window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Saingan Berat Toyota Alphard, Volvo EM90 MPV Sudah Diincar Orang Kaya di Indonesia

Prasetyo · 1 Des, 2023 16:01

volvo em90 mpv 2024

Kemunculan Volvo EM90 MPV beberapa waktu lalu secara global rupanya mendapat sambutan dari konsumen Volvo di Indonesia, bahkan sudah ada yang menanyakan apakah mobil tersebut juga akan dijual di Tanah Air.

Itulah penuturan dari Haryanto Djayaputra, GM Operations Volvo Cars Indonesia ketika ditemui di Jakarta, Jumat (01/12/2023).

Menurut dia sudah ada beberapa konsumennya yang bertanya perihal Volvo EM90.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Ada, sudah ada beberapa yang tanya ke kita," ucap Haryanto.

Baca juga: Volvo EM90 Resmi Dirilis, Toyota Alphard Tak Lagi Terlihat Mewah

Volvo EM90 Juga Akan Masuk Indonesia?

volvo em90 mpv 2024

MPV listrik premium pertama dari Volvo

Meski dirinya mengakui jika MPV listrik Volvo itu menarik minat konsumen di Tanah Air, namun pihaknya belum bisa memastikan apakah akan memboyong mobil baru Volvo tersebut ke Indonesia.

"Kita belum dapat info lebih jauh soal itu, karena target pasarnya memang baru di China," sebut Haryanto.

Ia mengamini jika kehadiran Volvo EM90 memang sangat menarik di industri otomotif, mengingat ini adalah MPV pertama dari Volvo.

"Ya kalu kita lihat dari bentuk, desain, dan teknologinya memang sangat menarik, ya apalagi ini adalah MPV pertama dari Volvo dan sudah full electric," katanya.

volvo em90 mpv 2024

Bisa jadi lawan berat Toyota Alphard hingga Lexus LM

Meski begitu dirinya pun menegaskan kalau untuk rencana tahun depan, Volvo masih berfokus pada model-model SUV, termasuk model elektrifikasi.

"Awalnya Volvo itu brand yang fanatisme, namun beberapa tahun belakangan ini banyak kastemer-kasetemer baru kita yang tadinya pakai mobil lain dan melihat Volvo punya produk yang menarik.

Apalagi kita sudah sangat kuat dari sisi safety product, dan kini kita tingkatkan melalui layanan after sales dengan personal touch, sehingga kedekatan kita dengan konsumen benar-benar dibuat personal, disitu timbul kepercayaan dari banyak pihak tentang brand Volvo," jelasnya.

Namun sayang, Haryanto belum mau menyebut mobil baru Volvo apa lagi yang akan dipasarkan di Indonesia tahun depan.

Baca juga: Viral Mobil Volvo Tabrak Rumah Tapi Tetap Utuh, Netizen Malah Komentar Begini

Spesifikasi Volvo EM90 MPV

volvo em90 mpv 2024

Ada headunit 15,4 inci di dasbor

Sekilas mengenai EM90, ini adalah mobil full electric pertama Volvo yang berjenis MPV Premium, dan merupakan rebadge dari Zeekr 009 buatan Geely dan diproduksi di China.

MPV ini dilengkapi baterai 116 kWh dan terhubung dengan motor electric sehingga sanggup memproduksi daya puncak sebesar 200 kW (272 PS).

Kemampuan akselerasi mobil ini dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya 8,3 detik, dan baterainya diklaim bisa memberikan jangkauan hingga 738 km sekali cas.

Jika baterai kehabisan daya listrik, maka menggunakan fasilitas fast charging saat mengisi kondisi 10% menuju 80% hanya butuh kurang dari 30 menit.

volvo em90 mpv 2024

Ada 21 speakers Bowers & Wilkins di area kabin

Beberapa fitur unggulan dari EM90 adalah keberadaan monitor 15,4 inci yang berdiri di tengah-tengah dasbor.

Headunit ini dilengkapi dengan kekuatan komputasi yang disediakan oleh Snapdragon® Cockpit Platforms dari Qualcomm Technologies sebagai standar dan konektivitas 5G.

Kemudian untuk penumpang belakang ditambahkan pula monitor 15,4 inci di plafon dengan sistem lipat.

Jangan khawatir soal kualitas audio dan video dari layar entertainment tersebut, sebab audio system dari Bowers & Wilkins dengan total 21 speakers telah tertanam di seluruh ruang kabin Volvo EM90 yang bisa berubah jadi area bioskop atau konser pribadi bagi Anda saat berpergian.

Satu hal lagi yang menarik dari sistem perintah suara di mobil ini, selain untuk mengakses berbagai fitur dan kemampuan lain di headunit, ternyata jga bisa untuk mengubah posisi jok, membuka tutup kaca jendela, mengatur AC dan ambient light di kabin kendaraan tersebut.

Tentu saja kehadiran MPV listrik dari Volvo ini bisa jadi pesaing serius Toyota Alphard hingga Lexus LM yang selama ini menguasai pasar MPV premium.

Baca juga: Toyota Alphard dan Vellfire 2023 Udah Ada Sekennya, Harga 2X Lebih Mahal!

@autofun.indonesia Mobil Wajib Orang Berduit, Kenapa Begitu Ya? #mobilbekas #reviewmobil #mobilmewah #mobilseken ♬ soul jazz old school groove full length - EXCLUSIVE TO POND5 - InstantClassix

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Volvo XC90 T5 Momentum

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia