Rekomendasi 5 Oli yang Cocok untuk mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, Awas Jangan Asal Isi!

Prasetyo · 26 Mei, 2021 08:00

Rekomendasi 5 Oli yang Cocok untuk mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, Awas Jangan Asal Isi! 01

Setiap mobil tentu membutuhkan oli yang berbeda-beda, termasuk kala memilih oli yang cocok untuk mobil Sigra maupun Calya. Sebab spesifikasi mesin dari Daihatsu Sigra atau Toyota Calya, jelas berbeda dengan spesifikasi mesin mobil lain misalnya Daihatsu Xenia atau Toyota Avanza.

Perbedaan spesifikasi mesin ini pastilah membutuhkan pelumas yang juga sesuai karakter mesinnya. Sebab spesifikasi pelumas harus disesuiakan dengan teknologi pada mesin tersebut.

Contohnya pada oli mobil Sigra dan Cayla. Meskipun kedua mobil ini masuk kategori kendaran murah ramah lingkungan (LCGC/Low Cost Green Car), tapi oli yang dibutuhkan cukup istimewa. Sebab oli yang direkomendasikan untuk LCGC 7 penumpang ini adalah yang memiliki spesifikasi SAE 0W-20. Atau alternatifnya bisa pakai oli yang SAE 5W-30.

Ganti Oli Mobil

Ingat, pastikan rutin mengganti oli mesin

Sebaiknya kekentalannya tidak lebih dari itu, mengingat Sigra atau Cayla sudah menggunakan mesin teknologi modern. "Yang 0W-20 sudah full sintetis, kalau yang 5W-30 semi sintetis," sebut Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Tentunya oli mobil dengan spesifiaksi yang disebutkan tadi cukup banyak dipasaran. Namun kali ini akan kami rekomendasikan setidaknya lima oli yang cocok untuk mobil Sigra dan Cayla.

Baca juga : Promo Perawatan Mobil Kesayangan Pasca Libur Lebaran, di Sini Tempatnya

1. Daihatsu Genuine Oil

Daihatsu Genuine Oil

Daihatsu Genuine Oil

Oli mobil Sigra yang tentunya paling kami rekomendasikan adalah produk dari Daihatsu sendiri. Sebab ADM melalui jaringan dealer resmi Daihatsu sudah menyediakan Daihatsu Genuine Oil.

Jenisnya ada dua, yaitu dengan SAE 0W-20 dan SAE 5W-30. Untuk tipe oli pertama cocok sebagai oli mesin Daihatsu Sigra 1.200 cc. Sementara varian kedua direkomendasikan untuk Daihatsu Sigra 1.000 cc.

Harga :

  • Daihatsu Genuine Oil SAE 0W-20 : Rp65.000 /liter
  • Daihatsu Genuine Oil SAE 5W-30 : Rp55.000 /liter

2. Toyota Motor Oil

Toyota Motor Oil

TMO Gold 0W-20

Sama seperti Daihatsu, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menyediakan oli yang bisa dipakai untuk para pemilik Calya. Boleh dibilang, ini adalah oli dari Toyota yang tingkat kekentalannya paling encer.

Untuk alternatifnya, bisa pakai TMI 5W-30. Untuk tipe oli Toyota ini dibedakan dari warna kemasannya yaitu silver.

Harga:

  • Toyota Motor Oli Gold 0W-20 : Rp75.000 /liter
  • Toyota Motor Oil 5W-30 : RP65.000 /liter

Baca juga : Mobil Jarang Dipakai, Apakah Waktu Ganti Oli Bisa Semakin Lama?

3. Shell Helix Eco

Shell Helix Eco

Oli Shell untuk LCGC

Kalau Anda tidak mau menggunakan oli keluaran Daihatsu atau Toyota, maka Shell juga punya oli untuk mobil LCGC. Namanya Shell Helix Eco, dan tipenya pun ada dua yakni Shell Helix Eco 0W-20 Fully Synthetic, dan Shell Helix Eco 5W-30.

Kedua oli ini menggunakan teknologi fuel economy yang diklaim bisa membuat kendaraan jadi lebih hemat bahan bakar. Adapun untuk yang tipe 0W-20 bisa dipakai ada Sigra dan Cayla bermesin 1.200 cc. Sementara tipe 5W-30 bisa untuk varian Daihatsu Sigra yang bermesin 1.000 cc.

Harga:

  • Shell Helix Eco 0W-20 : Rp120.000 /liter
  • Shell Helix Eco 5W-30 : Rp115.000 /liter

4. Fastron EcoGreen

Pertamina fastron EcoGreen

Pertamina juga punya oli untuk LCGC

Produk buatan Indonesia dari Pertamina, juga ada yang direkomendasikan untuk mobil LCGC seperti Daihatsu Sigra maupun Toyota calya. Oli yang cocok untuk mobil Sigra dari Pertamina yakni Fastron Eco Green.

Sama seperti Shell, Pertamina pun menyediakan Fastron EcoGreen dengan varian 0W-20 dan 5W-30. Masing-masing tersedia dalam kemasan 1 liter dan 3,5 liter. Namun kebanyakan yang dijual dalam kemasan 3,5 liter.

Harga :

  • Pertamina Fastron EcoGreen 0W-20 : Rp220.000 /3,5 liter
  • Pertamina Fastron EcoGreen 5W-30 : Rp205.000 /3,5 liter

5. Castrol Magnatec Stop-Start

Castrol Magnatec Stop-Start

Oli yang sudah full sintetis

Satu lagi oli yang kami rekomendasikan untuk mobil Sigra atau Calya adalah produk dari Castrol. Varian yang bisa Anda pilih adalah yang punya SAE 5W-30.

Tapi bukan berarti oli ini gak cocok dengan Daihatsu Sigra atau Toyota calya 1.200 cc. Sebab oli buatan Castrol tersebut sudah berjenis full synthetic dan mampu menyerap hingga ke sela-sela mesin terkecil berkat teknologi nano guard.

Harga :

  • Castrol Magnatec Stop-Start 5W-30 : Rp125.000 /liter

Kapasitas Oli Mobil Sigra dan Calya

Ganti Oli Mobil

Perhatikan kapasitas oli dan interval penggantiannya

Selain mengetahui oli yang cocok untuk mobil Sigra dan Cayla, maka perlu juga dipahami berapa kapasitas oli dari masing-masing mobil tersebut.

Adapun kapasitas oli untuk Daihatsu Sigra 1.000 cc sebanyak 3 liter sudah termasuk penggantian filter oli. Sementara untuk kapasitas oli untuk mobil Calya dan Sigra 1.200 cc sebanyak 3.2 liter jika tidak mengganti filte oli, dan 3,5 liter jika dilakukan penggantian filter oli.

Sementara itu interval penggantian oli mobil Sigra dan Calya bisa mencapai 10.000 km (kilometer) atau 6 bulan mana yang dicapai lebih dulu. Namun kami sarankan untuk melakukan penggantian sebelum memasuki masa tersebut.

Baca juga : Aki Soak Bikin Mobil Tiba-Tiba Mogok di Jalan? Jangan Panik, Ini Solusinya

 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Sigra 1.0 D MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru