Membahas segmen SUV compact ini tidak akan ada habisnya, karena begitu banyak model dan merek yang tersedia. Kehadiran sosok kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky menandai era popularitas SUV compact bermesin turbo. Padahal, dahulu sudah ada Chevrolet Trax yang kini hanya tersedia unit bekasnya saja.
Chevrolet dengan background nama besar General Motors asal Amerika Serikat menghadirkan Trax dengan styling mengadopsi gaya Camaro. Bermata sipit tapi punya lekuk body yang maskulin. Meluncur pada 2015, nasib Chevrolet Trax terpaksa berakhir di tahun 2020 seiring hengkangnya General Motors dari Indonesia.
Chevrolet Trax memiliki kelebihan yang tidak dimiliki model lain, yakni mesin turbo. Sepeninggal Trax, para merek Asia baru menghadirkan compact SUV dengan mesin berturbo. Lantas apakah Trax bekas ini masih menarik daripada sosok fenomenal Toyota Raize?
Trax walau menjadi merek Amerika namun diterima dengan baik karena kombinasi desain dan penampilannya yang gagah. Penampilannya stylish dan modern ditandai dengan Signature Dual-Port Grille khas Chevrolet.
Kini, harga bekas Chevrolet Trax facelift berkisar antara Rp170 juta sampai Rp230 juta di website marketplace mobil. Untuk Toyota Raize versi turbo, harganya sebagai berikut:
- Toyota Raize 1.0 Turbo G M/T - Rp219,9 juta
- Toyota Raize 1.0 Turbo G CVT - Rp233,1 juta
- Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT - Rp244,7 juta
- Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS - Rp263,7 juta
Sekarang kalian kami ajak membandingkan, pilih desain keren atau kabin lega. Mari disimak.
Adu Desain Chevrolet Trax vs Toyota Raize, Style Muscle Car Lawan JDM
Kesan American Style begitu khas pada sosok Chevrolet Trax, yang bisa langsung dirasakan ketika kita melihatnya. Desain muka menampilkan bahasa desain baru Signature Dual-Port Grille khas Chevrolet. Kap mesin terdapat garis desain yang tegas layaknya otot bahu sehingga memberikan kesan kuat.
Lampu depan bergaya sipit didukung projector berikut Daytime Running Light (DRL) LED. Kesan elegan muncul dengan handel pintu baru berwarna krom dengan PEPS Access (Passive Entry, Passive Start).
Tak kalah menarik, kaca spion juga terdapat lampu sein yang sudah LED. Karena ini adalah SUV, maka disediakan roof rail yang mampu membawa beban sampai 75 kg.
Toyota Raize, Compact SUV Terlaris di JDM
Sementara itu melihat Toyota Raize ini kita disuguhi kesan JDM yang khas. Toyota Raize sendiri pertama kali dipasarkan di negara asalnya, Jepang, pada tahun 2019 lalu. Meskipun Toyota Raize menggunakan platform yang sama dengan Daihatsu Rocky, tetapi ada perbedaan yang terletak pada bagian eksteriornya.
Desain Raize yang sporty dan agresif khas anak muda. Grill berbentuk trapezoidal melebar ke bawah sampai menyatu area lampu kabut jadi aksen yang stylish.
TAM juga merilis varian Gazoo Racing di Raize dengan tambahan body kit dan aero kit yang dilekatkan pada sektor eksterior untuk mengentalkan aura agresifnya. Dengan style ala balap, Raize dipercantik body kit sekeliling bodi tak lupa emblem GR Sport. Tambahan kesan sporty pada Raize terdapat pada aksen kelir hitam di velg dan over fender.
Chevrolet Trax, Besar Diluarnya, Sempit Interiornya
Chevrolet Trax punya keunggulan dalam dimensi yang besar. Secara dimensi, Trax memiliki PxLxT 4248 mm x 2035 mm x 1674 mm. Bandingkan dengan Raize yang lebih mungil, dengan dimensi PxLxT 4.030 mm x 1.710 mm x 1.635 mm.
Tapi sebaliknya, dimensi besar di luar tak cukup nyaman saat duduk di dalam kabin, terutama baris kedua. Keleluasan ini terdapat di ruang kaki baris kedua yang biasa saja untuk ukurannya yang besar.
Sebaliknya, Raize dengan ukuran yang lebih mungil bisa menyediakan baris kedua yang proper. Artinya, lutut masih bisa bergerak leluasa tanpa sering mentok dengan kursi depan. Memang secara konsep, Raize ini begitu kuat karakter mobil Asia dimana baris kedua juga harus lega.
Itu baru keleluasan kabin, bagaimana dengan fiturnya? Kita langsung bandingkan saja dengan tipe GR Sport yang punya fitur paling lengkap.
Fitur Chevrolet Trax dan Toyota Raize Sama-sama Menarik
Varian tertinggi Raize yaitu GR Sport, calon konsumen ditawarkan kursi bermaterial fabric dan kulit yang mampu menunjang rasa berkendara. Karena filosofi Gazoo Racing merupakan sebuah tim balap, maka tersedia paddle shift di balik kemudi Raize untuk kesan sporty yang makin kental.
Selanjutnya untuk SUV merek Amerika Serikat ini punya head unit layar sentuh lebih besar dengan ukuran 7 inci. Konektivitas juga cukup lengkap dengan sistem MyLink yang menjadi andalan Chevrolet. Sistem tersebut mendukung konektivitas Apple termasuk fitur asisten, Siri.
Head unit nit Chevrolet Trax juga mendukung konektivitas AUX dan USB. Tak perlu khawatir bila smartphone kehabisan baterai karena ada socket listrik 230V yang bisa diakses pada baris kedua. Namun pada Trax tidak memiliki paddle shift seperti pada Raize.
Sementara itu Raize memiliki layar hiburan 8 inci di tengah dashboard. Terdapat fitur radio, USB, Bluetooth, sambungan konektivitas untuk smartphone. Terdapat juga M-Toyota yang dapat digunakan untuk mengakses informasi seputar kendaraan.
Fitur Keselamatan di Raize Pakai TSS, Trax Hanya Minus Fitur Keselamatan Aktif
Chevrolet Trax ini termasuk compact SUV yang fitur keselamatan cukup baik saat meluncur pada 2015. Mobil ini didukung 6 airbags yang tersebar diseluruh kabin untuk menjaga penumpang dari cedera yang berat.
Selain itu Trax juga memiliki fitur keselamatan terkini seperti kontrol traksi, hill descent control, hills start assist serta electro chromatic rear view mirror. Kelemahan Trax hanyalah tiada fitur keselamatan aktif seperti TSS di Toyota Raize.
Raize GR Sport yang didukung Toyota Safety Sense (TSS) memiliki fitur lebih banyak, antara lain Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control. Untuk airbag di Raize juga sama-sama berjumlah 6 titik.
Sementara itu fitur standar seperti ABS dan EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Immobilizer, sampai rear camera juga sudah jadi kelengkapan di semua tipe varian Toyota Raize.
Mesin Chevrolet Trax Jauh Lebih Perkasa Dari Toyota Raize
Dengan harga yang sedikit lebih murah, Trax unggul dari sisi mesin yang lebih perkasa. Ini karena Trax didukung mesin 1.400 cc turbo. Jelas tenaganya jauh lebih besar daripada Raize turbo.
Di atas kertas, tenaga maksimum Chevrolet Trax mencapai 140 PS pada putaran 4.900-6.000 rpm dengan torsi 200 Nm di 1.850 rpm hingga 4.900 rpm. Sementara untuk Toyota Raize dengan mesin 1KR-VET, 3-silinder DOHC VVT-i menghasilkan tenaga 98 PS @ 6.000 rpm dan torsi 140 Nm @ 2.400-4.000 rpm.
Selisihnya lumayan jauh, sekitar 48 ps dengan torsi beda 60 Nm. Untuk kemampuan naik turun jalan pegunungan jelas Trax lebih sigap. Terlebih, Trax masih memakai transmisi otomatis konvensional. CVT memang lebih halus tapi kinerjanya kurang galak saat menemui tanjakan.
Kesimpulan
Dengan selisih Rp30 jutaan, Chevrolet Trax bekas edisi terakhir 2019-2020 masih sangat layak untuk dipilih bagi kamu yang tinggal di kota besar. Sebab, sepeninggal General Motors yang hengkang dari Indonesia membuat ketersediaan suku cadang tak semudah dulu.
Sebaliknya, Raize dengan cita rasa khas Asia tentu lebih ideal karakternya sesuai konsumen di Indonesia. Nama besar Toyota bagi kalangan konsumen terutama yang masih pemula jadi jaminan kemudahan perawatan hingga di kota kecil.