Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil

Enda · 25 Okt, 2021 19:00

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil 01

Kelebihan dan kekurangan Hyundai Getz

Sebelum kemunculan Jazz dan Yaris, pabrikan otomotif asal Negeri Gingseng, Hyundai, pada 2003 meluncurkan Hyundai Getz sebagai hatchback yang dijual resmi secara global. Indonesia sebagai salah satu negara yang berkesempatan untuk merasakannya.

Ketika diperkenalkan, Hyundai Getz ini ditawarkan dengan dua tipe, yakni Standard serta Limited Edition. Sebagai bentuk atensi karena begitu besarnya minat konsumen Tanah Air terhadap Getz, pada 2004 Hyundai Indonesia memutuskan untuk merakit mobil ini secara lokal guna menekan harga jual serta pajak agar lebih murah ketimbang langsung di ekspor secara utuh dari negara asalnya.

Sebagai informasi, Hyundai Getz yang pernah dijajakan di Tanah Air ini terdapat dua versi, yakni 5 pintu dan 3 pintu dengan bentuk yang terlihat lebih sporty dan eyes catching. Namun sayang, dengan beberapa alasan pada tahun 2009 Hyundai Indonesia menyetop seluruh kegiatan produksi dan penjualan Getz di Bumi Pertiwi.

Mengetahui harga bekas Hyundai Getz, untuk saat ini mobil ini ditawarkan mulai dari Rp45 jutaan hingga Rp100 jutaan.

Sebelum memutuskan untuk meminang hatchback berlogokan 'H' miring ini, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Hyundai Getz berikut ini.

Baca juga: Paling Mahal Cuma Rp80 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Proton Exora Kurang Layak Dibeli

Kelebihan Hyundai Getz

1. Meski Mungil, Ruang Kabin Hyundai Getz Cukup Lega

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil 01

Kabin Hyundai Getz terasa cukup lega

Sebagai mobil mungil, Hyundai Getz ini terbilang unik. Hal ini dikarenakan Getz sendiri untuk ruang kabinnya terasa cukup lega. Mempunyai ruang kabin yang cukup besar, menjadi salah satu kelebihan Hyundai Getz yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia.

Kalian bisa memanfaatkan ruang kabin yang cukup besar namun tetap praktis. Ini membuat Getz bisa diandalkan dalam melakukan berbagai kegiatan di kota-kota besar.

Mobil ini terbukti mampu mendukung segala bentuk aktifitas sehari-hari. Terlebih secara desain Hyundai Getz terbilang timless sehingga tidak mudah termakan oleh zaman.

Oh iya bicara dimensi, secara data Hyundai Getz memiliki panjang 3.810 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.495 mm serta wheelbase 2.445 mm.

2. Hyundai Getz Hadir dengan Dua Pilihan Mesin yang Responsif dan Bandel  

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil 02

Mesin 1.4L Hyundai Getz

Hyundai Getz yang pernah meramaikan kancah otomotif Tanah Air dilengkapi dengan mesin injeksi 1.3L dan 1.4L. Menurut data di atas kertas, jantung pacu 1.3L mampu memeras tenaga hingga 84 PS @5.500 rpm dengan torsi sebesar 117 Nm @3.200 rpm. Untuk varian 1.4L, mesin ini dapat melecutkan tenaga sebesar 97 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 125 Nm @3.200 rpm.

Baik mesin 1.3L dan 1.4L yang gunakan ini terbilang responsif, bandel dan sangat bisa diandalkan. Sebagai informasi juga, keduanya sama-sama ditawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan yang ditranslasi melalui penggerak roda depan (FWD).

3. Konsumsi BBM Hyundai Getz Cukup Efisien

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil 03

Konsumsi BBM Hyundai Getz irit

Soal konsumsi BBM, beberapa sumber menyebutkan bahwa untuk penggunaan dalam kota mobil ini mampu meraih angka 10 km/liter. Sedangkan penggunaan luar kotanya, Getz dapat meraih jarak 12-13 km/liter. Bagi kami angka konsumsi BBM yang diraihnya ini terbilang cukup efisien.

4. Selain Stabil, Suspensi Hyundai Getz Juga Terasa Empuk

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil 04

Hyundai Getz terasa stabil dan empuk

Bicara kenyamanan, Hyundai Getz ini patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, meskipun mungil ayunan yang dihasilkan ketika melewati jalan rusak mobil ini terasa masih nyaman. Selain nyaman, mobil ini juga terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi maupun disaat bermanuver.

Mengenai suspensi yang digunakan, pada bagian depannya memakai McPherson strut independen serta model poros kaku dengan torsion beam di roda belakangnya.

5. Spare parts Hyundai Getz Masih Melimpah dan Terjangkau

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil 05

Spare parts Hyundai Getz murah dan mudah ditemukan

Mengenai spare parts Hyundai Getz, kalian masih bisa dengan mudah menjumpai ketersediaan suku cadang baik di kota besar maupun kota kecil. Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan pun terbilang relatif terjangkau sehingga tidak begitu mengiris isi dompet kalian terlalu dalam.

6. Fitur Hyundai Getz Terbilang Modern di Zamannya

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil 06

Beberapa model Hyundai Getz dilengkapi dengan sunroof

Perlu kalian ketahui beberapa varian Hyundai Getz sudah dilengkapi dengan sunroof, sensor parkir, ABS, on-board computer serta penggunaan spion elektrik. Di tahun tersebut, fitur yang dimiliki mobil ini terbilang mewah dan modern. Dengan begitu jangan heran apabila harga bekasnya kini cenderung stabil.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan

Kekurangan Hyundai Getz

1. Bentuk Dashboard Terkesan Jadul

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil 07

Tampilan dashboard Hyundai Getz terbilang jadul

Menyoal bentuk atau desain sebenarnya tergantung selera. Namun bagi kami, bentuk dashboard Hyundai Getz ini terbilang jadul. Seperti yang bisa dilihat, desain yang diterima pada bagian ini terbilang kaku, kotak dan sederhana. Kisi-kisi AC-nya sendiri juga dibuat kaku dengan bentuk kotak yang mana dibawahnya terdapat sistem infotaiment serta berbagai tombol pengaturan AC model knob putar.

Tidak sampai disitu, material yang digunakan pada dashboardnya ini juga terbilang murahan. Disaat melewati jalan berkontur, terkadang suara berisik akan muncul dari bagian ini.

2. Transmisi Matic Cenderung Lebih Lemot

Kalian lebih menyukai akselerasi berkendara kami sarankan untuk tidak memilih varian matic. Karena beberapa pemiliknya mengeluhkan soal tarikan awalnya yang terasa agak berat. Begitupun pada transmisi manual, beberapa sumber menyebutkan bahwa akselerasi posisi gear di angka 3 terasa lamban.

3. Kaki-kaki Bagian Depan Bermasalah

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz, Hatchback Mungil dengan Harga Bekas Stabil 08

Kaki-kaki depan Hyundai Getz mulai bermasalah

Usia Hyundai Getz kini tentunya sudah tak lagi muda. Dengan begitu jangan heran apabila beberapa masalah mulai muncul pada mobil ini. Permasalahan yang sering terjadi pada beberapa pemiliknya adalah timbulnya suara aneh pada kaki-kaki bagian depan.

Selain usia, penggunaan serta masa pakai berperan penting timbulnya suara ini. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan lebih dulu mengecek kaki-kaki bagian depan agar nantinya tidak mengeluarkan biaya lebih disaat melakukan perbaikan.

4. Beberapa Kejadian Hyundai Getz Overheat

Beberapa unit Hyundai Getz dengan transmisi matic menimbulkan problem sinyal sensor yang mana bisa menyebabkan transmisi mengunci seperti misalnya saat terjadi overheat.

Sedangkan kejadian overheat sendiri bisa terjadi dikarenakan beberapa peranti yang ada di dalam mesin sudah mulai termakan usia. Dengan begitu kalian juga diwajibkan untuk selalu mengecek kelancaran saluran pendingin air serta menggunakan cairan khusus agar tidak gampang overheat serta tidak mudah berkarat.

Kesimpulan

Overall Hyundai Getz ini bisa menjadi alternatif untuk kalian yang sedang mencari sebuah city car berpenampilan hatchback selain Jazz ataupun Yaris dengan penampilan yang tak kalah menarik. Selain harga bekas yang murah dan cenderung stabil, mobil jenama Korea Selatan ini memiliki fitur yang terbilang modern di zamannya. Dengan begitu Getz rasanya akan lebih pantas digunakan untuk kalian anak muda yang suka dengan gaya berkendara.

Untuk beberapa kelemahannya, bagi kami Hyundai Getz ini masih bisa dimaklumi dan diperbaiki. Toh sampai dengan saat ini ketersediaan suku cadang mobil ini juga cukup melimpah baik di kota besar maupun kota kecil.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Hyundai Kona 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru