window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Polisi Klaim Sejak Ada Tilang Elektronik di Jalan Tol, Pengemudi Jadi Takut Ngebut

Adit · 8 Apr, 2022 10:07

Polisi Klaim Sejak Ada Tilang Elektronik di Jalan Tol, Pengemudi Jadi Takut Ngebut 01

  • Polisi klaim tilang elektronik di jalan tol bikin perilaku berkendara lebih tertib.
  • Sejak tilang elektronik diberlakukan di tol sejak 1 April 2022, pelanggaran batas kecepatan berangsur menurun.
  • Demikian halnya para pelanggar batas muatan atau truk ODOL juga ikut menurun.

Penerapan tilang elektronik atau ETLE di sejumlah jalan tol, yang diterapkan sejak 1 April 2022 diklaim Korlantas Polri mengubah perilaku berkendara masyarakat. Perubahannya ke arah yang positif, makin sedikit pengemudi yang memacu kendaraannya melebihi ketentuan. 

Hal ini dibuktikan dari jumlah pelanggaran batas kecepatan secara harian yang menurun di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Tol Trans Jawa-Jawa Tengah, hingga Tol Trans Sumatera, demikian diungkapkan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. 

Polisi Klaim Sejak Ada Tilang Elektronik di Jalan Tol, Pengemudi Jadi Takut Ngebut 02

Tilang elektronik di tol juga mengncar truk ODOL

Baca Juga: Ini Daftar Lokasi Tilang Elektronik di Jalan Tol, Termasuk Tol Trans Jawa Loh!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Untuk tol Trans Sumatera yang berada di wilayah hukum Polda Lampung juga terjadi penurunan capture pelanggaran batas kecepatan dari 2.580 di hari pertama, 1.683 hari kedua, menjadi 631 di hari ketiga," jelas Firman mengutip NTMC Polri.

Lanjutnya, implementasi ETLE di jalan tol oleh polisi menjadi upaya progres yang positif. Rencananya titik-titik ETLE akan secara masif diterapkan di lokasi lainnya. "Sehingga angka kecelakaan lalu lintas khususnya di jalan tol bisa ditekan sampai zero accident," katanya. 

Korlantas Polri telah melakukan penindakan pelanggaran melalui sistem ETLE di tol sejak Jumat 1 April lalu. Selain menindak pengendara yang memacu di luar batas kecepatan, tilang elektronik juga menyasar pelanggar batas muatan khususnya kendaraan truk ODOL. 

Polisi Klaim Sejak Ada Tilang Elektronik di Jalan Tol, Pengemudi Jadi Takut Ngebut 01

Diharapkan pengendara menjaga kecepatan kendaraannya yang aman

Sebelumnya Korlantas Polri telah melakukan sosialisasi sejak 1-31 Maret lalu. Untuk penindakan batas kecepatan, menggunakan speedcam di 14 jalan tol. Adapun truk ODOL pakai teknologi weight in motion (WIM) di 7 jalan tol.

Baca Juga: Hari Pertama Berlaku, Puluhan Mobil Ngebut di Jalan Tol Langsung Kena Tilang Elektronik

"Secara umum terjadi penurunan pelanggaran batas muatan untuk ruas tol DKI Jakarta. Hari pertama 148, hari kedua 571, dan hari ketiga 1 pelanggaran batas muatan. Untuk ruas Tol Trans Jawa-Jawa Tengah hari pertama 303, hari kedua 427, dan ketiga 29 pelanggaran," imbuhnya. 

"ETLE mampu mengubah perilaku dan budaya berkendara yang berkeselamatan bagi masyarakat kita," pungkas Firman. 

Polisi Klaim Sejak Ada Tilang Elektronik di Jalan Tol, Pengemudi Jadi Takut Ngebut 02

Perilaku berkendara jadi lebih baik

Seminggu Diterapkan, Lebih dari 9 Ribu Mobil Langgar Batas Kecepatan di Tol Trans Sumatera

Terbaru, berdasarkan data yang diterima terhitung sejak 1 hingga 7 April 2022, kamera ETLE speedcam di ruas tol Trans Sumatera telah meng-capture sebanyak 9.643 kendaraan yang melanggar batas kecepatan. 

"Ini hal yang sangat luar biasa. Namun grafik hari demi hari semakin terjadi penurunan. Artinya keberadaan ETLE jalan tol ini efektif menekan fatalitas kecelakaan dan mewujudkan kamseltibcarlantas di jalan tol Sumatera ini," kata Kata Kasubdit Penindakan Pelanggaran Ditgakkum Korlantas Polri, Kombes Pol I Made Agus Prasetya. 

Baca Juga: Bersiap, Polisi Berlakukan Tilang Elektronik di Jalan Tol, Sasarannya Mobil yang Suka Ngebut dan Truk

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil