Pemerintah Siap Berlakukan Relaksasi PPnBM Mobil, Diskon Mitsubishi Xpander Hingga Belasan Juta?

Yongki Sanjaya · 12 Feb 2021 06:00

Pemerintah resmi mengumumkan rencana relaksasi PPnBM untuk mobil baru yang berlaku mulai Maret 2021 mendatang. Untuk tahap pertama, pemerintah memberikan relaksasi sebesar 0 persen untuk PPnBM mobil. Dengan adanya relaksasi ini, apakah harga mobil baru bisa jauh lebih murah? 

Sebelum kalian semangat hunting mobil baru ke dealer, ada baiknya menghitung terlebih dahulu seberapa besar potongan harga sebagai hasil dari relaksasi yang diberikan pemerintah. Kami pun coba menghitungnya untuk Anda. 

Untuk PPNBM sesuai Peraturan Pemerintah Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor. Mobil berkapasitas di bawah 3.000 cc dikenakan PPnBM antara 15-70 persen. 

PPNBM Dihitung Dari NJKB, Cuma Buat Mobil Rp 300 Juta ke Bawah

Kami akan menghitung dengan contoh dari harga baru NJKB 2021 dari salah satu MPV terlaris, Mitsubishi Xpander. Dalam keterangan resminya, pemerintah mencantumkan kalau pemerintah menyiapkan insentif penurunan PPnBM untuk kendaraan bermotor pada segmen kendaraan dengan cc < 1500 yaitu hanya untuk kategori sedan dan 4x2. 

Hal ini dilakukan karena Pemerintah ingin meningkatkan pertumbuhan industri otomotif dengan local purchase kendaraan bermotor diatas 70 persen. 

”Harapannya dengan insentif yang diberikan bagi kendaraan bermotor ini, konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah atas akan meningkat, meningkatkan utilisasi industri otomotif dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama tahun ini," ucap Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Untuk Mitsubishi Xpander dengan penggerak 4X2 berdasarkan aturan PP No. 73 Tahun 2019 dikenakan tarif PPNBM sebesar 10 persen.

Relaksasi PPNBM Khusus Mobil Bermesin 1.500 cc Ke Bawah? 

Dalam keterangan resminya, menyebut kalau penerapan relaksasi PPNBM ini cuma buat mobil berkapasitas 1.500 cc ke bawah yang dirakit lokal. Jadi, harapan beli mobil mewah harga murah terancam sirna. 

Untuk itu kita coba simulasikan dengan Mitsubishi Xpander Exceed AT dengan memakai NJKB 2021 sebesar Rp 188 juta dan koefisien 1,05. Untuk mobil 1.500 cc ini nilai PPNBM hanya 10 persen. 

Jadi, nilai PPNBM dari Xpander Exceed yaitu: (Rp 188 juta X 1,05) X 10% = Rp 19,74 juta. 

Artinya, estimasi harga baru on the road Jakarta untuk Xpander Exceed yaitu: Rp 257 juta - Rp 19,74 juta = Rp 237,26 juta. Lumayan juga ya, walaupun tidak sebesar Mitsubishi Pajero Sport, yang jika mendapatkan relaksasi serupa dapat turun harga hingga puluhan juta.

Komentar