window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Dia Pabrik Perakitan Chery di Indonesia, Sudah Rakit Ford Sejak 70an Hingga Ekspor ke Mancanegara

Indra Fathan · 20 Feb, 2022 13:00

Ini Dia Pabrik Perakitan Chery di Indonesia, Sudah Rakit Ford Sejak 70an Hingga Ekspor ke Mancanegara 01

 

  • PT Handal Indonesia Motor akan menjadi lokasi pabrik perakitan Chery Tiggo di Indonesia
  • Pabrik Handal ini sudah merakit mobil sejak tahun 1970-an

Beberapa waktu yang lalu, PT Chery Motor Indonesia selaku APM Chery di Indonesia mengumumkan kepada media bahwa produk-produk Chery akan langsung dirakit di Indonesia mulai tahun 2022 ini. Perakitan ini akan menggandeng sebuah perusahaan general assembly sebelum pabrik milik sendiri beroperasi, yang ditargetkan sekitar dua tahun mendatang.

Ini Dia Pabrik Perakitan Chery di Indonesia, Sudah Rakit Ford Sejak 70an Hingga Ekspor ke Mancanegara 02

Produk Chery Tiggo akan diproduksi pertama kali di pabrik Handal di Bekasi

Perusahaan yang dimaksud adalah PT Handal Indonesia Motor atau HIM. Terdengar masih asing namanya, namun sebenarnya sudah memiliki pengalaman dalam merakit mobil di Tanah Air. Nama ini merupakan "penerus" dari Hyundai Indonesia Motor dan pabriknya masih berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Bukan Cuma Jualan, Chery Juga Jadikan Indonesia Basis Produksi Global!

Berpengalaman Merakit Mobil Sejak 1970

Dikutip dari website resminya, penggantian nama perusahaan dari PT Hyundai Indonesia Motor menjadi PT Handal Indonesia Motor telah berlangsung sejak tanggal 2 November 2020. Sebelumnya perusahaan ini memang lebih dikenal sebagai perusahaan perakitan mobil Hyundai di Indonesia sebelum perannya "diambilalih" oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang memiliki pabrik di Cikarang, Jawa Barat.

Ini Dia Pabrik Perakitan Chery di Indonesia, Sudah Rakit Ford Sejak 70an Hingga Ekspor ke Mancanegara 01

Hal ini tidak bisa dilepaskan dari investasi besar yang dilakukan prinsipal Hyundai di Indonesia dengan mendirikan perusahaan lokal baru yaitu HMMI di sektor manufaktur dan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di sektor penjualan dan pemasaran produk Hyundai. Dilansir dari Cnnindonesia.com, hal ini membuat perusahaan lokal Hyundai sebelumnya seperti HIM dan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) berubah status menjadi general assembly dan main dealer Hyundai.

Ini Dia Pabrik Perakitan Chery di Indonesia, Sudah Rakit Ford Sejak 70an Hingga Ekspor ke Mancanegara 02

Kembali ke pabrik HMI, sebelum berubah status menjadi general assembly, pabrik ini sudah merakit beberapa produk Hyundai dan brand lainnya, contohnya Hyundai H-1, Hyundai Atoz, Hyundai Accent/Bimantara Cakra, Hyundai Elantra/Bimantara Nenggala, dan Ford Laser. Bahkan diketahui riwayat pabrik ini dapat ditarik hingga tahun 1970-an di mana saat itu merakit mobil-mobil Nissan.

Baca juga: Chery OMODA 5 Mulai Masuk Tahap Produksi, Siap Kirim ke Indonesia

Produk Yang Dirakit Juga Diekspor

 

Pabrik ini memiliki luas lahan sebesar 121.371 meter persegi dan terdiri dari dua lantai. Dalam website resminya disebutkan bahwa HMI memiliki beberapa kapabilitas dalam perakitan mobil, seperti CKD Assembling, IKD Assembling, Body & Plastic/Parts Paint, Body & Parts Workshop, CBU Unit Export, dan Body in Painted Export. Salah satu produk perakitannya, Hyundai H-1 juga sudah diekspor ke Thailand, Brunei, Laos, dan Myanmar.

Ini Dia Pabrik Perakitan Chery di Indonesia, Sudah Rakit Ford Sejak 70an Hingga Ekspor ke Mancanegara 03

Selain itu, pabrik HMI juga memiliki fasilitas-fasilitas yang menunjang produktivitas para pekerjanya, seperti tempat pelatihan, masjid, poliklinik, koperasi, hingga kantin. Dengan perubahan fungsi menjadi pabrik general assembly, diharapkan HMI tetap berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif Indonesia dengan merakit mobil-mobil selain Hyundai, yaitu Chery yang akan dimulai tahun ini.

Baca juga: 3 Mobil Chery yang Siap Masuk Indonesia, Bakal Jadi Rival Honda HR-V, Wuling Almaz, sampai Toyota Fortuner

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil