Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan

Enda · 19 Okt, 2021 08:30

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan 01

Kelebihan dan kekurangan Honda Freed

Nama Honda Freed memang sudah tidak asing di telinga para pegiat otomotif Tanah Air. Sebagai kendaraan keluarga yang bermain di segmen Low MPV 6-seater berpenampilan boxy, Freed pertama kali diperkenalkan oleh PT Honda Prospect Motor pada tahun 2009 dengan membawa dua varian, yakni S dan PSD.

Penamaan Honda Freed diambil dari sebuah singkatan, yakni Free + Do = Bebas bergerak. Dengan begitu penumpang dengan leluasa melakukan beragam aktifitas di dalam kabin.

Perlu kalian ketahui juga, Freed ini mengusung konsep Triangle Square. Jika dilihat dari samping, bentuk depan segitiga dan mulai ruang kabin tengah sampai ke belakang membentuk kotak. Inilah yang membuat ruang kabin menjadi lega. Ditambah lagi kursi paling belakang bisa dilipat sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai informasi, Pada 2012 HPM memperkenalkan varian A, S dan E pada Freed guna memberikan opsi terhadap konsumennya. Selang satu tahun kemudian, Honda melakukan penyegaran serta menambah fitur pada mobil ini guna memberikan gaya berkendara yang lebih fun to drive.

Pada bagian eksterior, ubahan terlihat di bagian Front Grill full chrome yang dipadu dengan Headlight Reflector dan Front Bumper. Demikian juga dengan bagian belakang, ubahan terlihat dari desain lampu dan juga keberadaan Bold Rear License Garnish berbahan dasar chrome.

Mengetahui harga bekas Honda Freed saat ini, menurut salah satu situs jual beli mobil bekas Freed kini ditawarkan mulai dari Rp100 jutaan. Tertarik untuk membelinya? Sebelum meminangnya, ketahui kelebihan dan kekurangan Honda Freed berikut ini.

Baca juga: Berbagai Kelemahan Daihatsu Sirion 2021, Hatchback yang Kemurahan atau City Car yang Kemahalan?

Kelebihan Honda Freed

1. Kabin Terasa Luas dan Nyaman

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan 01

Kabin Honda Freed terasa luas

Secara data, Honda Freed memiliki panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm serta tinggi 1.740 mm. Untuk wheelbase tercatat sepanjang 2.740 mm. Mempunyai dimensi yang cukup besar, tentunya akan berpengaruh terhadap ruang kabinnya.

Seperti yang bisa dilihat, Honda Freed memiliki konfigurasi 2+2+2 dengan lantai kabin yang dibuat rata. Pada baris kedua, mobil ini telah menganut jok model captain seat yang cukup lebar dan nyaman. Penumpang di baris ketiga pun bisa dengan leluasa keluar masuk melewati lorong ditengahnya.

Untuk keleluasaan kabin, Honda Freed memiliki ruang kepala yang sangat luas pada semua barisnya. Namun untuk urusan ruang kaki, di baris ketiga terasa cukup sempit bagi penumpang yang memiliki tinggi badan di atas 170 cm.

Tingkat visibilitas pengemudi dan penumpang pun cukup luas berkat pengunaan kaca yang lebar. Kepraktisan mobil ini juga cukup baik karena banyak tempat penyimpanan kecil yang tersedia di dalam kabin.

2. Honda Freed Dilengkapi dengan Power Sliding Door

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan 02

Pintu baris kedua Honda Freed menggunakan power sliding door

Untuk memudahkan akomodasi keluar masuk kabin, pada baris kedua Honda Freed sudah dilengkapi dengan sliding door yang mana dapat terbuka selebar 600 mm. Hebatnya, beberapa varian teratas sudah tersematkan fitur power sliding door. Dengan begitu penumpang akan merasa dimudahkan dalam membuka atau menutup pintu hanya dengan menekan tombol ataupun menarik tuas handel pintu.

Selain itu, ada juga fitur Forward Tilting Hinge Front Door dengan sistem 3-Step Door Checker memungkinkan pintu terbuka lebih lebar dengan ekstra kemiringan 7 derajat.

Dengan adanya power sliding door pada mobil ini, membuat tampilannya terlihat semakin mewah dan modern. Karena pada umumnya fitur seperti ini ditemukan pada mobil-mobil kelas premium seperti Toyota Alphard contohya.

3. Kaca Samping Baris Kedua dan Ketiga Mendapat Peredam Panas

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan 03

Kaca Honda Freed mendapatkan peredam panas

Kaca mobil Honda Freed untuk varian S dan E menggunakan teknologi Green Glass yang diketahui mampu mengurangi sinar UV dan panas terik matahari guna menjaga suhu di dalam kabin agar tetap sejuk.

4. Bantingan Suspensi Honda Freed Terasa Empuk

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan 04

Suspensi Honda Freed terasa nyaman

Mengenai bantingannya, Honda Freed ini terasa nyaman ketika melewati jalan berkontur. Faktor kenyamanan yang dihasilkan Honda Freed ini tentunya didukung dengan suspensi jenis MacPherson Strut di roda depan serta H-Shaped Torsion Beam yang terletak pada roda belakangnya.

5. Fitur Honda Freed Cukup Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan 05

Honda Freed mendapat fitur cukup lengkap

Bicara fitur, Honda Freed memiliki fitur unggulan, keselamatan serta keamanan cukup lengkap. Seperti yang diketahui, mobil ini berhasil tersematkan Head Unit Double Din 6.1 inchi with USB and iPod/iPhone Connectivity, Audio Steering Switch, layar MID, Unique Dash Design Digital AC Climate Control (E, 2010 ke atas), AC Double Blower (2013 ke atas), ECO Indicator, Engine Start/Stop Button, Retractable Electric Mirrors, Rear Spoiler, Intermittent Front Wiper dan Rear Wiper.

Untuk fitur keselamatan, mobil ini mendapatkan G-CON+ACE, ISOFIX dan Tether, Pretensioner with load Limiter Seatbelt, Dual SRS Airbags, ABS, EBD dan Brake Assist. Mengenai kemanannya, fitur berupa Keyless Entry, Engine Immobilizer dan Alarm System sudah bisa kalian temukan didalamnya.

6. Menggunakan Mesin Jazz, Honda Freed Memiliki Performa yang Baik

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan 06

Honda Freed menggunakan mesin Jazz

Disematkan jantung pacu 1.5L berkodekan L15A SOHC i-VTEC + DBW + TBR 4 in-line cylinder, 16 valve PGM-FI, berkubikasi 1497 cc dengan memuntahkan tenaga sebesar 118 PS @6.600 rpm serta torsi puncak 146 Nm @4.800 rpm yang dikawinkan transmisi otomatis 5-percepatan kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD). Perpaduan mesin Jazz dengan transmisi matic yang digunakan, mobil ini diketahui memiliki performa cukup baik untuk tarikan tengah dan atasnya.

Bicara konsumsi BBM-nya, untuk penggunaan dalam kota mobil ini mampu menempuh jarak 10 km/liter. Sedangkan penggunaan luar kota, mobil ini dapat mencatatkan angka hingga 13 km/liter.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Opel Blazer, SUV Tangguh Cuma Rp25 Jutaan!

Kekurangan Honda Freed

1. Timbul Suara Aneh dari Bagian Sliding Door

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan 07

Honda Freed timbul suara aneh dari bagian pintu sliding door

Beberapa pemilik Honda Freed mengalami masalah pada pintu bagian tengahnya. Salah satu pintunya ketika melewati jalan berkontur kerap timbul suara aneh. Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya cek lebih dulu bagian ini.

2. Tarikan Bawah Terasa Agak Lemot

Honda Freed memiliki karakter sedikit lemot pada tarikan bawahnya. Mengingat mobil ini mempunyai bobot lebih berat dari Jazz. Sedangkan mesin yang digunakan sama persis. Jadi jangan heran apabila tarikan awal mobil ini terasa agak lemot.

3. Ruang Bagasi Terbilang Kecil dan Sempit

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan 08

Ruang bagasi Honda Freed terbilang sempit

Kelemahan lain pada Honda Freed ada pada kapasitas bagasinya. Ketika semua bangku ditegakkan, maka ruang bagasinya akan terasa begitu sempit. Dengan begitu, anggota keluarga tidak bisa membawa barang dengan jumlah cukup banyak ketika ingin berpergian.

Kesimpulan

Ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Freed berhasil kami sampaikan di atas. Bicara kelemahannya, mobil ini terbilang masih dalam taraf wajar. Bahkan, kelemahan Honda Freed bukanlah hal yang serius.

Sebagai mobil keluarga, Freed bekas bisa menjadi pertimbangan. Selain harga bekasnya yang kian terjangkau serta nyaman digunakan, mobil ini memiliki tampilan yang mewah sehingga tidak ketinggalan zaman.

Baca juga: Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru