window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Satu Rahim Beda Fiturnya Banyak

Yongki Sanjaya · 23 Feb, 2022 12:30

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Satu Rahim Beda Fiturnya Banyak 01

Pada penghujung tahun lalu, baik Toyota maupun Daihatsu secara kompak meluncurkan si kembar Avanza-Xenia di Indonesia. Generasi ketiga Avanza-Xenia ini memakai platform DNGA dan masih diproduksi oleh Daihatsu. Lantas, apa perbedaan dari Avanza dan Xenia 2022 tersebut?

Sebagaimana generasi sebelumnya, Avanza dan Xenia masih memiliki beberapa perbedaan minor dari sisi desain dan kelengkapan fitur. Untuk harganya, Daihatsu biasanya menjual Xenia lebih terjangkau daripada Toyota Avanza, karena memang Avanza fiturnya lebih beragam. 

Secara spesifikasi, baik Avanza maupun Xenia dibekali mesin maupun transmisi yang sama. Mesin 1.300 dan 1.500 cc Dual VVT-i jadi andalan. Hanya saja ada perbedaan konfigurasi spesifikasi dari model lama, karena sistem penggeraknya kini menggunakan roda penggerak depan (FWD) serta transmisi matic CVT. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas, apa saja perbedaan tersebut? Mari kita bahas lebih mendalam. 

Perbedaan Desain Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Xenia Makin Berkelas

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Satu Rahim Beda Fiturnya Banyak 01

Melihat kedua produk andalan Astra ini, kita kini lebih bisa mengenali masing-masing modelnya. Desain Avanza ditandai dengan grill trapezoidal besar di bagian bumper depan. Sementara itu, Xenia desain grill trapezoidalnya lebih ramping. 

Xenia pun tampil lebih atraktif dengan aksen merah pada bagian grill atas. Untuk grillnya sendiri, memakai aksen hitam gloss, sedangkan Avanza lebih sederhana dengan hitam matte.

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Satu Rahim Beda Fiturnya Banyak 02

Selanjutnya, styling instrumen kluster keduanya juga memiliki desain yang berbeda. Kalau Toyota Avanza itu desainnya lebih elegan, Daihatsu Xenia memiliki instrumen yang berkesan sporty dengan lebih banyak warna merah. 

Fitur Toyota Avanza 2022, Seberapa Lengkap? 

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Satu Rahim Beda Fiturnya Banyak 03

Toyota Avanza 2022 pada tipe G hadir dengan New Striking Full Dashboard Design.  Panel instrumen dengar New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID memberikan beragam informasi untuk pengemudi. Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button yang dengan mudah pengguna menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap.

Dari segi hiburan, tipe teratas Avanza ini didukung head unit 9 inci terbaru yang mendukung konektivitas USB dan Bluetooth. Tidak seperti Xenia, varian ini hadir dengan fitur New Tilt & Telescopic Steering yang membuat posisi mengemudi lebih ergonomis. Adanya Audio & MID Switch memudahkan pengemudi ketika melakukan pengaturan audio, dan MID melalui sentuhan sederhana melalui tombol pada setir.

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Satu Rahim Beda Fiturnya Banyak 04

Lebih lanjut, Toyota Avanza G terdapat fitur seperti new auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, window jam protection, alarm+immobilizer, rear parking camera dan spion retractable.

Bicara varian terendah di Avanza ini, sistem hiburannya mengandalkan head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung format USB dan Bluetooth. Meski begitu, tampilan head unitnya juga tak kalah keren dengan tipe G diatasnya. Mengingat tipe E juga sudah menggunakan model floating. 

Teknologi TSS di Toyota Avanza G CVT, Seberapa Lengkap?

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Satu Rahim Beda Fiturnya Banyak 05

Bicara fitur keselamatan, tipe E dan G All New Avanza dibekali fitur standar yang mirip yaitu dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Tidak hanya itu, keduanya juga diperkuat dengan adanya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) Emergency Stop Signal (ESS), ISOFIX dan Brake Assist (BA).

Namun untuk varian teratasnya, Avanza 1.5 G CVT TSS mendapat tambahan fitur keselamatan berupa 6 airbag (Pengemudi/ Penumpang/ Samping/ Tirai). Adapun teknologi Toyota Safety Sense (TSS) mencakup Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention dan terakhir Front Departure Alert.

Daihatsu Xenia R CVT ASA 2022, Seberapa Keren Kelengkapan yang Dimiliki?

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Satu Rahim Beda Fiturnya Banyak 06

Sebagai varian tercanggih, Daihatsu Xenia 1.5 R ASA ini penampilannya lebih bersahaja. 

Dari sisi penampilan, tipe ini telah memiliki fitur audio dan ornamen racikan Astra Daihatsu Styling. Aksen merah tetap hadir di sisi eksterior, pada bagian front grille. Namun demikian, Xenia 1.5 ASA tidak mendapat side skirt seperti tipe ADS. 

Supaya lebih elegan, maka terdapat garnish krom di pintu depan dan tengah. Selain itu, pintunya mendapat sentuhan aksen silver pada door handle. 

Fitur Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA, Tak Kalah Lengkap dengan Harga Lebih Murah

Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022, Satu Rahim Beda Fiturnya Banyak 07

Pada tipe ASA ini, fitur standarnya memakai keyless dan seat height adjuster pada sisi pengemudi. Fitur keselamatan menjadi selling point utama dari Xenia 1.5 R ASA. Sebab, Xenia menjadi model low MPV termurah yang sudah mendapat fitur keselamatan aktif. 

Sebagai perbandingan, Xenia R CVT ASA 2022 dijual dengan harga Rp270.500.000. Adapun Toyota Avanza CVT TSS dijual seharga Rp293.400.000. Selisihnya sudah mencapai Rp23 jutaan dari kedua model tersebut. 

Advanced Safety Assist pada Daihatsu Xenia terdiri dari fitur Collision Warning Function, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, dan Leading Vehicle Departure Warning.

Fitur ASA bekerja menggunakan sensor kamera yang terpasang di area kaca depan, tepat di balik spion tengah. Kamera tersebut berfungsi mendeteksi objek atau kendaraan di depan mobil dan garis lajur. 

Terdapat juga fitur 360 camera dengan panorama view. Jadi, kita bisa melihat kondisi sekeliling mobil pada layar monitor head unit. Adanya fitur ini memudahkan kita saat akan parkir di ruang yang cukup sempit sehingga tidak bersenggolan dengan objek di sekitarnya.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil