window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Manfaat Baby Oil Untuk Mobil, Cairan Perawatan yang Murah dan Aman?

Yongki Sanjaya · 16 Jul, 2021 10:00

Manfaat Baby Oil Untuk Mobil, Cairan Perawatan yang Murah dan Aman? 01

Perawatan rutin untuk kebersihan mobil sebenarnya relatif mudah. Bahkan, kita bisa memanfaatkan baby oil untuk perawatan mobil. 

Pelembab yang diperuntukkan untuk merawat kulit bayi ini ternyata dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan ringan. Cairan ini memang serba guna, mulai dari mengusir kotoran, sampai mencegah kusam.

Manfaat Baby Oil Untuk Mobil, Cairan Perawatan yang Murah dan Aman? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Konon baby oil ternyata memiliki bahan yang aman untuk cat kendaraan. Cairan ini memiliki sifat pelembab yang mampu mencegah kusam dan getas pada material seperti karet dan plastik.  

Lantas, apa saja fungsi mujarab baby oil itu untuk kendaraan? Yuk kita ulas satu persatu. 

Baby Oil Dapat Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Manfaat Baby Oil Untuk Mobil, Cairan Perawatan yang Murah dan Aman? 01

Kebersihan ruang mesin mobil seringkali luput dari pengamatan kita. Apalagi ketika selesai servis mobil, kadang lupa dibersihkan dari sisa oli dan bercak cairan lain. Saat musim hujan, sebagian komponen di ruang mesin menjadi lebih mudah kotor karena cipratan dari kolong.

Membersihkannya tidak boleh sembarangan, karena pada ruang mesin banyak terdapat komponen elektrikal. Daripada kita ribet membeli cairan khusus pembersih mesin yang cukup mahal dan hanya tersedia  di toko otomotif, maka baby oil bisa jadi alternatif solusi murah meriah dan mudah didapat. 

Caranya yaitu dengan membasuh bagian mesin memakai lap agak basah yang dicampur sedikit baby oil kemudian keringkan dengan chamois.

Sebagai catatan, baby oil hanya digunakan pada panel berbahan plastik dan karet di mesin, seperti cover engine, selang radiator, dan sejenisnya. Baby oil berfungsi membuang kotoran dan membuat komponen mesin dari plastik atau karet tak mudah kusam dan pecah-pecah.

Baby Oil Bisa Untuk Merawat Karet Pintu dan Wiper

Manfaat Baby Oil Untuk Mobil, Cairan Perawatan yang Murah dan Aman? 02

Kandungan pelembab yang ada pada baby oil rupanya bisa mencegah getas pada karet. Ini sangat bermanfaat untuk bahan karet pada mobil, seperti karet pintu, wiper, dan sebagainya. 

Pada karet pintu, baby oil membuat kekenyalannya bisa lebih awet. Sementara itu untuk wiper, periode penggantian pun bisa lebih panjang saat musim kemarau dan tentu biaya perawatan akan lebih hemat. 

Anda bisa oleskan baby oil pada karet wiper setelah dicuci atau sebelum berpergian. Anda tidak perlu cemas soal kandungan kimia pada baby oil karena tidak berbahaya untuk karet mobil.  

Membersihkan Dashboard dan Panel Interior Pakai Baby Oil, Apakah Ampuh?

Manfaat Baby Oil Untuk Mobil, Cairan Perawatan yang Murah dan Aman? 03

Interior mobil menjadi salah satu identitas utama suatu mobil, yang memancarkan kesan nyaman sekaligus berkelas. Panel-panel dan trim yang bersih mengkilap tentu enak dipandang. Seiring waktu dan pemakaian, panel-panel interior bisa kusam dan tidak enak dilihat. 

Jangan cemas, coba dahulu bersihkan kembali panel dashboard dan trim berbahan plastik yang kotor dan kusam memakai baby oil. Cairan ini juga bisa digunakan membersihkan bagian panel dengan lapisan kulit atau aksen kayu. 

Peralatannya juga sangat mudah, hanya baby oil, lap microfiber dan tisu dalam melakukan proses pembersihan ini. Selain itu, proses perawatan ini juga aman dan mudah dilakukan. Hanya saja, perlu sedikit cepat dibersihkan supaya tidak belang. 

Langkah pertama yaitu membasahi tisu dengan baby oil, kemudian usapkan pada bagian dashboard hingga merata seluruh bagian panel. 

Setelah itu, segera keringkan panel dengan menyeka sisa minyak yang menempel dengan lap microfiber kering sampai bersih. Baby oil yang tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan efek mengkilap yang tidak serasi atau belang.

Cairan ajaib ini akan menghilangkan bercak-bercak air dan menciptakan lapisan waterproof pada kulit atau panel kayu. Sebagai bonus, panel dashboard dan door trim akan beraroma wangi lembut dari bekas baby oil tadi. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil