window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Bentuk Aneh, Bus Mewah di Pakistan Ini Disebut Peluru Jalanan

Adit · 29 Jun, 2022 11:07

Punya Bentuk Aneh, Bus Mewah di Pakistan Ini Disebut Peluru Jalanan 01

  • Inilah bus mewah di Pakistan dengan julukan Road Bullet atau peluru jalanan
  • Bodi depannya melandai dengan kemiringan 40 derajat seperti Hyundai Staria.
  • Joknya berkonfigurasi 1-1-1 dan menawarkan kenyamanan kelas atas.

Bus mewah di Pakistan dengan sebutan Road Bullet atau peluru jalanan belakangan menjadi perbincangan di forum internet. Bukannya tanpa sebab, ini lantaran desain bus tersebut yang unik dan nyeleneh, beda dari bus-bus yang biasa seliweran di jalan termasuk di Indonesia. 

Bila melihat dari belakang ke tengah sebenarnya tak begitu kental perbedaannya. Tapi beda cerita saat sudut pandangnya diubah dari depan ke tengah, maka akan tampak diferensiasinya. Moncongnya memanjang dan melandai seperti kereta cepat di Jepang. Atau ibarat Hyundai Staria versi panjang. 

Punya Bentuk Aneh, Bus Mewah di Pakistan Ini Disebut Peluru Jalanan 02

Road bullet bus punya desain yang nyeleneh, depannya melandai seperti sebuah peluru

Baca Juga: Dulu Sempat Populer, Ini Alasan Bus Bermesin Depan Sekarang Kalah Pamor Dari Bus Mesin Belakang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tak heran bila karoseri yang membuatnya menamainya road bullet atau peluru jalanan karena bagian depannya itu. Kendati masih terbilang barang baru, tapi popularitasnya langsung melejit dan cepat menjadi tren seperti bus double glass sejak 2015 lalu yang dipelopori Adiputro. 

Melansir PK Buses, bus road bullet pertama kali dikenalkan oleh New Shandar pada awal 2021 lalu. Bus tersebut diadaptasi oleh desain bus Hino Kazay, yang merupakan penamaan bus berdimensi besar dari Hino di Pakistan. 

@autofun.indonesia Kalau Teman-teman Pilih Kijang Kapsul atau Panther Kapsul? #autofact #mobilseken #tipsmobil #panther #kijang ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Pakai Jok Mode Physical Distancing

Disebutkan bahwa bus road bullet ini menawarkan kemewahan tapi dengan tarif yang murah. Khusus didesain untuk kondisi pandemi lantaran konfigurasi joknya 1-1-1. Pabrikan mengklaim bahwa bus tersebut semi sleepbus karena menjanjikan kenyamanan kelas wahid dengan jok sofanya. 

Punya Bentuk Aneh, Bus Mewah di Pakistan Ini Disebut Peluru Jalanan 01

Konfigurasi jok 1-1-1

Ya jok sofa, di sana penyebutannya lebih akrab dengan sofa. Namun di sini lumrahnya disebut captain seat. Kedua istilah tersebut merepresentasikan sebuah kursi yang memiliki pembatas pada sisi samping, kemudian terdapat sandaran yang memanjang hingga kepala, dan satu kata kuncinya: sangat nyaman. 

Fitur joknya bukan itu saja. Ada leg rest sehingga posisi kaki bisa selonjoran penuh. Pengaturan kursi juga sudah sepenuhnya elektrik. Posisi jok dibuat serenggang mungkin dan paten, sehingga saat disetel merebah tidak mengganggu penumpang di belakang. 

Punya Bentuk Aneh, Bus Mewah di Pakistan Ini Disebut Peluru Jalanan 02

Menggunakan spion model tanduk

Baca Juga: Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru, Semuanya Berstandar Emisi Euro 4

Oh iya, soal desainnya, kaca depan bus ini dibuat melandai dengan kemiringan 40 derajat. Kaca samping juga didesain mengikuti lekuk bus. Ini membuat posisi duduk sopir persis pada lengkungan depannya dengan kaca yang super lebar dan miring. Mrngingatkan kami pada desain bagian depan Daihatsu Zebra Espass

Bagian wajahnya terdapat tiga layer lampu yang desainnya agresif dan menawan. Kemudian untuk spionnya menggunakan model tanduk seperti cula badak, tidak seperti kebanyakan bus di Indonesia yang menjuntai seperti belalai gajah. Tertempel pula cermin cembung untuk memudahkan pengelihatan bagian depan bus. 

Terakhir mengenai harga, bus road bullet garapan New Shandar ini melayani perjalanan salah satunya dari Karachi ke Quetta yang jaraknya 600 kilometer dengan harga tiket Rp380 ribu. Itu sama saja seperti jarak dari Jakarta ke Yogyakarta. 

Baca Juga: Tahun Depan Indonesia Mulai Uji Coba Penggunaan Bus Listrik Mercedes-Benz

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil