window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel

Yongki Sanjaya · 14 Mar, 2022 12:30

Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel 01

Tanpa diduga, PT Kreta Indo Artha turut menampilkan sosok Kia Sportage di gelaran Jakarta Auto Week 2022. Medium SUV ini hadir dengan penambahan revolusioner dari garis desain radikal. Secara spesifikasi, apakah Kia Sportage akan mampu mengungguli Wuling Almaz yang sama-sama SUV medium?

Bisa jadi iya dari aspek pilihan mesinnya, karena Kia Sportage kabarnya punya opsi mesin diesel sebagaimana model-model Kia yang sudah muncul sebelumnya. Sementara itu, Wuling Almaz cuma mengandalkan mesin bensin dengan sokongan turbo.

Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bila melihat yang sudah-sudah, jenis mesin yang digunakan mobil Kia biasanya ada kesamaan dengan mobil Hyundai. Ini karena Kia dan Hyundai masih tergabung dalam satu grup sehingga mereka kerap mengembangkan mesin bersama-sama.

Tak menutup kemungkinan, mesin yang digunakan oleh Kia Sportage akan mendapatkan dua varian serupa dengan milik Hyundai Santa Fe yang sudah hadir terlebih dahulu. Artinya, Kia Sportage bakal punya opsi mesin diesel. 

Calon Spesifikasi Mesin Kia Sportage, Punya Tenaga yang Oke di Medium SUV

Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel 01

Kia Sportage ini dibangun dengan platform serupa dengan Hyundai Tucson, bukan Santa Fe yang kelasnya di segmen peralihan mid to high end. Artinya, Sportage akan mengisi segmen SUV medium yang kelasnya di atas Kia Seltos. Segmen ini sebelumnya sudah banyak pemain kawakan seperti Wuling Almaz atau Honda CR-V yang sama-sama SUV monokok. 

Untuk versi luar, Kia Sportage hadir dalam mesin bensin dan diesel. Mesin bensinnya berkapasitas 1.6 liter turbocharged dengan output 177 hp dan torsi 265 Nm. Varian ini hadir dengan transmisi manual enam kecepatan standar atau otomatis tujuh kecepatan kopling ganda yang bisa berpindah gigi memakai paddle shift. 

Jika Anda masih lebih suka sensasi mesin diesel, Kia menghadirkan Sportage bermesin diesel 2.0 liter baru yang menghasilkan 183 hp dan 417 Nm.  Memilih diesel berarti Anda tidak akan dapat opsi dual clutch karena hanya tersedia transmisi otomatis delapan kecepatan. Mirip seperti Sonet, Kia Sportage juga memiliki beberapa mode berkendara yang menyesuaikan medan yang dilalui yakni mode Drive, Comfort, Eco, Sport, dan Smart. 

Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel 02

Pengemudi dapat mengubah pengaturan kendaraan agar sesuai dengan jenis medan, termasuk lumpur, pasir, dan salju.  Kia juga menambahkan suspensi kontrol elektronik baru pada suspensi dengan kontrol redaman real-time yang sayangnya hanya tersedia dalam varian AWD dan belum tentu masuk Indonesia. Untuk penggerak seluruh roda akan dikontrol secara elektronik untuk pengiriman daya yang optimal.

Dimensi Kia Sportage, Membesar Demi Kenyamanan

Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel 03

Berbicara soal ukuran, Sportage 2022 memiliki panjang 4.660 milimeter (183,5 inci), lebar 1.865 mm (73,4 inci), dan tinggi 1.660 mm (65,3 inci), dengan jarak sumbu roda 2.755 mm (108,4 inci).  Menurut Kia, proporsi ini ukurannya membesar sebagai dampak pemakaian platform baru. Dampak positifnya memberikan ruang kepala, ruang kaki, dan kapasitas cukup besar (637 liter).

Spesifikasi Mesin Wuling Almaz, Tenaganya Kalah Istimewa

Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel 04

Wuling Almaz menjadi produk yang sukses di pasaran. Selama kurun waktu tersebut, Wuling merangkum wholesales sebanyak 13.484 unit. Secara spesifikasi, Almaz ini punya mesin yang oke serta fitur yang tak kalah menarik dibandingkan merek Jepang terlaris seperti Honda CR-V. 

Wuling Almaz hadir dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1,5 L dengan turbocharger by Honeywell. Tenaga dari mesin itu adalah 140 hp pada 5.300 rpm dan torsi puncak 250 Nm yang tersedia pada rentang 1.600 – 3.600 rpm. Transmisi CVT ini bertugas mengirim output ke penggerak roda depan.

Wuling Almaz perlu mengakui spesifikasi Kia Sportage yang unggul secara tenaga dan varian. Jamak kita ketahui kalau mesin diesel karakternya punya torsi besar di putaran bawah. Tenaganya makin jumawa karena ada turbocharged di mesin diesel Sportage.

Dimensi Wuling Almaz, Harus Akomodir Hingga 7-seater

Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel 05

Bicara soal ukuran, Wuling Almaz ini hanya sedikit lebih kecil daripada Kia Sportage. Sebagai informasi, dimensi Wuling Almaz panjangnya 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm dan Wheelbase 2.750 mm. 

Bila membandingkan posturnya, Almaz dengan ukuran lebih pendek tapi lebih tinggi sehingga punya ruang kepala yang luas. Uniknya, Almaz bahkan menyediakan varian untuk 7-seater sehingga bisa membawa penumpang lebih banyak daripada Sportage yang berkonfigurasi 5-seater saja. 

Perbandingan Spesifikasi Kia Sportage vs Wuling Almaz, Merek Korea Punya Mesin Diesel 06

Namun konsekuensinya, penumpang dewasa di baris ketiga biasanya akan merasa sempit karena keterbatasan ruang. Alhasil, kursi baris ketiga hanya cocok untuk anak-anak. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil