window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Jalannya Tersendat-sendat? Mungkin Tanda Fuel Pump Rusak

Prasetyo · 9 Des, 2022 12:05

Mobil Jalannya Tersendat-sendat? Mungkin Tanda Fuel Pump Rusak 01

Tanda fuel pump rusak mungkin sedikit yang mengetahuinya. Lantaran fuel pump adalah komponen pada kendaraan yang posisinya tidak terlihat langsung oleh mata si pemilik mobil. Apalagi kalau itu mobil bekas yang baru Anda beli dan tidak tau riwayat perawatan pemilik sebelumnya.

Seperti namanya, fungsi utama fuel pump adalah untuk memompa bahan bakar. Yaitu bahan bakar yang tersimpan dalam tangki mobil menuju ruang pembakaran pada mesin. 

Mobil Jalannya Tersendat-sendat? Mungkin Tanda Fuel Pump Rusak 02

Kalau rusak sebaiknya ganti baru

Namun, perlu Anda ketahui setiap jenis kendaraan memiliki pompa bahan bakar yang berbeda dan posisi penempatan fuel pump juga tak sama. Tapi satu hal yang patut diketahui, fuel pump wajib juga dilakukan perawatan berkala.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fuel pump umumnya dibersihkan setiap 30.000 - 40.000 km. Dan komponen ini mampu bertahan hingga 5 tahun. Jika muncul tanda fuel pump rusak, maka sebaiknya segera ganti baru.

Baca juga: Fuel Pump Bermasalah, Honda Lakukan Recall 10 Model

Tanda-tanda Fuel Pump Rusak

Mobil Jalannya Tersendat-sendat? Mungkin Tanda Fuel Pump Rusak 01

Fuel pump mudah kotor bisa akiba penggunaan jenis BBM yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan

Dikutip dari Daihatsu Indonesia, ada beberapa tanda jika pompa bensin mobil Anda mengalami kerusakan. Dan sebaiknya jangan abai bila gejala ini muncul.

1. Mesin Sulit di Starter

Mobil Jalannya Tersendat-sendat? Mungkin Tanda Fuel Pump Rusak 02

Mesin sulit distarter bukan cuma karena aki soak

Gejala paling awal saat fuel pump mobil bermasalah adalah mesin sulit dinyalakan. Mungkin sebagian orang awalnya akan menyangka jika kejadian ini akibat aki mobil drop atau tekor.

Padahal ketika fuel pump tidak bisa memompa bahan bakar untuk kebutuhan aktifitas pembakaran di ruang mesin, maka jalur bahan bakar akan kosong. Inilah yang menyebabkan mesin sulit distarter.

2. Mobil Tersendat-sendat

Mobil Jalannya Tersendat-sendat? Mungkin Tanda Fuel Pump Rusak 03

Akibat pasokan bahan bakar kurang, mobil jadi tersendat

Ketika mesin mobil sudah bisa dihidupkan, namun kondisi fuel pump yang rusak belum diganti, maka akan muncul gejala berikutnya. Yaitu pada saat kendaraan melaju, maka akan tersendat. Kondisinya mirip dengan mobil seperti kehabisan bahan bakar.

Hal tersebut akibat pompa bensin tidak bisa bekerja menyalurkan kebutuhan bahan bakar ke ruang mesin. Bisa akrena kondisinya terlalu kotor, atau memang sudah waktunya untuk diganti.

Baca juga: Apakah Bisa Memperbaiki Sendiri Fuel Pump yang Rusak?

3. Lampu Check Engine Menyala

Mobil Jalannya Tersendat-sendat? Mungkin Tanda Fuel Pump Rusak 04

Jangan abaikan kalau lampu check engine nyala atau berkedip

Tanda kersuakan lainnya yang terlihat kalau fuel pump rusak adalah lampu check engine menyala. Atau bisa saja nyalanya berkedip terus menerus, baik sebelum mesin dihidupkan, ketika mobil melaju, sampai stop kontak di cabut.

@autofun.indonesia Budget Rp100 juta, Baiknya Jadi Mobil Bekas Apa? #tipsmobil #reviewmobil #autofact #mobiltua #mobilseken ♬ original sound - AutoFun Indonesia

4. Sekring Fuel Pump Gosong

Tersumbatnya pompa bensin oleh kotoran dapat menimbulkan kerusakan pada bagian sekring pompa bensin. Kinerja sekring akan menjadi lebih berat sehingga menyebabkan komponen ini gosong.

Baca juga: Fuel Pump Bermasalah, Toyota Recall Kijang Innova & Fortuner

5. Asap Knalpot Tercium Bau Menyengat

Mobil Jalannya Tersendat-sendat? Mungkin Tanda Fuel Pump Rusak 05

Asap knalpot seperti bau gosong

Munculnya bau bahan bakar yang menyengat ketika asap keluar dari knalpot merupakan tanda kurang optimalnya proses pembakaran mesin. Hal tersebut terjadi akibat pompa bensin tidak bisa menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran mesin secara maksimal.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil