Review Singkat KIA Sportage 2022: Musuh Baru Honda CR-V yang Tampangnya Bengis

Enda · 21 Mar, 2022 08:00

KIA Sportage 2022

Review singkat KIA Sportage 2022

Selain Carens, lewat ajang Jakarta Auto Week 2022 PT Kreta Indo Artha (KIA) turut menampilkan sosok KIA Sportage 2022. Bermain di segmen Medium SUV, generasi kelima Sportage ini tentunya akan berhadapan langsung dengan Honda CR-V yang diketahui merupakan rival utamanya. Karena pada dasarnya mobil ini juga ditopang dengan sasis monokok berpenggerak roda depan.

Melihat dari segi dimensi, KIA Sportage 2022 terlihat lebih gambot dibandingkan generasi sebelumnya yang terakhir kali masuk ke Tanah Air pada tahun 2016. Secara data, SUV jenama Negeri Gingseng tersebut memiliki panjang 4.660 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.660 mm, dengan jarak sumbu roda 2.755 mm.

Baca juga: Kia Sportage 2022 Juga Tampil di Jakarta Auto Week, Siap Dijual di Indonesia?

KIA Sportage 2022: Eksterior

KIA Sportage 2022

Tampilan depan KIA Sportage 2022

Di ajang JAW 2022, KIA Sportage 2022 dipajang dengan dikelilingi pagar kaca. Dengan begitu kami tidak bisa melihat secara lebih dekat khususnya pada bagian interior.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Bicara fasad, SUV yang dibangun berdasarkan platform Hyundai Tucson ini bukan cuma terlihat agresif, tapi juga modern, sporty dan tangguh. Didesain oleh Peter Schreyer, KIA Sportage 2022 terlihat lebih revolusioner dengan menyematkan garis tegas serta desain radikal.

Pada bagian fascianya, mobil ini memiliki bonnet yang dibuat lapang sekaligus berotot. Untuk grillnya sendiri terihat besar dan garang berkat dilabur warna hitam yang mana dari segi tampilan tetap mengimplementasikan bentuk Tiger-Nose sebagai ikoniknya. Sebagai informasi, grill yang digunakan mempunyai nama baru, yaitu Digital Tiger Face.

Melihat sistem pencahayaannya, menurut kami KIA Sportage 2022 terlihat begitu unik. Pasalnya mobil ini diaplikasikan lampu day-time running light (DRL) LED berbentuk boomerang yang dibuat saling berhadapan. Sedangkan untuk lampu utamanya diletakan di samping sisi luar dengan teknologi LED berbentuk kotak model bertumpuk.

KIA Sportage 2022

Di bawah lampu utamanya sendiri terdapat foglamp dengan teknologi LED dengan rumah lampu berdesain menyudut yang dikelilingi garnish berkelir perak. Di bagian tengah bumper bawah, mobil ini juga diaplikasikan under guard yang berfungsi untuk melindungi kolong mobil serta memberikan kesan tangguh pada KIA Sportage 2022.

KIA Sportage 2022

Sisi samping KIA Sportage 2022

Bergeser ke sisi sampingnya, KIA Sportage 2022 tak hanya terlihat tangguh, namun juga mempunyai tingkatan aerodinamis yang cukup baik. Hal ini dikarenakan SUV terbaru KIA tersebut memiliki tarikan garis desain body lebih kuat khususnya pada bagian pinggang. Di atas roda belakang, mobil ini juga mempunyai lekukan garis tegas yang menonjolkan permukaan bodi dengan tampilan gambot namun tetap terlihat proposi.

Guna menampilkan kesan SUV modern yang tangguh sekaligus prestisius, mobil ini turut diaplikasikan roof rail pada bagian atap serta list memanjang berwarna silver. Mengenai lingkar roda, KIA Sportage 2022 disematkan velg R18 yang diselimuti ban berprofil 235/60 dengan desain atraktif bermodelkan two-tone.

KIA Sportage 2022

Agar semakin agresif sekaligus mencirikan ketangguhan sebuah mobil SUV, mobil ini mendapatkan body cladding yang dikombinasikan garnish dengan kelir perak dan tak ketinggalan over fender wana hitam di atas roda.

KIA Sportage 2022

Tampilan belakang KIA Sportage 2022

Beranjak ke bagian buritannya, mobil ini terlihat semakin provokatif. Hal tersebut dibuktikan dari sistem pencahayaannya yang telah menggunakan teknologi LED dan banyak mengaplikasikan lekukan tajam. Pada stoplampnya sendiri memiliki bentuk v-shape yang saling berhadapan dan seolah terhubung berkat adanya garnis di tengah.

KIA Sportage 2022

Di atas, mobil ini dilengkapi dengan spoiler serta high mount stoplamp. Untuk kacanya sendiri sudah mendapatkan defogger. Pada bumpernya, KIA Sportage 2022 bukan hanya menampilkan kesan mewah namun juga terlihat sporty. Hal ini dibuktikan dengan adanya kombinasi warna hitam serta dipadukannya aksen krom di bumper terluarnya dengan tambahan diffuser.

Baca juga : Galeri Foto KIA Carens 2022, MPV Keluarga 7 Penumpang Yang Kini Naik Kelas Tantang Toyota Kijang Innova

KIA Sportage 2022: Interior

KIA Sportage 2022

Interior KIA Sportage 2022

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, untuk interior kami tidak bisa melihat secara lebih dekat. Namun bentuk yang diterima mobil ini, pada bagian dalamnya terlihat sama seperti Sportage yang telah lebih dulu dijual di beberapa negara.

Dibangun menggunakan filosofi "Opposites United", Untuk sistem hiburannya sendiri mempunyai tampilan lebar dan dibuat seolah menyambung dengan pusat informasi kendaraan atau panel meter cluster.

KIA Sportage 2022

Membawa kesan prestisius, beberapa tombol pengaturan untuk menjalankan fiturnya diletakan pada consol tengahnya yang juga terasa begitu ergonomis.

Tampilan lainnya, kisi-kisi AC mobil ini terlihat begitu unik dan atraktif. Untuk tuas transmisinya sendiri menggunakan model putar dengan teknologi shift-by-wire, dimana untuk nuansa kabinnya sendiri menggunakan kombinasi dua warna yang terasa soft.

KIA Sportage 2022: Jantung Pacu

KIA Sportage 2022

Menyoal jantung pacu, KIA Sportage 2022 mempunyai dua pilihan mesin, pertama bensin 1.6-liter TGDI turbocharged 4 silinder yang dapat menghasilkan tenaga 179 PS dengan torsi 265 Nm. Putaran mesin yang dihasilkan mesin ini kemudian dikawinkan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis dual-clutch 7-percepatan dengan paddle shift.

Pilihan lainnya, Sportage ditawarkan mesin diesel 2.0-liter turbocharged dengan perolehan tenaga 289 PS serta torsi puncak mencapai 416 Nm. Berbeda dengan mesin bensin, varian dieselnya hanya disuguhkan pilihan transmisi otomatis 8-percepatan.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru