirinya Hong Kong Special Administrative Region.

Hongqi N701 Milik Xi Jinping vs Cadillac One The Beast Andalan Joe Bidden Tampil di KTT G20 Bali, Mana Paling Sangar? 02

Hongqi merupakan merek mobil mewah China yang dimiliki produsen otomotif FAW Car Company, anak perusahaan FAW Group. Nah, N701 merupakan penerus dari Hongqi L5 yang punya tampilan lebih lawas karena mengadopsi lampu utama berbentuk bulat. 

Hongqi yang jadi mobil kepresidenan selalu punya ciri khasnya tersendiri. Paling mudah terlihat adalah garis merah dari grill menuju kap mesin sebagai simbol ‘Red Flag’ atau ‘bendera merah’.

Rancangan desain Hongqi ini cukup kokoh dan perkasa walau wujudnya berupa sedan. Perawakannya juga terbilang tinggi, kemungkinan juga menggunakan sasis truk ringan seperti The Beast.

Hongqi N701 Milik Xi Jinping vs Cadillac One The Beast Andalan Joe Bidden Tampil di KTT G20 Bali, Mana Paling Sangar? 03

Hongqi N701 ini mempunyai grill besar berbentuk kotak yang diapit lampu utama dengan ujung melancip. Aksen krom terpasang pada mobil ini yang tentunya memberikan kesan mewah. Kemudian pada jendela belakang kecil dan sempit, untuk melindungi penumpang dari orang-orang yang marah menembakkan peluru atau melempar barang berbahaya yang bisa meledak seperti granat.

Agak disayangkan karena tidak ada detail spesifikasi mengenai Hongqi N701 yang digunakan oleh Xi Jinping. Alasannya tentu karena ini mobil kepresidenan maka spesifikasi yang digunakan tidak boleh diketahui khalayak, namun dipastikan harus yang terbaik. Namun, kita bisa mengambil patokan dari beberapa basis kendaraan versi sipilnya yang telah dipasarkan di China.

Sekilas Spesifikasi Hongqi N701

Hongqi N701 Milik Xi Jinping vs Cadillac One The Beast Andalan Joe Bidden Tampil di KTT G20 Bali, Mana Paling Sangar? 04

Mobil ini juga sangat berat, dan bila kita melihat unit versi sipil tanpa lapis baja yang Beratnya mencapai 3.150 kilogram. beberapa bagian sangat kokoh dengan material terbaik di China seperti handle pintu dari batu giok mewah.

Adapun mesinnya kemungkinan menggunakan konfigurasi V12 atau V8 yang sama digunakan pada produk regulernya seperti LS7 SUV. Untuk mesin turbo V8 4.000 cc bertenaga 360 dk dan torsi 550 Nm.

Sedangkan mesin V12 juga disematkan pada sedan Hongqi L5. Mesin ini mempunyai kapasitas sangat besar yaitu 6.000 cc V12 dengan output tenaga sebesar 408 hp dan torsi 550 Nm

Cadillac One 'The Beast' Tunggangan Joe Bidden, Truk yang Diubah Jadi Sedan

Hongqi N701 Milik Xi Jinping vs Cadillac One The Beast Andalan Joe Bidden Tampil di KTT G20 Bali, Mana Paling Sangar? 05

Joe Bidden dipastikan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali 2022. Tak main-main, orang nomor satu di Amerika Serikat ini ikut membawa mobil khusus untuk menunjang kegiatannya selama di Indonesia yakni Cadillac One atau yang dikenal dengan julukan The Beast.

Mobil yang digunakan Presiden AS ini punya beberapa julukan atau sebutan seperti Cadillac One, First Car, atau Stagecoach. Pemerintah Amerika Serikat memang sengaja membawa dua unit The Beast dengan spesifikasi dan tampilan yang sama, demi menjaga keamanan. Salah satunya, untuk mengecoh penjahat saat Biden melakukan perjalanan darat. 

Hongqi N701 Milik Xi Jinping vs Cadillac One The Beast Andalan Joe Bidden Tampil di KTT G20 Bali, Mana Paling Sangar? 06

Mobil dengan berat delapan ton ini diklaim sebagai kendaraan paling aman di dunia.  The Beast benar-benar dirancang untuk mengatasi ancaman terhadap presiden AS. Mobil ini dipesan pada 2018 dan The Beast berlogo Cadillac yang digunakan Biden dibangun menggunakan sasis truk GMC Top Kick.

Mobil  senilai £1,2 juta atau setara Rp 21,9 miliar ini sudah dilengkapi kaca setebal 5 inci dan pintu setebal 8 inci yang beratnya setara dengan pintu-pintu pesawat komersial. Jendelanya terbuat dari lima lapis kaca polikarbonat. Perlindungannya bisa menahan serangan bom serta tembakan senjata bahkan dari jarak dekat. 

Hongqi N701 Milik Xi Jinping vs Cadillac One The Beast Andalan Joe Bidden Tampil di KTT G20 Bali, Mana Paling Sangar? 07

The Beast juga dilengkapi fitur keselamatan lain seperti ban run-flat, perlengkapan penglihatan malam, tabung oksigen, telepon satelit, dan kode nuklir. Selain itu, tangki bahan bakarnya disebut-sebut memiliki rancangan khusus sehingga tidak gampang meledak saat tabrakan atau tertembak peluru.

The Beast menyimpan suplai darah sesuai golongan darah presiden, lengkap dengan defibrilator dan perlengkapan darurat lainnya. Mobil ini juga sangat kedap dan tertutup rapat. Namun di kabin mobil ini terdapat speaker sehingga penumpang dapat mendengar apa yang terjadi di luar.


 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil