window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mirip Hyundai Staria, Ini MPV Listrik Terbaru dari China

Prasetyo · 1 Nov, 2023 09:01

Li Auto Mega

Kalau melihat foto di artikel ini Anda mungkin akan berpikir sebuah Hyundai Staria dengan tampilan yang berbeda. 

Apakah ini versi faceliftnya? Atau ini Hyundai Staria varian listrik, mengingat tidak telihat gril besar di bagain depan mobil tersebut?

Ternyata bukan! Kenalkan, ini adalah sebuah MPV terbaru dari perusahaan Cina, Li Auto Mega yang hadior dengan desain ramping namun panjang menyerupai kereta peluru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

li auto mega

Tampilan depan mirip Staria namun tak ada gril

Gambar-gambar MPV ini dipublikasikan sendiri oleh Li Xian selaku CEO perusahaan startup yang berbasis di Beijing tersebut melalui akun media sosialnya.

Dalam caption postingannya, sang CEO meminta para pengikutnya untuk menebak angka koefisien drag dari MPV listrik tersebut, seolah ingin menguatkan kesan aerodinamis dari desain kendaraan yang telah mereka buat.

Baca juga: Honda Siapkan Mobil Listrik dengan Baterai Portable Mirip Motor

Mirip Hyundai Staria Namun Lebih Sleek

Berdasarkan beberapa foto yang diunggah oleh bos perusahaan itu, sepintas desain Li Auto Mega memang mirip dengan Hyundai Staria yang juga sudah dipasarkan di Indonesia sejak Agustus 2021.

Namun tarikan desainnya lebih halus, lebih panjang dan lebih aerodinamis dengan garis lengkung tak terputus mulai dari bemper depan hingga kaca belakang.

Jika Staria punya LED bar di antara ujung kap mesin dan bemper depan, maka pada mobil ini juga ada LED memanjang yang serupa, tetapi penemptannya di bawah kaca depan.

li auto mega

Tampilan belakangnya

Lantas bemper depan juga pakai model tertutup sebagian, dengan lampu utama ada di sisi kiri dan kanan.

Dari samping terlihat jelas bagaimana terikan garis desain yang tek terputus sejak bemper depan hingga ke atap dan pilar belakang.

Kaca jendelanya juga sama lebarnya seperti Staria, tetapi bodi sampingnya juga mirip Staria.

Kesan futuristik diperkuat pada model velg yang kabarnya sangat diperhatikan pula demi menunjang kinerja aerodinamika kendaraan ini.

Bagian atap sepertinya didominasi oleh kaca paniramic, serta tersemat satu kotak kecil yang kemungkinan berfungsi sebagai kamera serta radar untuk fitur penunjang keselamatan berkendara.

Adapun pada sisi belakang terlihat kaca yang tidak terlalu besar, lantas di bawahnya ara rear combination lamp dengan mika bening yang membuatnya makin futuristik.

Di bagian belakang juga terlihat ada emblem bertuliskan MEGA yang kemungkinan adalah tipe varian dari mobil ini.

Sayangnya CEO Li Auto belum mengumumkan spesifikasi teknis dari mobil listrik ini, namun ia meyakinkan jika mobil ini akan segera tampil secara nyata kepada publik.

Sebenarnya render mobil ini pernah diungkap oleh akun media sosial Instagram @sugardesign_1, namun Li Xian malah menanggapinya dengan kelakar.

"Jika modelnya akan seperti itu, dia akan membuat semua tim desain bunuh diri melompat keluar jendela," tulis Li Xian.

Baca juga: Neta V Kejar Insentif Mobil Listrik dari Pemerintah RI, Biar Harganya Bisa Lebih Murah Lagi

Bandingkan dengan Hyundai Staria

Hyundai Staria Indonesia

MPV dengan tampilan mirip pesawat terbang

Karena tampilannya mirip, yuk kita telaah lagi tentang Hyundai Staria, khususnya unit yang ada di Indonesia.

Mengingat pesaing Toyota Alphard ini juga memiliki cukup banyak peminat yang mencari MPV bongsor dengan fitur yang cukup komplit dan tampilan mewah.

Hyundai Staria di Indonesia Keluaran Tahun Berapa?

Staria resmi mendarat di Indonesia melalui PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Hyundai di Tanah Air.

Mobil yang punya desain bak pesawat luar angkasa itu diluncurkan oleh  secara virtual di kanal YouTube Hyundai Motor Indonesia, pada Jumat (20/8/2021).

Hyundai Staria

Lampu belakang pakai LED Matrix

Dari segi eksterior, Staria memiliki desain sangat berbeda dari mobil MPV pada umumnya. 
Mengusung bentuk kotak dengan desain yang futuristik nan aerodinamis, Staria dibekali lampu LED besar (cube-type headlamp) dan sistem lampu DRL yang memanjang di kap mesin.

Staria punya dimensi panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi 1.990 mm, dan jarak sumbu roda 3.273 mm. 

Maka tidak heran jika kabin mobil ini bisa menampung kapasitas hingga 11 penumpang.

Bicara dapur pacu, mobil ini ditenagai mesin diesel berkapasitas 2.199 cc 4-silinder segaris turbocharger dan intercooler. 

Di atas kertas, mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga puncak 175 hp pada 3.800 rpm dan torsi maksimum 430 Nm di 1.500 hingga 2.500 rpm. 

Adapun transmisinya pakai jenis otomatis 8-percepatan dengan teknologi shift by wire.

Baca juga: Lebih Cepat dari Supercar, Mobil Listrik MG Cyberster Akan Tiba di Indonesia Tidak Lama Lagi

Berapa Harga Mobil Hyundai Staria 2023?

Saat pertama kali diluncurkan, Staria hadir dengan empat pilihan warna dan dua aksen krom yang berbeda. 

Untuk modelnya, ditawarkan dalam dua pilihan tipe yakni Staria Signature 7 dan Staria Signature 9. 

Soal harga, varian Signature 7 dibanderol Rp 1.020.000.000 dan Rp 888.000.000 untuk Signature 9, harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

Berikut harga Hyundai Staria per November 2023:

  • Staria Signature 9: Rp905.500.000
  • Staria Signature 7: Rp1.039.500.000

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Staria Signature 9 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia