window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sekennya Anjlok Setara Calya Bekas, Ini Kelebihan dan Kekurangan Tata Safari Storme

Enda · 11 Jul, 2022 13:00

Kelebihan dan Kekurangan Tata Safari Storme

Tak hanya kendaraan komersil, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) juga sempat fokus bermain di segmen mobil penumpang. Salah satu produk flagshipnya yang sempat meramaikan kancah otomotif Tanah Air adalah Tata Safari Storme.

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013, mobil jenis SUV 7-seater pesaing dari Pajero dan Fortuner ini terkenal tangguh serta sangat dibanggakan di negara asalnya. Bicara sekennya, saat ini Safari Storme ditawarkan mulai dari Rp100 jutaan. Itu artinya, harga seken SUV jenama Bollywood tersebut setara dengan Calya bekas lansiran 2016.

Tertarik membeli Tata Safari Storme? Apabila kalian kepincut, ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan mobil ini melalui ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Keunggulan Tata Super Ace HT yang Tidak Dimiliki Pesaingnya Saat Dipakai Jadi Angkot Tangerang

Kelebihan Tata Safari Storme

1. Tata Safari Storme Tangguh dan Juga Tampil Modern

Kelebihan dan Kekurangan Tata Safari Storme

Tata Safari Storme terasa tangguh

Sebagai mobil SUV, secara penampilan mobil ini terlihat tangguh. Hal tersebut dibuktikan dari bentuknya dimana Tata Safari Strome begitu kokoh, modern sekaligus stylish berkat tampangnya yang terlihat maskulin.

Di bagian depan, untuk sistem pencahayaanya mobil ini telah disematkan lampu projector HID yang mampu menghasilkan bias cahaya secara fokus yang dapat memberikan keamanan serta kenyamanan saat berkendara di malam hari.

Memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.922 mm, serta ground clearance mencapai 200 mm, mobil ini mempunyai jarak antara center muffler dengan permukaan tanah yang terbilang tinggi. Dengan begitu Safari Strome terasa mudah saat digunakan berpetualang melewati jalan berbatu tanpa khawatir mentok dengan objek besar di luar mobil.

2. Tata Safari Strome Nyaman Saat Digunakan Melibas Medan Off Road

Kelebihan dan Kekurangan Tata Safari Storme

Tata Safari Strome masih nyaman digunakan off road

Umumnya mobil SUV dengan sasis jenis ladder frame memiliki bantingan yang cenderung stiff saat melewati jalan berkontur seperti saat melibas medan off road. Namun untuk gejala tersebut, pada Tata Safari Storme mampu diminimalisir dengan baik.

Karenanya saat digunakan melewati jalan yang berbatu, Safari Storme terasa lembut. Memiliki bantingan yang empuk, tentu setiap orang yang berada didalamnya akan merasa nyaman selama berkendara.

Sebagai informasi, untuk suspensinya pada bagian depan Tata Safari Storme menggunakan Independent Double Wishbone Type with Coil - Springs Over Shock Absorber. Sedangkan di belakang memakai 5-Link Suspension with Coil Springs.

3. Sistem Pengereman Tata Safari Strome Cukup Baik

Kelebihan dan Kekurangan Tata Safari Storme

Sistem pengereman Tata Safari Strome dilengkapi ABS dan EBD

Guna memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara, pada sistem pengeremannya Tata Safari Strome menggunakan ventilated disc brake di depan dan drum brake di bagian belakang yang telah dibekali dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). Seperti yang diketahui teknologi ini merupakan sistem rem canggih untuk mencegah selip saat terjadi pengereman jarak pendek (mendadak). 

Namun sayang, pada fitur keselamatannya ini belum dilengkapi dengan airbags yang diketahui mampu mengurangi cedera saat mengalami benturan cukup kencang.

4. Bermodalkan Mesin Diesel 2.2 dengan Turbocharger, Tarikan Awal Teras Responsif.

Kelebihan dan Kekurangan Tata Safari Storme

Mesin diesel turbocharger 2.2L DiCOR

Tata Safari Strome disematkan mesin diesel berkode TATA 2.2L DiCOR turbocharger 4 Silinder Segaris, VTT, DOHC Common Rail Direct Injection. Di atas kertas mesin penenggak solar berkubikasi 2.179 cc tersebut mampu meletupkan tenaga sebesar 150 PS di putaran 4.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 320 Nm di angka 1.700 - 2.700 rpm.

Memiliki torsi yang cukup besar, untuk tarikan awalnya Tata Safari Strome terasa cukup nendang. Namun sayang, pada tarikan atasnya mobil ini justru terasa sedikit boyo.

Baca juga: Bermodal 5 Kelebihan, Tata Xenon XT Double Cabin 4x4 Masih Kewalahan Hadapi Triton dan Hilux

Kekurangan Tata Safari Strome

1. Layout Dashboard Terlihat Aneh

Kelebihan dan Kekurangan Tata Safari Storme

Tampilan dashboard Tata Safari Strome terlihat aneh

Untuk tampilan dashboardnya Tata Safari Strome terlihat aneh. Modelnya sendiri dibuat rendah dengan bentuk yang menurut kami kurang begitu proposional.

Namun dengan desainnya yang dibuat merendah, membuat pandangan mengemudi menjadi lebih leluasa. Benar saja saat singgah di balik roda kemudi, pandangan kedepan terasa jelas.

2. Tata Safari Strome Minim Fitur

Bicara soal fitur unggulan mobil ini terlihat sangat minim, walau statusnya sebagai sebuah SUV. Seperti yang terlihat, pada sistem hiburannya hanya bisa menggunakan audio single din. Begitupun speakernya, mobil ini hanya dilengkapi dengan empat buah pengeras suara model split tanpa tweeter yang ditempatkan di balik door trimnya.

Di center clusternya, tepat di atas head unit terdapat pengaturan sistem pendingin udara dengan beberapa arah semburan model putar yang terlihat jadul. Meski begitu mobil ini telah dilengkapi AC double blower di plafon antara baris pertama dan kedua, power window, electric mirror dan pengaturan tinggi rendahnya lampu yang dapat disesuaikan.

3. Power Steering Terasa Berat

Supaya memudahkan pengemudi saat memutar setir, maka Tata Safari Strome sudah dilengkapi dengan power steering. Namun tak seperti mobil modern pada umumnya yang telah menyematkan teknologi EPS, di Safari Strome putaran yang dihasilkan cenderung terasa berat karena masih menggunakan hidrolik seperti mobil jadul.

Power steering model hidrolik juga lebih rumit dalam perawatan. Karena kalian diwajibkan untuk selalu mengecek ketersedian oli power steering serta memastikan tidak ada rembesan oli supaya sistem dapat berkerja secara normal.

4. Jok Belakang Saling Berhadapan

Kelebihan dan Kekurangan Tata Safari Storme

Jok belakang Tata Safari Strome saling berhadapan

Secara kapasitas daya angkut penumpang, Tata Safari Strome sanggup diisi hingga tujuh orang sekaligus dalam sekali jalan. Namun sayang, pada jok belakangnya yang dapat disinggahi dua orang tersebut dibuat saling berhadapan sehingga mengurangi rasa nyaman dalam berkendara.

Jok model commando di baris ketiganya juga memiliki busa yang tipis serta belum dilengkapi seatbelt sehingga kurang aman digunakan oleh siapapun. Oh iya, untuk bukaan pintu belakangnya mobil ini menyamping, tidak seperti Pejero maupun Fortuner yang membukanya keatas selain lebih modern juga memberikan kemudahan dalam akomodasi.

5. Hanya Tersedia Transmisi Manual

Dengan alasan menyesuaikan karakteristik berkendara masyarakat Indonesia, saat diluncurkan pertama kali di Tanah Air TMDI menawarkan Tata Safari Strome dengan transmisi manual 5-percepatan. Untuk perpindahannya, transmisinya terasa berat sehingga pengemudi membutuhkan tenaga berlebih saat menaikan atau menurunkan gigi.

Kesimpulan

Memiliki harga bekas terjangkau seperti Calya seken, Tata Safari Strome bisa menjadi pilihan tepat untuk kalian yang sedang mencari sebuah SUV 7-seater dengan penampilan macho, nyaman digunakan serta memiliki tingkat durabilitas tinggi.

Namun yang perlu kalian perhatikan setelah meminang mobil ini adalah layanan purnajualnya, mengingat mobil asal India ini kini semakin sedikit untuk ketersedian bengkel resminya. Sebenarnya untuk spare part seperti kaki-kaki, dan masih mudah dijumpai di toko online, yang sulit hanya mendapatkan parts bodynya apabila mengalami kerusakan.

Baca juga: Duel Tata Ace EX2 Vs Daihatsu Hi-Max, Mana Pick Up Mungil yang Serba Bisa?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil