window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Pajero Mini Dibangkitkan Lagi Buat Lawan Suzuki Jimny, Mukanya Comot dari Xpander Cross

Prasetyo · 19 Agu, 2021 12:39

Mitsubishi Pajero Mini

Mitsubishi pernah dikabarkan bakal merilis satu model SUV berukuran mungil untuk menjadi pesaing Suzuki Jimny. Dan kini isu tersebut kembali mencuat bahkan kabarnya unit tersebut akan menjadi Mitsubishi Pajero Mini 2022.

Informasi mengenai keberadaan SUV kecil Mitsubishi itu memang masih sangat terbatas. Namun belum lama ini sebuah media lokal di Jepang memuat gambat sketsa Pajero Mini baru tersebut.

Mitsubishi Pajero Mini 2022 -1

Mukanya pakai Dynamic Shield

Mitsubishi Berkolaborasi dengan Nissan

Pajero Mini sebenarnya bukan produk baru buat Mitsubishi. SUV ini telah ada sejak 1994 dan masuk kategori Kei Car dua pintu di Jepang. Sayangnya modle terakhir Pajero Mini dirilis 2012 dan penjualannya berakhir di 2017.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Laporan paling aktual mengenai keberadaan Mitsubishi Pajero Mini adalah seiring terjadinya aliansi antara Mitsubishi, Nissan, dan Renault. Sehingga besar kemungkinan untuk proyek Mini SUV terbaru itu akan dikembangkan oleh NMKV, sebuah perusahaan hasil aliansi antara ketiganya.

Perusahaan pun kabarnya akan menggunakan satu platform yang bisa dipakai bukan cuma buat Mitsubishi tapi juga Nissan dan mungkin juga Renault. Serta prediksi kuat adalah dipakainya platform yang sama dengan Mitsubishi eK X untuk model anyar ini.

Mitsubishi Pajero Mini 2022 -2

eK X diyakini jadi basis dari Pajero Mini terbaru

Pakai Wajah Mitsubishi Xpander Cross

Dari rendering yang diunggah itu diperlihatkan jika Pajero dalam wujud mini ini akan punya atap tinggi namun wheelbase pendek. Mungkin si pembuat terinspirasi dari sosok eK X tetapi pakai roda dengan ukuran cukup besar.

Tampak depan diyakini model ini akan juga pakai tema desain Dynamic Shield. Dengan lampu depan bertingkat dimana lampu sipit sebagai daytime running light (DRL) sementara lampu utamanya ada di bemper. Diharapkan semua lampu ini akan pakai LED untuk pencahayaan yang lebih terang.

Mitsubishi Pajero Mini 2022 -3

Dynamic Shield jadi tema desain global Mitsubishi

Sementara itu bagian grilnya pakai warna abu-abu gelap. Kalau kita ingta pada beberapa model Mitsubishi di Indonesia, desain gril seperti ini mirip dengan yang dipakai pada Mitsubishi Xpander Cross.

Mobil ini juga diyakini akan jadi SUV lima pintu, mengingat Suzuki juga sudah bersiap menghadirkan Jimny 5 pintu.

Mitsubishi Pajero Mini 2022 -4

Juga pakai mesin dari eK X

Pakai Mesin Turbo 3 Silinder

Belum ada bocoran mengenai mesin yang akan dipakai Mitsubishi untuk Pajero versi mungil ini. Namun bisa saja menggunakan mesin yang sama dengan eK X yakni mesin 3 silinder 660 cc. Tetapi boleh jadi Mitsubishi mengeluarkan dua versi mesin, pertama mesin Naturally Aspirated (NA), dan satu lagi mesin yang sudah ditambah turbo.

Apakah bakal ada juga versi hybrid plug-in (PHEV), rasanya masih jauh kemungkinan itu. Tetapi jika pabrikan mengejar juga tingkat efisiensi bahan bakar, maka bukan tidak mungkin model PHEV menyusul di tahun berikutnya.

Baca juga : Sering Keliru dan Dianggap 'Murah', Ini Perbedaan Mitsubishi Pajero dengan Pajero Sport

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil