window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Tergiur Murah, Ini 5 Keuntungan Membeli Ban Baru Dibandingkan yang Bekas

Herdi · 28 Mar, 2023 18:04

Jangan Tergiur Murah, Ini 5 Keuntungan Membeli Ban Baru Dibandingkan yang Bekas 01

Tak sedikit pemilik mobil masih tergiur untuk membeli ban bekas. Mereka beralasan meski seken, kondisi ban bekas banyak yang masih bagus dan pasti harganya lebih murah. 

Meski alasan klasik ini kerap diutarakan para pembeli ban bekas, namun faktanya ketika mengganti ban baru maka lebih banyak keuntungannya. Nah, Anda yang kerap membeli ban bekas, maka perlu tahu juga alasan penting jika membeli ban baru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Awas Beli Ban Kedaluwarsa, Begini Mengecek dan Menyimpannya Jika Tidak Digunakan

1. Ban baru lebih aman

Ban

Deretan ban baru yang ditawarkan Bridgestone

Memang tidak ada jaminan saat berkendara akan lebih aman dengan ban baru. Namun dengan membeli ban baru, setidaknya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan ban bekas. 

Setidaknya dengan membeli ban baru, kondisi ban masih sangat prima untuk mampu melewati berbagai kondisi jalan. Alhasil, pengendalian juga lebih stabil. 

Baca juga: Ban GT Radial Savero A/T Pro Diluncurkan, Cocok Dipakai SUV Mulai Daihatsu Rocky hingga Toyota Land Cruiser

2. Memberikan traksi lebih baik

Tapak ban baru

Tapak ban baru akan lebih tebal

Dengan menggunakan ban baru, maka traksinya jauh lebih baik. Belum lagi jika ingin berhenti, melaju, dan bermanuver itu jauh lebih aman. 

Ya, dengan menggunakan ban baru, pola tapak ban masih jauh  lebih baik dibandingkan ban bekas. Selain itu, cengkeraman kulit ban ke permukaan jalan juga jauh lebih baik. Apalagi saat mobil harus melewati jalanan basah, maka satu set ban baru akan menyelamatkan mobil dari selip.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ada 3 Jenis Ban SUV Yang Umum Beredar di Pasaran

3. Efisiensi bahan bakar lebih baik

Pengecekan ban setiak akan dipakai

Pengecekan ban pelu dilakukan setiap akan dipakai berkendara

Ban baru memiliki bentuk kondisi yang lebih sempurna daripada ban bekas. Maka dari itu, menurut banyak penelitian kondisi ban yang baik akan sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Untuk korelasinya, semakin berat mobil, semakin keras Anda harus mendorong, yang berarti lebih banyak energi yang dibutuhkan. Tapi, jika mobil Anda memiliki ban dengan hambatan gelinding yang rendah, semakin sedikit Anda harus mendorong.

Sebaliknya jika menggunakan ban bekas, maka ban bekas memiliki tapak tidak rata, sehingga mengharuskan pengemudi lebih bekerja keras ketika bermanuver, sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

4. Performa lebih baik di jalan raya

Periksa ketebalan ban

Periksa ketebalan ban juga perlu dilakukan secara periodik

Menggunakan ban baru dapat berpengaruh terhadap performa kendaraan yang lebih baik di jalan raya. Tentunya pemilihan ban baru ini disesuaikan dengan kondisi jalan yang biasa dilalui.

Sebaliknya jika menggunakan ban bekas, apalagi ketebalan tapaknya berkurang atau sudah aus, sehingga pengemudi harus bekerja lebih keras, dan mobil lebih butuh tenaga untuk mencengkram aspal saat melakukan pengereman atau berbelok. 

Selain itu, dengan menggunakan ban yang kualitasnya sudah berkurang, maka hal itu akan mempersulit untuk menghentikan mobil yang dipacu cepat di saat kondisi darurat.

5. Berkendara jadi lebih nyaman

Pastikan ban

Pastikan memilih ban yang sesuai dengan velg

Dengan menggunakan ban baru, maka hal tersebut membuat daya cengkram jadi maksimal. Alhasil, saat mobil dipacu di jalan raya maka akan memberikan hasil yang baik dan juga lebih nyaman.

Selain itu, dengan menggunakan ban baru biasanya menghasilkan kebisingan lebih sedikit dibandingkan ban yang sudah aus. 

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengganti Ban 

ban mobil

Sebaiknya hindai beli ban bekas

Adapun jika ban mobil Anda memang perlu diganti, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Paling utama tentu sesuaikan dengan kebutuhannya.

Jangan membeli ban offroad untuk mobil yang digunakan di jalanan aspal. Pilihlah ban yang sesuai dengan ukuran velg. Yang tak kalah penting cek kapan tahun pembuatan ban mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil