window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru, Semuanya Berstandar Emisi Euro 4

Adit · 10 Mar, 2022 08:31

Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru, Semuanya Berstandar Emisi Euro 4 01

Bus baru Hino berstandar emisi Euro 4
  • Hino Indonesia luncurkan truk dan bus baru pakai mesin Euro 4.
  • Harganya naik, mulai dari Rp30 jutaan hingga Rp50 jutaan tergantung model.
  • Mesin Euro 4 Hino menggunakan teknologi common rail serta disematkan Variable Nozzle Turbo (VNT).

Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menyambut realisasi standar emisi baru untuk kendaraan diesel pada April 2022 mendatang, dengan meluncurkan produk truk dan bus baru. Maksudnya baru dari segi dapur pacunya, tak lagi pakai mesin lawas Euro 2, melainkan sudah Euro 4

"Hino tetap mempertahankan DNA kualitas, durabilitas, dan reabilitas yang menjadikan kami market leader di segmen medium truck. Tentu saja dengan mesin baru common rail lebih tangguh, ekonomis, dan ramah lingkungan," terang Presiden Direktur HMSI Masato Uchida di Purwakarta, Rabu (9/3/2022).

Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru, Semuanya Berstandar Emisi Euro 4 02

Hino Dutro kini pakai mesin baru berstandar emisi Euro 4

Baca Juga: Hino Buka Fasilitas Body Repair dan Cat, Pemilik Truk Hino Lawas Bisa Segarkan Tampilannya

Semua produk Hino mulai dari segmen light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia, hingga semua jajaran bus Hino sudah berstandar Euro 4. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apa Bedanya dengan Mesin Lawas Hino?

Standar baru pada mesin diesel yang baru dijual di Indonesia ini menggunakan mesin common rail. Bedanya dengan mesin diesel konvensional adalah dari sistem pasokan bahan bakar ke ruang mesin. 

Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru, Semuanya Berstandar Emisi Euro 4 01

Sasis dan mesin baru Hino pakai teknologi common rail sesuai standar emisi Euro 4

Semua injektor bertuas memasok bahan bakar langsung ke dalam mesin menggunakan wadah atau disebut rel. Adapun mesin diesel konvensional, setiap injektor mendapatkan suplai bahan bakar sendiri-sendiri dari pompa injeksi. 

Nah tekanan dari injektor di dalam rel sangat tinggi. Dengan begitu pengabutan bahan bakar yang dihasilkan semakin baik. Pembakaran juga lebih efisien dan kerja mesin makin optimal. 

Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru, Semuanya Berstandar Emisi Euro 4 02

Produk Hino yang kini berstandar Euro 4

Perlu diketahui juga, bahan bakar yang cocok untuk jenis mesin diesel ini adalah solar dengan minimal Cetane Number 51 atau kandungan sulfur maksimal 50 ppm. Hal ini agar mendukung mekanisme injektor tetap optimal.

Kemudian terdapat juga beberapa komponen di dapur pacunya untuk mendukung kerja mesin, meliputi: 

  • Diesel Oxidation Catalyst untuk mengurangi gas buang karbon monoksida dan hidrokrabon
  • Exhaust Gas Recurculation untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx
  • Selective Catalytic reduction 
  • Variable Nozzle Turbo untuk meningkatkan suplai udara ke ruang bakar agar menghasilkan tenaga yang responsif

COO-Director PT HMSI Santiko Wardoyo menambahkan, dengan adanya standar baru ini, maka pabrikan akan menyongsong babak baru kiprah Hino di tanah air. Per April 2022 nanti sudah tidak menjual produk berbasis mesin Euro 2.

Baca Juga: Cuma Nambah Airsus, Bus Hino RK 260 Naik Rp150 Jutaan

Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru, Semuanya Berstandar Emisi Euro 4 03

Seluruh jajaran produk Hino sudah berstandar Euro 4

"Ini adalah tahun yang sangat berarti, 40 tahun Hino di Indonesia, sudah cukup lama berkiprah dan tetap mengusung filosofi kerja best value product dan total support. April nanti sudah harus stop (Euro 2), kalau masih produksi buat apa kan nggak bisa dijual," lanjutnya. 

Harga Bus dan Truk Hino Euro 4 Naik

Atas ubahan jantung mekanis ini, semua produk Hino akan mengalami penyesuaian harga. Santiko bilang besarannya bervariasi tergantung segmen, berkisar Rp30-50 juta. 

Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru, Semuanya Berstandar Emisi Euro 4 04

Segmen truk berat Hino kini sudah mengusung standar Euro 4

Meski terjadi kenaikan harga, Santiko menjamin produknya memiliki durabilitas yang lebih baik, dan jaminan purnajual di seluruh Indonesia melalui 157 mobile workshop, 180 jaringan diler, dan 3.656 part shop. 

Setiap pembelian produk Hino baru juga berhak atas layanan gratis servis berkala selama 2 tahun. "Konsumen tak perlu khawatir, 70 persen lebih komponen mesin Euro 4 sama dengan Euro 2. Hino adalah merek pertama di dunia yang menerapkan teknologi common rail pada kendaraan niaga," pungkasnya. 

Baca Juga: Penjualan Bus Hino atau Mercedes-Benz yang Paling Laris di Indonesia?

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil