window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Segera Dirilis, Harga dan Spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro PHEV Bisa Bikin Pusing Lawan-lawannya

Prasetyo · 12 Apr, 2024 15:01

spesifikasi chery tiggo 8 pro phev

Berikut ini adalah spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro PHEV yang sepertinya sudah tinggal menunggu waktu peluncuran resminya di Indonesia.

Hal ini terlihat dari beberapa kali akun Instagram @cherymotorindonesia mengunggah cuplikan video reels mengenai sosok SUV berteknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) tersebut.

Misalnya pada unggahan video reels 9 April 2024 yang memperlihatkan sosok Chery Tiggo 8 Pro PHEV sedang melakukan pengisian daya baterai.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Langkah kecil menuju masa depan berkelanjutan dimulai di sini!

Bersama Chery dan kendaraan energi baru kami, bersiaplah untuk revolusi dalam pengalaman berkendara, di mana teknologi bertemu kelestarian.

Dengan TIGGO yang menawan dan inovasi plug-in hybrid, setiap perjalanan menjadi langkah nyata menuju dunia yang lebih hijau🌿" tulis keterangan pada kolom caption videl Instagram tersebut.

Kemudian di hari berikutnya (10/4/2024), terlihat kembali unggahan mengenai SUV ini yang seolah ingin menegaskan kalau kendaraan tersebut memiliki fitur V2L (Vehicle to Load) dengan aliran kabel yang bersumber dari mobil untuk digunakan sebagai pemasok daya listrik alat pembuat kopi.

"Mulailah petualangan menuju masa depan yang lebih hijau bersama Kendaraan Energi Terbaru dari Chery!

Siapkah Anda untuk pengalaman baru dalam berkemah di bawah langit terbuka?" tulis caption di Instagram tersebut.

Bahkan dari dua unggahan ini juga ada beberapa komentar yang cukup menarik, lantaran sejumlah akun yang kami perkirakan dari tenaga penjual beberapa dealer resmi Chery di Indonesia sudah berani membuka inden.

"Surprise🙌🔥 yg mau inden bisa Fita bantu😍", tulis akun @cherymanangmayjend_fita yang sepertinya satu tenaga penjual dari dealer Chery Mayjend Sungkono, Surabaya.

"Selamat malam kak msih open indent kak," tulis akun @tri_cherypluit yang juga besar kemungkinan adalah tenaga penjual dar dealer Chery Pluit, Jakarta Utara.

Baca juga: Angsuran Sampai 7 Tahun, Segini Cicilan Kredit Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro Setiap Bulannya

Harga dan Spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro PHEV

spesifikasi chery tiggo 8 pro phev

Tiggo 8 Pro Max yang sempat dimunculkan Chery di IIMS 2024

Seri Tiggo 8 Pro terbaru, sebenarnya sempat dimunculkan oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI) saat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung Februari lalu.

Hanya saja saat itu unit yang ditampilkan adalah Chery Tiggo 8 Pro Max.

Tetapi ketika dikonfirmasi di sela-sela IIMS 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rifkie Setiawan selaku Head of Brand Department CSI juga berujar jika setelah merilis Tiggo 5X, pihaknya akan segera meluncurkan Tiggo 8 Pro Max.

"Untuk Tiggo 8 Pro Max nanti menyusul dalam waktu dekat," kata dia saat itu.

Namun perlu diingat, Rifkie beberapa bulan sebelumnya juga sempat menyebutkan jika pihak CSI memang telah mempersiapkan model plug in hybrid untuk Tiggo Series yang akan meluncur di 2024.

Apakah ini berarti Chery akan merilis Tiggo 8 Pro Max dan Tiggo 8 Pro PHEV di Tanah Air dalam waktu yang bersamaan? Mungkin saja.

spesifikasi chery tiggo 8 pro e+ phev

Di Malaysia diperkenalkan dengan nama Tiggo 8 Pro e+

Apalagi Tiggo 8 Pro PHEV sebenarnya juga sudah pernah diperkenalkan di negara tetangga, Malaysia dengan nama resmi Chery Tiggo 8 Pro e+.

Selain itu, mobil ini juga bahkan telah dipasarkan secara resmi di Filipina, dan menjadi varian tertinggi dari Chery Tiggo 8 di negara tersebut.

Jadi sepertinya tidak ada rintangan lagi untuk memasarkan mobil hybrid dengan sistem plug-in untuk baterainya itu.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Bisa Skak Mat Kalau Chery Tiggo 2 Pro Masuk Indonesia

Spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro e+PHEV

spesifikasi chery tiggo 8 pro phev

Secara desain masih identik dengan Tiggo 8 Pro mesin bensin turbo

Seri Tiggo PHEV dibangun dengan teknologi PHEV ala Chery yang dikombinasikan dengan teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT), yaitu terdiri dari 3-engine, 3-speed, 9-mode, 11-speed.

Berbeda dengan Tiggo 8 Pro versi sebelumnya yang sudah dipasarkan di Indonesia dan memakai mesin bensin 2.000 cc turbo, maka untuk versi PHEV ini akan dipasang mesin bensin 1.5L turbo.

Mesin tersebut kemudian dikombinasikan dengan dua motor elektrik dan baterai berkapasitas 19,27 kWh.

Motor listriknya diklaim mampu menghasilkan daya 70 kW (95 PS) dan torsi 155 Nm, sementara baterainya memungkinkan mobil ini melaju dengan mode full electric hingga sejauh 95 km.

Adapun saat mesin bensin dan motor listrik bekerja secara simultan, maka Tiggo 8 Pro e+PHEV bisa memproduksi daya puncak 320 PS dengan torsi mencapai 545 Nm.

spesifikasi chery tiggo 8 pro phev

Struktur mesin, baterai dan motor listrik dari spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro PHEV

Chery mengklaim, konsumsi BBM-nya tergolong sangat hemat karena hanya menghabiskan 1 liter per 78 km, sedangkan akselerasi 0-100 km/jam dapat diraih di bawah 7 detik saja.

Sementara itu beberapa fitur unggulan di mobil ini antara lain sudah terpasang head unit LCD 12,3 inci yang berfungsi ganda sebagai infotainment system dan juga meter cluster bagi pengemudi.

Perangkat tersebut juga telah memiliki kemampuan konektivitas Bluetooth dan Apple CarPlay serta Android Auto, tak ketinggalan ersambung juga dengan 8 speaker dari Sony.

Lantas ada juga fitur wireless charging, AC Auto Climate Control, jok pengemudi dan penumpang dengan pengaturan elektrik 6 arah serta telah dilapisi bahan kulit, Multicolor Ambient Light, dan Panoramic Sunroof.

Untuk perangkat keselamatannya juga sudah lengkap, seperti 6 Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Program (ESP), Brake Assist (BA), Brake Override System (BOS), Hill Assist Control (HAC), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hill Descent Control (HDC), dan Traction Control (TC).

spesifikasi chery tiggo 8 pro phev

Tema warna kabinnya hitam

Selain itu ada juga Adaptive Cruise Control (ACC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Emergency Brake Assists, Electronic Parking Brake with Auto Hold, dan 10 fitur ADAS untuk menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang di dalamnya. 

Spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro e+PHEV di Filipina
Dimensi
Panjang 4.722 mm
Lebar 1.860 mm
Tinggi 1.746 mm
Jarak sumbu roda 2.710 mm
Jarak ke tanah 196 mm
Ukuran roda 235/55/ R18
Kapasitas tangki BBM 45 liter
Mesin
Tipe mesin 1.5 TCI PHEV DHT
Kapasitas silinder 1.496 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 320 PS
Torsi maksimum 545 Nm
Tipe motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor
Jumlah motor listrik 2
Daya motor listrik 70 kW
Torsi motor listrik 155 Nm
Kapasitas baterai 19,27 kWh
Tipe baterai Lithium-ion
Transmisi Dedicated Hybrid Transmission
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Multi link Independent
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Disc

Baca juga: Fitur Baru Chery Omoda E5 Lebih Manjakan Pemilik, Makin Value for Money

Perkiraan Harga Chery Tiggo 8 Pro e+ PHEV

Segera Dirilis, Harga dan Spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro PHEV Bisa Bikin Pusing Lawan-lawannya 06

Untuk pasar Malaysia, memang baru Tiggo 8 Pro yang resmi dijual, namun Chery Tiggo 8 Pro PHEV sudah dijajakan di Filipina.

Sebagai informasi, disana, Tiggo 8 versi hybrid ini dijual 2.698.000 Peso atau kira-kira Rp765 jutaan dengan kurs terbaru Rupiah terhadap Peso di April 2024.

Sementara untuk varian lain dari Tiggo 8 Pro di Filipina, Chery memasarkan SUV tersebut dengan opsi mesin 1.6L Turbo yang harganya 1.698.000 Peso atau kira-kira setara Rp481 jutaan.

Adapun kalau mau berkaca pada kondisi di Indonesia, Tiggo 8 Pro diniagakan dalam dua varian tipe yakni Luxury dan Premium yang keduanya pakai mesin 2.0L Turbo.

Masing-masing harganya Rp 528.500.000 untuk tipe Luxury dan Rp 558.500.000 untuk tipe Premium.

Kalau di Filipina saja selisih harganya antara Tiggo 8 Pro dan Tiggo 8 Pro e+ PHEV bisa sampai Rp200 jutaan, mungkin saat dipasarkan di Indonesia harga Tiggo 8 Pro hybrid ini juga bisa sentuh di angka Rp 700 jutaan.

spesifikasi chery tiggo 8 pro phev

Harga Toyota Fortuner termahal di Indonesia Rp735 jutaan

Tapi dengan harga segitu, rasanya masih cukup kompetitif karena Tiggo 8 Pro PHEV menawarkan mesin bertenaga tapi tetap irit bahan bakar.

Mengingat saat ini harga Toyota Fortuner 2.8 GR Sport saja sudah di rentang Rp640 jutaan - Rp735 jutaan, begitu pula dengan harga Mitsubishi Pajero Sport tipe tertinggi sudah di angka Rp745 jutaan.

Kalau Chery bisa memasarkan Tiggo 8 Pro hybrid dengan harga Rp 690 jutaan - Rp 710 jutaan, pasti akan jadi sangat menarik bagi pasar di kelasnya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Chery Tiggo 8 Pro Luxury 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil