window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Hybrid Memang Irit, Tapi Wajib Teliti Saat Merawatnya

Prasetyo · 27 Mei, 2023 08:03

Mobil Hybrid Memang Irit, Tapi Wajib Teliti Saat Merawatnya 01

Mobil hybrid saat ini ragam produknya makin banyak, baik dari merek Jepang, China, sampai Eropa.

Penjualan dan juga populasi kendaraan bermesin ganda antara mesin bensin dan motor listrik itu juga terus meningkat.

Satu faktor pemikatnya adalah konsumsi bahan bakar yang bisa jauh lebih irit dibanding mesin bensin atau mesin diesel biasa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dilain sisi, Hybrid Electric Vehicle (HEV) tidak perlu repot mencari charging station seperti halnya mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV).

Baca juga: Wuling Siapkan SUV Hybrid Baru Buat Lawan Honda CR-V

Mobil hybrid Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris Cross juga ada varian hybrid

Namun karena masih menggunakan mesin bensin, mobil hybrid juga tetap butuh perawatan berkala seperti halnya mobil bermesin pembakaran internal (ICE).

Bahkan perawatan untuk kendaraan dengan dua sumber tenaga ini membutuhkan perhatian cukup ekstra.

Hendry Worung, Technical Support BG Indonesia berpesan untk para pengguna HEV agar jangan sampai lalai melakukan perawatan berkala pada kendaraannya.

Baca juga: Usai Toyota Yaris Cross 2023, Toyota Mau Bikin Veloz Hybrid Tahun Ini Juga?

Hati-hati Kalau Mobil Hybrid Jarang Dirawat

Mobil Hybrid Honda City

Mesin Honda City Hatchback hybrid

Menurut Hendry, mesin mobil hybrid yang terdiri dari dua sumber tenaga jika tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan beberapa masalah, apalagi berkendara di kondisi Indonesia yang padat kendaraan dan cuaca yang panas.

Mesin hybrid yang tidak selalu bekerja dapat menyebabkan bahan bakar cenderung lebih lama tertimbun di tangki, sehingga timbul uap air di dalam tangki bensin akibat kondensasi.

Ketika hal itu terjadi, maka bahan bakar akan mudah teroksidasi serta menimbulkan korosi pada komponen mesin yang dapat menyebabkan masalah pada kendaraan hybrid.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Hybrid 2023 Bisa Bikin Suzuki Grand Vitara Makin Terpuruk?

Aditif untuk Mesin Mobil Hybrid

BG Hybrid Performance Kit

Peluncuran BG Hybrid Performance Kit di Jakarta

Nah demi memfasilitasi perawatan berkala untuk para pengguna mobil hybrid, BG Indonesia (PD Karya Prima Utama) selaku sole distributor BG Products Inc menyediakan paket BG Hybrid Performance Kit.

BG Hybrid Performance Kit  terdiri dari tiga rangkaian produk yaitu BG Platinum 44K for Hybrids, BG Advanced Formula MOA for Hybrids, BG EPR for Hybrids.

Ini adalah rangkaian produk aditif yang bisa dipakai buat perawatan berkala mesin-mesin hybrid baik tipe hybrid seri maupun paralel.

BG Hybrid Performance Kit

Rangkaian produk BG Hybrid Performance Kit

Rangkaian produk tersebut nantinya akan membantu kinerja oli mesin hingga bahan bakar buat kendaraan tersebut.

"BG Hybrid Performance Kit bisa digunakan untuk jenis oli mesin apa saja dan juga cocok dengan semua bahan bakar yang ada di Indonesia," jelas Hendry.

Untuk harga, produk ini akan dipasarkan di rentang Rp700 ribu.

Sebagai catatan, BG merupakan produk kimia untuk perawatan mesin kendaraan bermotor, alat berat, sampai pesawat terbang, dari Amerika Serikat (AS) yang sudah eksis sejak 10 tahun lalu.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia