window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai Staria Kinder, MPV Premium Buat Mobil Jemputan Anak Sekolah

Evan · 12 Okt, 2021 18:06

Hyundai Staria Kinder, MPV Premium Buat Mobil Jemputan Anak Sekolah 01

Setelah sebelumnya Hyundai menghadirkan Staria versi blindvan sebagai kendaraan niaga, kali ini MPV besar tersebut justru disulap menjadi kendaraan anak sekolah.

Dinamakan Hyundai Staria Kinder, mobil kuning berpenumpang maksimal 15 orang ini nantinya akan dijual khusus untuk pasar Korea saja. Ada juga pilihan 11 penumpang bagi pihak sekolah yang menginginkan ruang kabin lebih lapang.

Seperti dilansir oleh Drive, mobil ini memiliki beberapa ubahan spesial ketimbang versi Staria premium, menjadikannya layak sebagai mobil transportasi massal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tetap tidak merubah desain futuristis ala model Robocop yang dianut generasi terbaru Staria, hanya saja sekarang lebih terlihat multifungsi dan fleksibel dari sebelumnya.

Baca juga: Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya!

Tampilan Luar Tambah Light Bar dan Rambu Stop 

Hyundai Staria Kinder, MPV Premium Buat Mobil Jemputan Anak Sekolah 01

Warna kuning ciri khas bus sekolah

Dari luar, pertama kali yang menarik perhatian adalah warna kuningnya sangat mencolok, berpadu manis dengan warna hitam di sekeliling area kaca.

Penambahan light bar juga menjadi kewajiban mobil sekolah di Korea, sehingga Staria Kinder pun tak luput pemasangan. Hebatnya housing dari lampu tadi dibuat menyatu dengan bodi mobil, seakan-akan asli buatan Hyundai.

Hyundai Staria Kinder, MPV Premium Buat Mobil Jemputan Anak Sekolah 02

Bagian belakang tetap futuristis

Rambu tanda berhenti juga ikut dipasang, dengan ditempelkan ke bagian bodi kiri depan. Berguna sebagai penanda bagi pengendara sekitar ketika mobil ini sedang berhenti lama menurunkan anak-anak.

Ada juga stiker tanda bus sekolah berlatar biru kuning di sebelah kanan pintu geser, memastikan tidak tertukar dengan mobil lainnya.

Bagian Dalam Penyesuaikan Postur Tubuh Anak Sekolahan

Hyundai Staria Kinder, MPV Premium Buat Mobil Jemputan Anak Sekolah 03

Konfigurasi 11 tempat duduk

Tema dua warna yakni kuning dan hitam terus berlanjut ke bagian interior. Kursi captain chair di versi premium diganti dengan kursi minimalis yang berukuran lebih kecil, untuk menompang badan usia anak sekolah.

Sabuk pengaman sekarang bisa diatur naik turunnya menyesuaikan tinggi badan. Agar dapat masuk ke baris ketiga dan keempat, perlu menggeser kursi paling kanan di baris kedua

Hyundai Staria Kinder, MPV Premium Buat Mobil Jemputan Anak Sekolah 04

Interior mirip versi Blindvan

Khusus untuk pilihan 11 penumpang memiliki konfigurasi kursi 4-3-4. Tidak dihitung penumpang dan pengemudi baris depan, yang juga dimanjakan oleh bentuk konsol tengah dan juga dipermudah oleh akses konektivitas.

Sama seperti blindvan, Kinder juga memiliki smartphone integration seperti Apple Carplay dan Android Auto.

Baca juga: Hyundai Ajukan Paten Layar Speedometer di Tengah Setir, Jadi Mirip Stick Game

Sistem Keselamatan ADAS Juga Hadir di Staria Kinder

Hyundai Staria Kinder, MPV Premium Buat Mobil Jemputan Anak Sekolah 05

Fitur ADAS juga hadir

Meski digunakan sebagai bus sekolah, Hyundai tetap memberikan fitur keselamatan aktif kelas wahid dalam gabungan Advance Driving Assistance System (ADAS), sama seperti yang bisa ditemukan pada Staria di kelas premium. 

Hyundai Staria Kinder, MPV Premium Buat Mobil Jemputan Anak Sekolah 06

Rear Cross Traffic Alert(RCTA)

Sebut saja Forward Collision Assist (FCA), Blind-Spot Collison Avoidance Assist (BSCA), Automatic Emergency Braking (AEB), Lane Keep Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW) dan Rear Cross Traffic Allert (RCTA) ikut dipasarkan pada mobil ini.

Berbahan Bakar LPG, Harga Mulai Rp413 Jutaan

Hyundai Staria Kinder, MPV Premium Buat Mobil Jemputan Anak Sekolah 07

Dapat keringanan pajak 

Sebagai bagian dari inisiatif Pemerintah Korea Selatan untuk memberikan insentif kepada kendaraan ramah lingkungan, maka Hyundai memberikan pilihan mesin berbahan bakar Liquid Petroleum Gas (LPG) khusus Staria Kinder.

Nantinya akan ada subsidi sebesar 7 juta won (Rp 83,2 juta) bagi sekolah yang membeli Staria Kinder, serta tambahan 13 juta won (Rp 154,5 juta) bagi institusi pendidikan yang mau menukar bus diesel mereka dengan Staria Kinder terbaru.

Hyundai Staria Kinder dengan kapasitas 11 tempat duduk dibanderol 34,78 juta won (Rp413,3 juta), sedangkan kapasitas 15 tempat duduk dihargai 37,48 juta won (Rp445,54 juta). Jika ditambah insentif tadi, maka model paling murahnya bisa ditebus sebesar 20 juta won (Rp237,7 juta).

Baca juga: Lebih Mewah dari Hyundai Palisade, Trumpchi GS8 2022 Tawarkan Harga Setara Innova Venturer

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Hyundai Staria Signature 9 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil