window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Estilo Gen 1, Harga Bekasnya Cuma Rp50 Jutaan

Enda · 27 Sep, 2022 13:00

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo

Suksesor Karimun kotak, yakni Suzuki Karimun Estilo pertama kali diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales di Tanah Air pada tahun 2007. Karimun Estilo Gen 1 hadir melalui varian VXi yang mana terus dijajakan hingga 2009 sebelum digantikan oleh generasi selanjutnya.

Selain Indonesia, mobil ini juga dipasarkan di negara asalnya, Jepang dengan nama Suzuki MR Wagon dan Maruti Zen Estilo untuk Negeri Vrindavan.

Bicara pasaran harga bekas Suzuki Karimun Estilo, generasi pertamanya ini ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan. Sebagai pesaing dari Hyundai i10, Kia Picanto Osmo, Chevrolet Spark dan Chery QQ, ketahui beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo Gen 1 sebelum membelinya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Mirip Suzuki Karimun Kotak, Mobil Cina Ini Masih Keluar Model Barunya, Harga Rp98 Jutaan

Kelebihan Suzuki Karimun Estilo Gen 1

1. Tampilan Karimun Estilo Gen 1 Terlihat Modern

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo

Tampilan luar Suzuki Karimun Estilo Gen 1

Kelebihan pertama Suzuki Karimun Estilo Gen 1 yakni memiliki bentuk yang mungil sehingga sangat cocok digunakan di kota-kota besar. Meski secara bentuk terlihat minimalis, jika dibandingkan dengan Karimun kotak, generasi penerusnya ini lebih panjang sehingga untuk kabin terasa sedikit luas.

Bicara mengenai tampilan, mobil ini memiliki desain yang terbilang modern. Karenanya bentuk yang diterimanya lebih membulat dibanding model sebelum dan penerusnya yang sekaligus memberikan efek keaerodinamisan.

Sedikit membahas tampilan luarnya, pada desain kap mesinnya dibuat lebar dan menukik dengan dua lampu utama berbentuk kotak. Di antara lampu utamanya terdapat grill dengan desain horizontal yang terlihat minimalis namun tetap modern berkat adanya aksen krom di beberapa bagiannya.

Di bagian samping, mobil ini memperoleh beberapa lekukan garis serta terdapat tarikan garis tegas di tengah pintu dan pinggangnya yang membujur dari depan hingga belakangnya.

Pada atapnya Suzuki Karimun Estilo Gen 1 dibuat melandai mulai dari pilar B hingga C-nya sehingga tabrakan angin dari depan bisa diminimalisir. Secara tidak langsung akan memberikan kestabilan pada mobil ini ketika dipacu dalam kecepatan cukup tinggi.

Menyesuaikan tampilan depan dan samping, untuk buritannya Karimun Estilo Gen 1 juga dibuat membulat terlebih stoplampnya tak lagi menggunakan model kotak.

2. Mesin Lebih Besar dengan Teknologi Injeksi

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo

Mesin 1.063 cc Suzuki Karimun Estilo Gen 1

Generasi pertama Suzuki Karimun Estilo selain memiliki perbedaan pada penampilan juga mempunyai ketidaksamaan pada mesinnya. Seperti yang diketahui untuk Karimun Estilo Gen 1 disematkan mesin berkodekan F10J berkapasitas 1.063 cc 4 silinder segaris 16 valve injection dan microprocessor 32 bit.

Mengenai performa yang dihasilkan, di atas kertas jantung pacunya sanggup memeras tenaga hingga 65 PS @6.200 rpm dengan torsi puncak sebesar 84 Nm @3.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Untuk diketahui juga selain bertenaga, mesin 4 silinder yang digunakan lebih minim getaran sehingga terasa lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan generasi keduanya yang menggunakan mesin 998 cc 3 silinder segaris.

3. Irit BBM

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo

Suzuki Karimun Estilo Gen 1 sanggup menempu jarak hingga 20 km/liter

Kelebihan berikutnya yang ada pada mobil ini adalah konsumsi bahan bakarnya. Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa untuk penggunaan dalam kotanya Suzuki Karimun Estilo Gen 1 sanggup menempuh jarak hingga 13-15 km/liter. Sedangkan pemakaian luar kotanya sendiri mampu meraih angka penggunaan 18-20 km/liter.

4. Fitur Cukup Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo

Interior Suzuki Karimun Estilo Gen1

Di zamannya Suzuki Karimun Estilo Gen 1 punya fitur yang dibilang cukup lengkap. Seperti yang bisa dilihat didalamnya mobil ini sudah dilengkapi dengan power window, Electric Power Steering (EPS), electric mirror, head unit single din dan sistem pendingin udara (AC).

Untuk keamanannya sendiri sudah dilengkapi dengan immobilizer dan alarm system guna melindungi mobil dari tindakan pencurian. 

5. Perawatan Mudah dan Murah

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo

Perawatan Suzuki Karimun Estilo Gen 1 mudah

Mengenai perawatan Suzuki Karimun Estilo Gen 1 kalian tidak perlu khawatir. Pasalnya perawatan mobil ini terbilang sangat mudah berkat teknologi injeksi yang dianutnya serta mesinnya yang bandel. Supaya tetap optimal, sebaiknya untuk BBM minimal menggunakan RON92 guna menghindari terjadinya knocking, penggantian oli, filter oli, filter udara dan oli transmisi secara teratur, serta melakukan tune up.

Soal biaya yang dikeluarkan setiap melakukan perawatan juga tidak mahal. Karenanya di pasaran untuk suku cadangnya tidak mahal dan mudah ditemukan dimana-mana.

Baca juga: Punya Banyak Kemiripan, Suzuki S-Presso dan Karimun Wagon R Pilih yang Mana?

Kekurangan Suzuki Karimun Estilo Gen 1

1. Fitur Keselamatan Terbatas

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo

Minim fitur keselamatan

Suzuki Karimun Estilo Gen 1 untuk fitur keselamatannya sendiri terbatas. Guna memberikan perlindungan terhadap penggunanya, mobil ini hanya dilengkapi dengan sabuk pengaman dan childproof door lock. Untuk bodynya sendiri menggunakan teknologi Total Effective Strength Structure atau TESS yang dapat melindungi pengguna di dalam kabin ketika mengalami benturan cukup keras.

2. Peredam Kabin Tipis

Untuk peredam kabinnya mobil ini terbilang tipis. Dengan begitu kalian masih bisa mendengar dengan jelas suara mesin ataupun suara dari luar yang masuk ke dalam sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

3. Kaki-kaki Depan Rentan Rusak

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo

kaki-kaki depan Suzuki Karimun Estilo Gen1 rentan rusak

Menggunakan penggerak Front-wheel Drive, mobil ini memiliki kelemahan di sektor kaki-kaki depan. Kerusakan sendiri umum terjadi pada karet bushing di swing arm sudah mulai mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol yang sudah termakan usia sehingga menimbulkan suara.

4. Limbung Pada Kecepatan Tinggi

Sebagai mobil perkotaan dengan dimensi mungil, Suzuki Karimun Estilo Gen 1 terasa limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Untuk itu jika melaju di jalan bebas hambatan sebaiknya tidak melebihi 80 km/jam.

Kesimpulan

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun Estilo Gen 1 berhasil kami sampaikan di atas. Ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan, generasi pertama Karimun Estilo hingga kini masih sangat cocok digunakan sebagai mobil perkotaan berkat dimensinya yang mungil, mudah dan murah dalam perawatan serta irit pengunaan bahan bakar.

Akan tetapi yang wajib diperhatikan dari mobil ini adalah kaki-kaki depan yang rentan rusak serta limbung saat dipacu dalam kecepatan tinggi. Untuk itu sebaiknya tidak memacu kendaraan di atas 80 km/jam ketika melewati jalan bebas hambatan.

Baca juga: Mending Suzuki Karimun Estilo Facelift atau Pre Facelift? Ini Jawabannya!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil