Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng

Enda · 14 Sep, 2021 08:00

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 01

Kia Carnival 2022 Vs Hyundai Staria

Selain Alphard dan Odyssey, untuk segmen MPV premium bertubuh bongsor, dalam waktu dekat bakal bertambah satu pemain baru. Hyundai Staria dikabarkan akan kedatangan calon pesaing baru yang sama-sama berasal dari Negeri Gingseng, yakni Kia Carnival 2022.

Sembari menunggu kedatangannya di Tanah Air, diketahui sebelumnya generasi keempat Kia Carnival ini telah lebih dulu diperkenalkan pada bulan Maret lalu di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021.

Selama pameran berlangsung, sosok mobil ini sempat menjadi daya tarik perhatian para pengunjung. Hal tersebut dikarenakan Kia Carnival 2022 sendiri diketahui dapat menampung 11 penumpang sekaligus. Berbeda dengan Hyundai Staria, mobil ini paling banyak hanya bisa dimuati 9 orang saja.

Penasaran dengan sosok Carnival terbaru? Berikut perbandingan KIA Carnival 2022 dengan Hyundai Staria.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga: Muncul di Parkiran Markas KIA Indonesia, All New KIA Carnival 2022 Hanya Tinggal Tunggu Waktu

Tampilan Kia Carnival 2022 Sepintas Mirip Hyundai Palisade

Eksterior

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 01

Kia Carnival 2022

Tidak seperti Hyundai Staria yang memiliki bentuk kapsul, Kia Carnival 2022 justru terlihat seperti sebuah SUV Hyundai, yakni Palisade. Pada bagian fascianya di bawah bonnet yang memanjang dan kekar, Carnival 2022 memiliki desain terbaru dengan tampilan yang futuristik serta atraktif.

Lampu berteknologi LED dengan tampilan pipih juga tersematkan di kedua sisinya yang seolah mengalir dan menyatu dengan bentuk grillnya. Untuk memberikan visibilitas lebih baik, di bumpernya terdapat tambahan DRL LED dengan bentuk yang modern.

Menengok sisi samping mobil ini, kalian dapat menemukan penggunaan pintu Smart Power Sliding Door di baris kedua yang bisa dikendalikan secara otomatis untuk membuka dan menutupnya. 

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 02

Tampilan samping Kia Carnival 2022

Pada pilar C mobil ini, bentuknya bagi kami mirip seperti kepunyaan Hyundai Palisade yang membuatnya tekesan lebih elegan dan prestisius. Di pintu bagian bawahnya, kalian juga bisa menemukan side moulding dengan kombinasi warna silver. Untuk lingkar rodanya, generasi terbaru Carnival ini disematkan velg alloy R18 dual-tone dengan tampilan kekar.

Melihat bagian buritan, bagi kami tampilan Kia Carnival 2022 ini terlihat begitu gambot. Stoplampnya mengandalkan LED bar yang seolah terhubung dengan kedua sisinya.

Pada bumpernya, kalian bisa menemukan fog lamp serta lampu sinyal untuk mundur dan berbelok. Tak tertinggal di ujung bumper belakangnya tersebut terdapat under guard dengan dimensi cukup besar yang dilabur warna silver.

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 03

Tampilan depan Hyundai Staria

Bicara Hyundai Staria, mobil ini menampilkan siluet futuristik, kesan yang bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa dengan menganut gaya desain 'inside-out'. 

Menilik bagian fascianya, Staria berhasil tersematkan grill dengan tampilan yang berani dan eksklusif. Hal ini diperkuat dengan LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan positioning lamps yang diletakan tepat di bawah bonnet dengan model pipih yang seolah terhubung dikedua sisinya.

Sedangkan lampu utama LED projector berbentuk atraktif terletak dibawahnya menyatu dengan bumper. Bergeser ke bagian samping, untuk dapat memberikan kesan mewah, mobil ini mendapat jendela model panoramic yang sangat lebar sekaligus menyuguhkan tingkat visibilitas yang lebih leluasa.

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 04

Bagian belakang Hyundai Staria 

Pada lingkar rodanya, Hyundai Staria terlihat begitu dinamis dengan menganut model diamond cut dengan diameter 18 berkelir two-tone bernuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome. Kesan serupa juga kalian dapat rasakan pada grill depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem, dan gagang pintu. Bergeser ke bagian buritan, mobil ini juga berhasil dikelilingi lampu LED dengan bentuk vertikal memanjang yang terlihat begitu modern.

Interior

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 05

Interior Kia Carnival 2022

Secara tampilan interior, Kia Carnival 2022 terkesan begitu lapang. Hal tersebut dikarenakan dashboardnya sendiri dibuat datar dan modern. Untuk menyuguhkan kenyamanan berkendara, pada center clusternya terdapat Head Unit 12,3 inci yang mendukung format Apple Carplay dan Android Auto.

Agar dapat menghasilkan kualitas suara yang baik, mobil ini telah menggunakan sistem audio BOSE yang dilengkapi dengan speaker tweeter Dan sub-woofer sebanyak 12 buah. Selain itu juga, tedapat AC triple zone, pengaturan penyejuk dan penghangat jok, hingga port USB di setiap barisnya.

Agar terasa ergonomis, maka seluruh tombol pengaturannya dibuat menyatur pada center cluster model floating. Khusus pada kursi bagian depan, joknya dapat diatur secara elektrik 4 arah.

Sebagai informasi, baris kedua Kia Carnival 2022 telah tersematkan Panoramic Sunroof yang dapat diatur secara otomatis melalui tombol. Selain itu, di baris keduanya juga mendapatkan layar LCD tambahan untuk menyuguhkan kenyamanan disaat berkendara.

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 06

Dashboard Hyundai Staria

Seperti yang diketahui, Interior Hyundai Staria Signature 9 dan Signature 7 mengusung konsep multi ruang terbuka untuk pengoperasian yang prima bagi pengemudi serta komposisi ruang serbaguna bagi penumpang dengan nuansa layaknya sebuah premium lounge.

Di sisi kursi pengemudi bahkan memiliki tampilan dengan sentuhan mewah seperti TFT LCD Instrument Cluster model floating berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift- by-Wire. 

Baca juga: Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria?

Pada sistem smart infotainment-nya dilengkapi kamera wide-angle sehingga memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk melihat penumpang pada kursi belakang melalui tampilan layar. Selain itu demi menyuguhkan rasa relaksasi dan nuansa lebih premium, pada Siganture 7 telah dihadrikan BOSE Premium Sound System yang menghasilkan suara jernih, dilengkapi dengan Dynamic Speed Compensation, yang mana secara otomatis menyesuaikan volume suara dengan kecepatan mobil.

Sistem smart infotainment yang ada di mobil ini juga memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk berkomunikasi dengan penumpang belakang menggunakan fungsi unik dari speaker yang memungkinkan semua penumpang untuk mendengar satu sama lain dengan jelas.

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 07

Baris kedua Hyundai Staria Signature 7

Untuk mengedepankan nuansa premium dan personalisasi dari penggunanya, mobil ini menawarkan ambient mood lights yang memberikan suasana interior yang menarik dan nyaman. Pada baris kedanya dilengkapi Dual Sunroof dengan fitur tilting & slide serta tirai yang dapat dibuka dan ditutup secara manual di kursi baris kedua dan ketiga untuk privasi penumpang.

Agar lebih ergonomis, para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan.

Perlu kalian ketahui, Hyundai Signature 9 disematkan kursi dengan Swiveling Independent Seat dimana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

Keluarga juga akan merasa nyaman dengan kursi putar ini karena penumpang yang menghadap ke belakang akan memiliki akses mudah ke kursi di baris ketiga atau mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemasangan kursi untuk anak-anak.

Oh iya, udara segar tentunya akan selalu dapat dirasakan pada mobil ini. Mengingat Staria sudah diaplikasikan sistem kontrol udara yang canggih untuk mengontrol sirkulasi udara dengan mudah melalui filter di HVAC pada bagian belakang kendaraan. Pada Hyundai Staria Signature 9, memiliki 6 buah ventilasi.

Pada joknya, Staria Signature 7 berhasil dilengkapi dengan 7 kursi nappa leather dan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan dan digeser secara otomatis untuk kemudahan akses atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. Fitur penghangat dan pendingin kursi di baris keduanya juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penumpang, dan masing-masing terdiri dari tiga level.

Kia Carnival 2022 dan Hyundai Staria Mendapatkan Fitur Keselamatan ADAS

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 08

Fitur keselamatan ADAS Kia Carnival 2022

Melihat spesifikasi Kia Carnival 2022 yang lebih dulu melantai di Thailand, kemungkinan besar akan sama seperti yang direncanakan dijual di Indonesia dalam waktu dekat. Seperti yang bisa kalian ketahui, mobil ini tersematkan fitur keselamatan modern berupa Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Fitur ADAS yang ada di mobil ini meliputi; Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, Forward Collision Avoidance Assist, High Beam Assist, Blind View Monitor dan Rear Cross Traffic-Avoidance Assist.

Selain itu juga terdapat Electronic Stability Control (ESC) dengan Brake Assist (BAS), Traction Control System (TCS), Vehicle Start Assist (VSA), Dan tak lupa Parking Distance Warning (PDW) depan-belakang hingga Surround View Vehicle Surround View Monitor (SVM).

Disisi lain, berbagai fitur keamanan pasif demi memberikan rasa nyaman selama perjalanan juga telah terpasang pada Kia Carnival 2022. Seperti Airbags 7 titik yang diletakan di bagian depan, samping, area lutut pengemudi dan samping.

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 09

Fitur keselamatan ADAS pada Hyundai Staria

Mengetahui fitur keselamatan ADAS yang ada di Hyundai Staria diantaranya; Foward Collision Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Rear Cross Traffic Assist, Blind Spot View Mirror, Multi Collision Brake, dan Manual Speed Limit Assist.

Agar memberikan perlindungan terhadap penumpang di baris kedua hingga paling belakang, ketika ingin membuka pintu disaat berjalan, dapat dicegah dengan Safe Exit Assist (SEA). Selain itu juga terdapat Rear Occupant Alert (ROA) yang cara kerjanya menggunakan sensor radar untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi jika penumpang pada bagian belakang tertinggal di dalam mobil setelah pengemudi keluar dari kendaraan.

Mesin Diesel 2.2L Disematkan Pada Keduanya

Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng 10

Mesin diesel 2.2L turbocharger Hyundai Staria

Untuk pasar Asia Tenggara, Kia Carnival 2022 dibenamkan jantung pacu Smart Stream New R 2.2 TCI – VGT disesl turbocharger yang dapat memuntahkan tenaga 202 PS @3.800 rpm serta torsi maksimal 441 Nm @1.750-2.750 rpm. Demi memberikan rasa nyaman berkendara, mobil ini hadir dengan pilihan mode berkendara, meliputi Normal Mode, Sport Mode, Eco Mode dan Smart Mode yang diatur menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan.

Mengenai Hyundai Staria, mobil ini hadir dengan mesin diesel Commonrail Direct Injection Variable Geometry Turbocharger with Intercooler berkodekan D4HB R2.2 CRDi Inline-4 DOHC 16V 2.199 cc, yang dapat memeras tenaga hingga 177 PS 3.800 rpm serta torsi maksimal 430 Nm @1.500 – 2.500 rpm dengan standar Euro 4.

Mengetahui konsumsi bahan bakarnya, mesin dieselnya ini diyakini dapat lebih efisien karena telah menggunakan air-cooled turbocharger serta performa turbine wheel. Untuk membuatnya dapat berjalan, Staria dikawinkan transmisi otomatis 8-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depannya.

Kesimpulan

Melihat bentuk yang disuguhkan keduanya, Kia Carnival 2022 mempunyai dimensi yang sedikit lebih kecil dari Hyundai Staria. Seperti yang diketahui secara data Carnival mempunyai panjang 5.155 mm, lebar 1.955 mm dan tinggi 1.740 mm, sedangkan Staria sendiri memiliki panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm dan tinggi 1.990 mm.

Hebatnya, Kia Carnival 2022 mampu dimuati penumpang lebih banyak dari Hyundai Staria dan memiliki tenaga yang lebih besar. Namun begitu, untuk luas kabin, Staria ini lebih unggul sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman dan bebas melakukan segala aktivitas di dalam mobil.

Baca juga: Ini Perbedaan Hyundai Staria Signature 7 dengan Signature 9, Kapasitas Sedikit Harga Lebih Mahal

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Hyundai Staria Signature 9

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru