window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis

Prasetyo · 7 Feb, 2022 17:07

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 01

  • Hyundai Ioniq 5 2022 akan menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi di pabrik Cikarang.
  • Selain untuk pasar domestik, Hyundai Ioniq 5 juga dipersiapkan buat ekspor.

Hyundai memang sudah mengumumkan komitmennya untuk menjadikan Indonesia sebagai satu negara basis produksi dan pusat R&D. Karena itulah pabrik perakitan pun telah rampung dibuat di kawasan Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pada pabrik seluas lebih kurang 77,6 hektare itu pula akan dibuat secara CKD (Completely Knock Down) sejumlah mobil Hyundai. Bahkan bukan cuma untuk pemasaran di dalam negeri, tapi pabrik ini juga bakal memenuhi kebutuhan unit ekspor ke sejumlah negara lain. Hal ini pun pernah ditegaskan langsung oleh Lee Kang Hyun, COO Hyundai Motor Asia Pasific pada pertengahan tahun lalu.

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 02

Creta, mobil pertama Hyundai produksi Indonesia

Adapun model pertama yang telah keluar dari pabrik Hyundai Cikarang adalah Hyundai Creta 2022. Sebuah SUV berukuran kompak yang akan melawan Honda HR-V serta Toyota Corolla Cross. Nah model kedua yang akan dibuat di pabrik Cikarang adalah Hyundai Ioniq 5 2022.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tentunya kehadiran Hyundai Ioniq 5 ini menambah panjang daftar lini kendaraan listrik. Karena Hyundai juga sebelumnya telah memasarkan Ioniq dan Kona electric di Indonesia. Bahkan kedua kendaraan ini mampu membuat pabrikan asal Korea Selatan (Korsel) itu menguasai pangsa pasar kendaraan listrik (EV) di Tanah Air.

Seperti apa Hyundai Ioniq 5 2022 yang kabarnya dijadwalkan bakal rilis dalam waktu tak lama lagi? Mari kita lihat spesifikasinya.

Baca juga : KBRI Seoul Mulai Gunakan Mobil Operasional Hyundai Ioniq 5, Tanda Segera Dijual Massal di Indonesia

Desain Sporty Hatchback Elektrik

 

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 01

Desainnya ala hatchback sporty

Ioniq 5 hadir dengan menggunakan platform khusus dari Hyundai Motor Group, yakni Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Sebenarnya mobil listrik Hyundai ini sudah rilis global sejak Februari 2021. Namun untuk Indonesia, dipastikan Ioniq 5 yang akan dijual adalah buatan pabik di Cikarang bukan impor seperti Kona electric.

Sosoknya bisa dikategorikan sebuah hatchback namun dengan dimensi cukup besar. Tampilan bagian depan berbentuk huruf V yang seperti terbelah dua. Lampu utamanya terintegrasi dengan dua buah Daytime Running Lights (DRL) berbentuk persegi.

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 02

Desain velg tidak sembarangan

Disamping Hyundai mengaplikasikan velg ukuran 20 inci dengan model turbin. Desain ini menurut Hyundai mampu memberikan efek aerodinamika cukup baik buat mobil. Sedangkan pada bagian belakang, lampunya berbentuk kotak sipit yang terlihat futuristik sekaligus punya aura sporty.

Interior Berdesain Praktis dan Lapang

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 03

Meter cluster dan monitor headunit menyatu

Interior Hyundai Ioniq 5 mengusung tema living space. Kira-kira kalau diartikan secara sederhana Hyundai mencoba menciptakan ruang cukup lapang di kabin mobil ini. Karenanya desain interior tidak terlalu neko-neko.

Lihat saja bagiamana bentuk dasbor yang flat tidak banyak lekukan berlebihan. Sementara meter cluster pada sisi pengemudi seakan terintegrasi dengan headunit monitor di posisi tengah dasbor. Lingkar kemudi juag modelnya tidak terlalu futursitik.

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 04

Atapnya pakai sunroof

Yang unik, pada konsol tengah yang dapat digeser mundur sejauh 140 mm. Kemampuan tersebut membuat kabin terasa lapang. Apalagi mobil berdimensi cukup kompak ini juga sudah disediakan sunroof.

Baca juga : Punya Keunggulan 'Paripurna', Hyundai IONIQ 5 Raih Penghargaan Car Of The Year 2022 di Segmen Mobil listrik

Ada Dua Pilihan Tipe, Mana Buat Indonesia?

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 05

Ada versi 2WD dan AWD

Di Korea dan beberapa negara lain, Hyundai hadir dengan dua pilihan tipe yaitu varian penggerak roda 2WD dan AWD. Versi 2WD menggunakan motor listrik tunggal yang diletakan pada bagian belakang untuk menghasilkan tenaga 216 PS dan torsi maksimum 350 Nm.

Untuk varian AWD mempunyai motor listrik bertenaga 209 PS dan torsi maksimum 350 Nm di bagian belakang dan satu lagi motor listrik 96 PS dan torsi 255 Nm di bagian depan. Sehingga total output kedua motor listrik ini berada di angka 304 PS dan 605 Nm.

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 06

Kabel untuk charging baterai

Kedua varian Ioniq 5 menggunakan baterai polimer lithium-ion 72,6 kWh dengan  jangkauan mengemudi hingga 298 mil atau bekisar 479 km. Pihak Hyundai mengklaim kemampuan pengisian dari 10 persen hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 18 menit saja pada daya 350 kW. Bahkan dalam keadaan darurat, Hyundai Ioniq 5 hanya membutuhkan waktu pengisian 5 menit untuk menempuh jarak sejauh 100 km.

Kemungkinan besar, untuk Indonesia Ioniq 5 hanya akan ditawarkan dalam pilihan penggerak dua roda. Kalau pun akan muncul model AWD, akan diperkenalkan di tahun berikutnya.

Sudah Pakai Fitur Semi Otonom

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 07

Port pengecasan baterai

Walaupun bukan kategori mobil mewah, tetapi fitur Hyundai Ioniq 5 2022 sudah setara Hyundai Staria. Antara lain berkat hadirnya Hyundai SmartSense model terbaru hingga teknologi semi-otonom.

Beberapa fitur kekinian yang sudah ada di mobil lsitirk ini yaitu Highway Driving Assist 2 (HDA 2), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), dan High Beam Assist (HBA).

Harga Hyundai Ioniq 5 2022 Tembus Rp700 juta?

Mengintip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 untuk RI, Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang yang Sebentar Lagi Dirilis 08

Mobil listrik di Indonesia bebas PPnBM

Terakhir tentu soal harga. Untuk membahas ini memang kita perlu menunggu pengumuman resmi dari pihak Hyundai Indonesia. Namun di Eropa, mobil ini dibanderol sekitar Rp731 jutaan. Pihak pabrikan pun memberikan garansi 5 tahun tanpa batasan jarak tempuh, dan garansi baterai hingga 8 tahun.

Harga ini rasanya tidak akan jauh ketika diproduksi di Indonesia. Mengingat untuk mobil listrik, pemerintah sudah menetapkan bebas dari PPnBM.

Tertarik membeli Hyundai Ioniq 5 2022?

Baca juga : Hyundai Bakal Gempur dengan Mobil Buatan Cikarang, Creta di 2021 Menyusul Ioniq 5 Tahun Depan

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Hyundai Ioniq Electric Prime

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia