window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Intip Sejarah Subaru Impreza WRX, Sedan Sport Jawara Reli yang Siap Balik ke Indonesia

Prasetyo · 3 Jul, 2021 09:30

Subaru Impreza WRX

Sebuah mobil berjenis sedan yang ada di dalam benak banyak orang adalah kendaraan yang nyaman. Suspensi lembut, kabin yang kedap, dan interior berbalut kulit yang mewah.

Tapi Subaru memutar balikkan fakta itu melalui Impreza dengan  menyuguhkan hal berbeda. Dan ketika ditambahkan beberapa huruf di belakangnya, yakni WRX serta STI, maka Anda mendapatkan satu paket sedan sport yang tangguh disegala medan layaknya SUV.

Subaru Impreza WRX -1

Namanya tenar di balap WRC

Di tahun 1992 Subaru pertama kali memperkenalkan Impreza. Disinilah jalan panjang catatan sejarah Subaru Impreza WRX terukir indah. Di masanya, mobil ini benar-benar merajai ajang World Rally Championship (WRC) yang membuat namanya terkerek berkat kemenangan Collin McRae di tahun 1995.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Subaru Forester 2022 Tampil Lebih Sporty, Calon Rival Baru Honda CR-V dan Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia

Dibuat Memang untuk Balap Reli

Saat pertama kali lahir, Impreza dibuat Subaru sebagai sedan berdimensi compact. Namun ketika tim balap reli Subaru World Rally Team membutuhkan mobil untuk turun di Group A, maka Subaru pun membangun versi Impreza WRX (World Rally eXperimental).

Subaru Impreza WRX -2

Membawa Collin McRae juara WRC

Karena memang dibuat untuk spesifikasi balap dengan homologasi, maka tak heran secara teknik ada banyak perbedaan antara Imrpeza dan Subaru Impreza WRX. Antara lain menggunakan sistem penggerak All-Wheel Drive (AWD), dipasang Limited Slip Differential (LSD), setup suspensi untuk kebutuhan sport yang bisa mengakomodir tikunga-tikungan tajam, sampai mesin dengan tambahan sederet performance parts.

Untuk versi produksi massal Subaru Impreza WRX generasi pertama menggunakan mesin EJ20 Turbo 2.0-liter bertenaga 236 hp. Subaru juga menawarkan versi hatchback dari Impreza WRX. Berselang dua tahun kemudian, Subaru merilis lagi versi yang lebih hardcore dari Impreza. Yakni Impreza WRX STi dengan mesin berkekuatan hampir 250 hp.

Subaru Impreza WRX -4

Impreza WRX STi 22B salah satu incaran kolektor

Sukses di sejumlah ajang balap reli membuat Subaru melahirkan sejumlah seri terbatas Impreza WRX. Antara lain McRae Edition di tahun 1995, lalu ada juga Impreza WRX STi 22B yang sekaligus merayakan 40 tahun Subaru.

Baca juga : Subaru Outback Tertunda Hadir di Indonesia, Imbas Penutupan Pabrik Sementara di Jepang?

Sempat Kehilangan Identitas

Subaru Impreza WRX generasi kedua datang tahun 2000. Kala itu ubahannya cukup radikal dengan model lampu depan membulat yang membuatnya dijuluki "Bug Eye". Pada fase ini, Subaru mendapatkan banyak pro dan kontra. Tak heran generasi kedua sampai dua kali facelift demi mengubah penampilan bagain depan mobil tersebut.

Walau sebagian menganggapnya aneh, tetapi prestasinya di ajang balap reli tetap moncer. Bahkan karena kesuksesan di kompetisi internasional inilah Subaru Impreza WRX serta Impreza WRX STi mendarat di benua Amerika pada tahun 2002. Saat itu Impreza menawarkan tenaganya mencapai 300 hp dan hanya datang dangan pilihan transmisi manual enam percepatan.

Subaru Impreza WRX -3

Ada juga varian hatchback

Setelah sempat seperti kehilangan rasa percaya diri, Subaru memutuskan untuk membuka selubung generasi ketiga Impreza WRX di tahun 2007. Desainnya boleh dibilang mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Dan pada generasi ketiga inilah Subaru mengakhiri keikutsertaannya di WRX menggunakan Impreza.

Subaru Impreza Siap Kembali ke Indonesia

Perubahan besar pada Impreza terjadi di tahun 2015. Karena Subaru akhirnya memutuskan untuk tak lagi memakai nama Impreza. Selain itu untuk varian WRX mesinnya juga sudah diganti dengan mesin Boxer F20 Twin Turbo yang mampu menggail tenaga puncak 270 hp dengan torsi 350 Nm. Di generasi keempat pula Subaru mulai menawarkan transmisi CVT dengan bantuan paddle shift.

Subaru Impreza WRX -6

Konsep Subaru WRX 2022

Kini Subaru sedang mempersiapkan generasi terbaru WRX 2022. Selain bentunya yang akan mengalami perubahan, Subaru WRX juga akan pakai mesin baru FA24. Bahkan beberapa pihak memprediksi Subaru akan hadirkan WRX dalam bentuk elektrik atau hybrid.

Dengan rencana Subaru comeback ke Indonesia, masa besar kemungkinan Subaru WRX 2022 juga akan diboong ke dalam negeri. Jadi sudah siapkan Anda kembali jadi bagian sejarah Subaru Impreza WRX ???

Baca juga : Subaru WRX 2022 Siap Debut, Si Jagoan Reli Balik Lagi Tawarkan 3 Pilihan Mesin Turbo

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Subaru WRX MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil