window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

MG3 Resmi Meluncur di Eropa, Spesifikasinya Bikin Toyota Yaris dan Honda City Minder

Enda · 29 Feb, 2024 10:01

Spesifikasi MG3

MG Motors, salah satu merek otomotif China berdarah Inggris di bawah nauangan SAIC Motor secara resmi meluncurkan MG3 untuk pasar Eropa melalui gelaran Geneva International Motor Show (GIMS) 2024.

Dipadukan dengan teknologi Hybrid +, hatchback kompak B-segment ini hadir dengan mengkombinasikan performa, efisiensi, kenyamanan berkendara yang dikemas dengan tampilan futuristis.

Dikutip dari laman resmi MG, untuk pertama kalinya MG3 2024 akan tersedia untuk pelanggan di seluruh Eropa. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dituliskan bahwa hatchback kompak ini dibekali baterai berukuran besar yang dipadukan motor listrik dengan performa lebih besar, sehingga dapat menghasilkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Baca juga: BYD Dolphin vs MG 4 EV, Mana Pilihan Mobil Listrik Rp400 Jutaan yang Paling Menarik?

Wajah MG3 2024 Mirip MG 5 GT

Spesifikasi MG3

Tampilan depan MG3

Generasi kedua dari MG3 untuk pasar Benua Biru ini didesain oleh studio MG di Shanghai, China.

Berkat desain yang diterima kini MG3 bukan cuma tampil lebih futuristis namun juga memiliki dimensi lebih panjang yang disebut-sebut terbaik di kelasnya, dengan menawarkan ruang kabin lebih besar guna meningkatkan fleksibilitas berkendara sehari-hari.

Sekilas pada tampilan depanya MG3 mirip dengan MG 5 GT yang dijual di Indonesia.

Seperti yang terlihat hatchback kompak ini memiliki grill dengan bentuk lebar serta kisi-kisi besar.

Pada bagian sampingnya pun memiliki kisi-kisi udara dengan lekukan berukuran besar mengikuti desain grillnya.

Tampak sporty, bumpernya dibuat add-on berkat penggunaan spoiler di bawah.

Untuk headlampnya pun terlihat mirip dengan desain pipih dan meruncing, yang mana didalamnya sudah mengusung teknologi LED projector.

Spesifikasi MG3

Tampilan belakang MG3 (foto: carspiritpk)

Bagian sampingnya MG3 terbaru memiliki lekukan body lebih radikal dibandingkan model sebelumnya.

Begitupun pada buritannya desain yang ditampilkan terlihat lebih proper dengan penggunaan stoplamp serta bumper sporty yang dipadukan difusser di bagian bawahnya.

Baca juga: Pilihan Mobil Listrik Rp 400 Jutaan Mulai dari Chery Omoda E5 Sampai MG ZS EV

Nyaman Digunakan Sehari-hari

Spesifikasi MG3

Interior pakai nuansa hitam

Model yang diluncurkan untuk pasar Eropa disebut-sebut menawarkan pengalaman berkendara yang fun-to-drive berkat kolaborasi antara insinyur MG di Eropa dan Tiongkok, yang menyempurnakan bagian sasis, engine mounting dan suspensinya. 

Dengan kolaborasi yang dihasilkan MG menyebut bahwa hatchback kompak terbarunya menawarkan berkendara yang lebih halus, senyap dan nyaman.

Selain itu sistem peredam kejutnya juga telah dirancang untuk dapat meredam getara secara lebih baik serta menghasilkan daya rigid dengan lebih baik sehingga menghasilkan handling stabil.

Teknologi dan Fitur Modern di MG3

Spesifikasi MG3

Head unit 10,25 inci

Hadir untuk pelanggan pasar Eropa, tentu MG3 harus menerapkan standar kenyamanan dan kemewahan berkendara.

Dengan begitu dari sisi teknologi dan fitur MG tentunya lebih maju dari beberapa negara.

Fitur yang menonjol pada mobil ini yaitu penggunaan panel instrument 7 inci yang dapat menampilkan beragam informasi seputar kendaraan, serta sistem hiburan yang diletakan pada center cluster.

Head unit 10,25 inci yang disematkan memiliki grafis lebih baik yang ditingkatkan oleh para insinyur.

Fitur yang terdapat di dalam fitur hiburannya tersebut yakni sistem navigasi satelit serta konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. 

Tepat di bawah sistem hiburan yang dibuat mengambang terdapat sekumpulan tombol fitur dengan tampilan yang terasa ergonomis.

Fitur lainnya yang disematkan yakni AC dengan pengaturan lengkap, sistem audio enam speaker dengan koneksi Bluetooth, empat port USB, serta sensor parkir belakang dan kamera. 

Pada varian teratasnya menggunakan jok kulit premium, keyless entry, kursi depan dan sistem kemudi dengan pemanas, serta kamera 360 derajat. 

Ada pula MG i-SMART memberikan tingkat konektivitas dan fitur kepada pelanggan MG3 yang umumnya dikaitkan dengan model premium.

Fitur MG iSMART yang disematkan merupakan bagian dari Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) terbaru. 

Peningkatan keselamatan dihadirkan melalui teknologi MG Pilot yang meliputi Lane Keep Assist dengan Lane Departure Warning System, Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, dan Traffic Jam Assist.

Gabungan Performa dengan Sistem Hybrid+

Spesifikasi MG3

Knob transmisi Mg3

MG3 merupakan mobil hatchback B segmen dengan sistem hybrid konvensional non-plug-in pertama yang dipasang pabrikan pada model MG. 

Mobil ini memadukan lima elemen kunci pada sistem Hybrid+ baru, mesin, transmisi, baterai, motor listrik, dan generator.

Meski fokus pada efisiensi pengunaan bahan bakar, teknologi elektrifikasi yang disematkan memberikan performa yang sangat baik.

Powertrain Hybrid+ MG membuat MG3 mampu melesat 0-100 km/jam hanya 8,0 detik. 

Sedangkan akselerasi kecepatan di jalan raya untuk 80-120 km/jam hanya memerlukan 5,0 detik.

Mesin pembakaran internal yang digunakan memiliki konfigurasi 4-silinder segaris 1.500 cc siklus Atkinson dengan menghasilkan tenaga 102 PS. 

Dikombinasikan dengan motor listrik 100kW (136 PS), sistem Hybrid+ memberikan rentang tenaga yang luas di seluruh rentang putaran dengan gabungan tenaga yang diperoleh 143 kW (194 PS).

Motor listriknya mendapat asupan daya dari baterai 1,83 kWh yang disi dari mesin ICE (Internal Combustion Engine), memungkinkan jangkauan berkendara yang luas hanya dengan mengandalkan energi listrik.

Memadukan sistem hybrid dengan menggabungkan motor listrik dan mesin 1.500 cc-nya menghasilkan konsumsi bahan bakar sebesar 4,4 L/100 km (22,7 km/liter). 

Hal ini memungkinkan MG3 untuk dikendarai dalam mode berkendara berikut, masing-masing secara otomatis dipilih oleh sistem Hybrid+:

  • EV – Berjalan hanya dengan daya listrik selama dayanya memungkinkan
  • Seri – Mesin dialirkan ke generator, yang menggerakkan motor listrik untuk penggerak
  • Seri dan Pengisian Daya – Berkendara seri, plus mengisi ulang baterai saat beban rendah
  • Penggerak dan Pengisian Daya – Mesin menggerakkan roda, sekaligus mengisi daya baterai melalui generator
  • Paralel – Mesin dan motor listrik menggerakkan roda

Sebagai informasi, mesin dipadukan dengan transmisi otomatis tiga percepatan, yang menawarkan akselerasi responsif sekaligus memberikan perpindahan gigi yang mulus dan halus.

Pengemudi juga dapat menyesuaikan responsivitas MG3 dengan tiga pilihan mode berkendara – Eco, Standard, dan Sport. 

Mode Eco dikalibrasi untuk penghematan bahan bakar optimal dan memberikan respons throttle yang lembut bagi pengemudi, sementara Standar memberikan perpaduan antara penghematan dan kinerja, dan berfungsi dengan baik untuk sebagian besar jenis perjalanan. 

Disisi lain mode Sport dibutuhkan untuk merasakan gaya berkendara lebih responsif dengan memaksimalkan keluaran tenaga gabungan antara motor listrik dengan mesin pembakaran internal.

Baca juga: Banyak Penghargaan di Eropa, Ini Modal MG ZS EV Untuk Pasar Indonesia

Data Teknis MG3 Hybrid+
Powertain Hibrida+
Mesin Bensin empat silinder siklus Atkinson 1.500 cc 
Tenaga mesin  75 kW (102 PS)
Torsi mesin  128 Nm
Daya motor listrik  100 kW (136 PS)
Torsi motor listrik  250 Nm
Output gabungan – daya 143 Kw (194 PS)
Transmisi Otomatis 3-percepatan
Kapasitas baterai 1,83kWh – 350V
Sistem penggerak roda FWD (depan)
Kecepatan maksimum 170 km/jam
0-100km/jam 8.0 detik
80-120km/jam 5.0 detik
CO2 100 g/km
Penghematan bahan bakar  4.4 L/100 km (22,7 km/liter)
Tinggi 1.502 mm
Panjang  4.113 mm
Lebar 1.797 mm 
Jarak sumbu roda 2.570 mm 
Batasi berat badan 1.285 kg
Kapasitas bagasi 293 liter
Jumlah kursi 5

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

MG 4 EV Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia