window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Seakan Sudah Jadi Aksesoris Wajib, Apakah Talang Air Mobil Masih Perlu Dipasang?

Prasetyo · 13 Jul, 2022 10:09

Seakan Sudah Jadi Aksesoris Wajib, Apakah Talang Air Mobil Masih Perlu Dipasang? 01

  • Talang air biasanya jadi aksesoris resmi yang beli mobil baru.
  • Talang air mobil memang memiliki beberapa manfaat buat pengemudi.
  • Side door visor masih menjadi aksesoris optional.

Door visor alias talang air saat ini mungkin menjadi aksesoris wajib yang akan diberikan oleh para dealer mobil baru. Sebagian menyakini kalau talang air mobil akan mencegah masuknya air ke kabin mobil pada saat hujan dan kaca jendela sedikit terbuka.

Sebagian pengguna door visor juga mengungkapkan kalau keberadaan perangkat ini cukup menguntungkan bagi para pengemudi perokok. Pasalnya, asap rokok bisa menyelinap ke luar kabin dengan cara kaca jendela dibuka sedikit.

Tapi apakah sebenarnya talang air mobil ini memang benar-benar bermanfaat? Haruskah komponen tersebut jadi aksesoris resmi yang sudah wajib ada di setiap mobil baru?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Ini 3 Penyebab Wiper Mobil Tidak Bekerja Maksimal, Antisipasi Hujan Lebat Saat Mudik!

Peminat Talang Air Mobil Mulai Berkurang

Seakan Sudah Jadi Aksesoris Wajib, Apakah Talang Air Mobil Masih Perlu Dipasang? 01

Talang air mobil

Dikutip dari Bestcarweb, Rabu (13/07/2022) sekitar 10 tahun lalu tingkat pemasangan door visor pada mobil sekitar 70-80 persen. Namun saat ini para dealer mobil baru yang mendapatkan permintaan talang air dari konsumen turun ke 60%.

Beberapa pelanggan yang masih membutuhkan side visor di kaca jendela ini adalah pelanggan yang merokok saat mengemudi. Sayangnya beberapa desain side visor memiliki desain yang sangat ramping dan pendek, misalnya yang dimiliki Lexus. Akibatnya para pelanggan Lexus juga hanya sekitar 20-30 persen yang meminta dipasang talang air.

Apakah Door Visor Bikin Dealer Untung?

Seakan Sudah Jadi Aksesoris Wajib, Apakah Talang Air Mobil Masih Perlu Dipasang? 02

Margin keuntungan pasang talang air cukup kecil bagi dealer

Keberadaan talang air mobil termasuk di Indonesia, kini seakan sudah jadi aksesoris resmi. Para dealer bahkan telah memasang perangkat berbahan dasar plastik ini sebelum unit mobil diserahkan ke konsumen saat proses delivery.

Dari sudut pengguna, pemasangan door visor seakan menjadi "pemasangan yang tanpa izin". Karena sejatinya itu hanyalah aksesoris optional. Tapi apakah visor ini sebenarnya meraup keuntungan cukup signifikan bagi dealer?

Seakan Sudah Jadi Aksesoris Wajib, Apakah Talang Air Mobil Masih Perlu Dipasang? 03

Talang air mencegah air hujan masuk ke kabin mobil

Ternyata tidak juga, satu tenaga penjual dari dealer Toyota di Jepang mengungkapkan kalau harga pengadaan suku cadang tersebut untuk mobil sekelas Toyota Yaris membutuhkan 15.000 yen atau kira-kira Rp1,6 juta. Adapun pemasangan visor untuk Toyota Alphard sekitar Rp3 juta. 

Itu belum termasuk biaya teknisi untuk pemasangan yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mobil kecil seperti Yaris dan 40-50 menit untuk mobil seperti Alphard. Adapun keuntungan dari pemasangan perangkat itu dikurangi upah teknisi hanya sekitar Rp1 juta per mobil. Jadi rasanya tidak ada trik khusus dari pada salesman untuk meraup keuntungan dari penjualan door visor.

Baca juga : Aksesoris yang Sebaiknya Tidak Dipasang di Mobil, Pengharum Mobil dan Cover Setir Bikin Bahaya?

Mobil Baru Terlihat Aneh Jika Tidak Pakai Talang Air

Seakan Sudah Jadi Aksesoris Wajib, Apakah Talang Air Mobil Masih Perlu Dipasang? 04

Masih pentingkah pemakaian talang air?

Karena sudah seperti aksesoris wajib, beberapa pelanggan di Jepang sering beradu argumen pada saat serah terima unit baru namun kendaraannya tidak terpasang door visor. Sebagian dari mereka mengatakan mobil jadi terlihat aneh.

Padahal pada dokumen serat terima mobil baru tertulis kalau door visor masuk dalam item optional. Sehingga ketika konsumen tidak menginginkannya maka tak akan dipasang. 

Jadi menurut Anda apakah talang air mobil itu penting dan harus terpasang?

Baca juga : Mitsubishi Pajero Sport Ralliart Dirilis Pakai Aksesoris Bertema Balap, Mending Mana Sama Toyota Fortuner GR Sport?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil