window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Neta V Kejar Insentif Mobil Listrik dari Pemerintah RI, Biar Harganya Bisa Lebih Murah Lagi

Herdi · 25 Okt, 2023 10:01

Neta V Kejar Insentif Mobil Listrik dari Pemerintah RI, Biar Harganya Bisa Lebih Murah Lagi 01

Mobil listrik Neta V resmi meluncur di Indonesia dengan harga jual sama seperti di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yaitu Rp379 juta on the road Jakarta. 

Jika dilihat dari bentuknya yang mengusung sebuah mobil crossover, harga Neta V ini ternyata lebih murah dari Hyundai IONIQ 5 maupun MG 4 EV yang dibanderol di atas Rp600 jutaan. 

Kendati demikian, harga Neta V ini bisa saja akan lebih murah dari yang dibanderol saat ini. Ehm kok bisa?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Sah, Mobil Listrik Neta V Resmi Dijual di Indonesia, Pengiriman Dilakukan November 2023

mobil listrik Neta V

Neta V sudah resmi dijual di Indonesia

Ya, ini dikarenakan Neta V masih diimpor secara utuh atau Completely Built Up (CBU) dari China.

Namun begitu, Director of External Affairs and Product PT Neta Auto Indonesia (NETA) Fajrul Ilhami mengatakan, status CBU Neta V dari China merupakan fase pertama dari strategi perusahaan.

"Fase kedua, sekitar kuartal pertama 2024 itu tahapan CKD itu Completely Knock Down (dirakit secara lokal) yang materialnya sudah dicat," ungkap  Fajrul saat ditemui di sela acara peluncuran Neta V di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Baca juga: Neta Akan Bangun Banyak Dealer di Indonesia

neta v

Tampilan depan Neta V

Fase katiga, lanjut Fajurl Neta Indonesia akan melakukan merupakan tahap Incompletely Knock Down, dimana ada komponen yang tidak diimpor dari luar, namun bisa diproduksi secara lokal. 

"Harapannya dengan bisa lokal konten, harga bisa lebih di kompres dan tidak terkendala mengenai masalah jumlah yang bisa kita impor dalam CKD kit, karena itu akan menjadi pertimbangan dari regulasi yang ada saat ini. Kalau kita IKD bisa lebih fleksibel," jelas Fajrul

Dengan  menggunakan komponen buatan lokal, Fajrul sendiri ingin mobil listrik Neta V, bisa ikut dalam kategori yang akan jadi standar regulasi pemerintah untuk mendapatkan insentif. 

Baca juga: Keliling Kota Sejauh 157,3 Km, Biaya Daya Listrik Neta V Tidak Sampai Setengahnya Konsumsi Bensin LCGC

Berapa Penurunan Harga Neta V Jika Statusnya IKD?

neta v

Neta V saat mengisi daya listrik baterai di SPKLU

Tidak disebutkan secara detail, kapan fase kedua dan ketiga Neta V dilakukan, dimana Neta V akan dirakit secara lokal dengan status CKD, kemudian naik menjadi IKD. 

Akan tetapi, Fajrul menyebut, hingga saat ini Neta Indonesia masih melakukan studi, dan menunggu regulasi yang akan diluncurkan pemerintah untuk pemberian insentif mobil listrik. 

"Karena targetnya (pemerintah) kalau tidak salah pada 2026 itu 60 persen penggunaan kandungan lokal. Dan itu yang kita kejar, bagaimana supaya bisa inline dengan insentif," ucapnya. 

neta v

Setiap pembelian unit juga mendapatkan wall charger

Maka dari itu, Fajrul menyatakan, untuk proyeksi harga Neta V setelah terkompres karena berstatus IKD, saat ini belum diketahui lantaran masih dikaji oleh tim finance Neta Indonesia.  

"Artinya dari tim finance kita juga akan hitung ulang, dan kita juga akan kalkulasi berapa persen penurunannya. Tapi kita belum bisa jawab sekarang, akan coba studi lagi, mengenai dampak insentif yang akan kita tawarkan," ujarnya.

"Pastinya mereka, pemerintah, juga menanyakan, sudah dikasih insentif, tapi kenapa harganya ngga bisa lebih murah? Makanya nanti kita combine-kan CKD plus insentif yang ditawarkan," tutpanya. 

Jadi penasaran berapa ya harga Neta V? Apakah bisa sama seperti Wuling Air ev?!

@autofun.indonesia Ajak jalan Neta V keliling Jakarta, kira-kira bakal hemat gak ya? #mobilbaru #ev #netav #neta #mobillistrik #reviewmobil ♬ Swing jazz by big band(1249732) - Dee Lee

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Neta S 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia