window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis 2023, Begini Caranya Daftarnya

Herdi · 14 Mar, 2023 15:25

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis 2023, Begini Caranya Daftarnya 01

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menggelar mudik gratis. Hal ini dilakukan sebagai solusi agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor saat hendak ke kampung halaman pada perayaan Idul Fitri 2023.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi perjalanan mudik jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor, sangat membahayakan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain, karena berpotensi terjadi kecelakaan.

Baca juga: Carsentro Auto Week Hadirkan Mobil Bekas Berkualitas, Saatnya Cari Mobil Buat Mudik

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis 2023, Begini Caranya Daftarnya 01

"Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” ujar Budi  seperti dilansir situs resmi Kemenhub, Selasa (14/3/2023).

Kata Budi, program mudik gratis sengaja diselenggarakan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor, dimana pada tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

Baca juga: Polisi Tambah 34 Kamera Tilang Elektronik, Pemudik Ugal-ugalan Bisa Kena Pantau

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis 2023, Begini Caranya Daftarnya 02

“Kita lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin,” tutur Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengimbau program-program mudik gratis juga dapat dilaksanakan oleh berbagai pihak baik itu Kementerian/Lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, dan pihak lainnya, agar kuotanya semakin banyak.

"Dengan semakin banyaknya kuota mudik gratis, kita harapkan dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan yang banyak melibatkan pengguna sepeda motor, dan sekaligus juga dapat mengurangi kepadatan di jalan," kata Menhub.

Mudik Gratis Pakai Kereta, Bus dan Kapal Laut

Pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2023, Kemenhub kembali menyelenggarakan program mudik gratis baik melalui jalur darat, laut dan kereta api. 

Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik gratis, maka bisa mendaftarkan diri secara daring (online) melalui website (mudikgratis.dephub.go.id) dan aplikasi (Mitra Darat) yang bisa diunduh di ponsel, maupun secara luring (offline) yang akan digelar di kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan di beberapa simpul transportasi dan titik lokasi lainnya. 

Pendaftaran program mudik gratis sudah mulai dibuka pada Maret-Mei 2023, atau bisa diperpanjang sampai memenuhi kuota yang disediakan.

Baca juga: Cerita Mudik Lebaran 2022 Naik Bus AKAP, Pantas Banyak yang Kecewa

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis 2023, Begini Caranya Daftarnya 03

Pada Program Angkutan Sepeda Motor Gratis dengan Kereta Api, pemerintah menyediakan kapasitas hingga 46 ribu lebih penumpang dan 10 ribu lebih unit sepeda motor yang akan diberangkatkan menggunakan kereta api. Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 11-20 April 2023 untuk arus mudik dan 25 April-4 Mei 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 1 Maret s.d 3 Mei 2023.

Selanjutnya, program Mudik Gratis dengan bus, menyediakan kapasitas hingga 24 ribu lebih penumpang yang diberangkatkan menggunakan bus dan 900 unit sepeda motor menggunakan truk. Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 17-19 April 2023 untuk arus mudik dan 27-28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 13 Maret-14 April 2023.

Untuk program Mudik Gratis Sepeda Motor naik Kapal Laut, menyediakan kapasitas hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor yang diberangkatkan menggunakan kapal. Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 15 dan 17 April 2023 untuk arus mudik dan 25 dan 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 15 Maret-13 April 2023. 

Cara Ikut Mudik Gratis

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis 2023, Begini Caranya Daftarnya 04

Untuk mengikuti mudik gratis, melansir Instagram @kemenhub151, Anda harus terlebih dahulu mengunduh dan update aplikasi MitraDarat ke versi 1.0.4 (Play Store atau Android) dan 1.02 (iOS atau App Store).

Nah, untuk pendaftaran mudik gratis ini berlaku mulai dari 13 Maret-14 April 2023. Namun, pendaftarannya bisa ditutup lebih awal jika kuota telah terpenuhi.

Jika sudah mendownload atau mengupdate, maka langkah selanjutnya ikuti petunjuknya:

  • Klik tombol Login
  • Masukkan alamat email atau akun Google
  • Masukkan nomor telepon (WhatsApp)
  • Masukkan kode OTP 
  • Login berhasil akan tampil dashboard aplikasi MitraDarat 

Selanjutnya, Anda bisa memesan Tiket Mudik Gratis Kemenhub 2023, dengan cara:

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis 2023, Begini Caranya Daftarnya 05

  • Klik icon “Mudik Gratis” 
  • Pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik
  • Pilih armada mudik
  • Isi identitas data penumpang 
  • Klik tombol “Selesaikan Pesanan”

Cetak Bukti Mudik

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis 2023, Begini Caranya Daftarnya 06

  • Klik Icon "Mudik Gratis"
  • Klik Icon "Tiketku"
  • Pilih tiket yang telah dipesan
  • Lalu klik tombol "Lihat Kode QR"
  • Tampilkan Kode QR bukti pemesanan (tunjukan kode QR pada petugas di posko validasi untuk proses verifikasi tiket)

Syarat Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023

Jangan lupa membawa identitas KTP atau SIM

Jangan lupa membawa identitas KTP atau SIM
  • Peserta mudik gratis wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP/SIM/KK)
  • Peserta mudik gratis hanya bisa memilih 1 kota tujuan mudik 
  • Bila peserta akan mudik gratis mengikuti mudik-balik/PP, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan pada saat mendaftar arus mudik (dengan catatan, kota tujuan mudik yang dipilih ada pada pilihan kota arus balik. Dan peserta hanya bisa ikut arus balik sesuai dengan kota tujuan arus mudik)
  • Peserta mudik gratis hanya diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan
  • Apabila lewat H+7 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta mudik gratis dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah), dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK akan diblok oleh sistem) agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar belum mendapatkan kuota mudik/balik
  • Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa kelengkapan surat kendaraan. Dan menyerahkan motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan atau H-1 sebelum tanggal seremonial bus. 
  • Peserta mudik gratis dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik
  • Peserta mudik gratis wajib datang minimal 1 jam sebelum jam keberangkatan.

Kota Tujuan Mudik Gratis 

Pemerintah Sediakan Mudik Gratis 2023, Begini Caranya Daftarnya 08

Untuk tujuan arus mudik lebaran, setidaknya ada 28 kota tujuan arus mudik, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur dan Sumatera. Untuk kota-kota tujuan Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Sedangkan untuk Jawa Tengah dan Yogyakarta diantaranya Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Adapun untuk Jawa Timur diantaranya adalah Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, dan Tulungagung. Untuk Sumatera ada Lampung dan Palembang. Sedangkan untuk arus balik ada 8 kota, yaitu dari Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Purwakarta, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri. Sementara untuk arus mudik dan balik pengangkut sepeda motor diantaranya Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, dan Semarang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil