window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Harga Setara Honda Vario 160, Ini Bedanya Seres E1 Type L dan Type B

Enda · 20 Agu, 2023 09:00

Perbedaan Seres E1 Type L dan Type B

Pesaing terdekat Wuling Air ev (Spesifikasi | Berita), Seres E1 secara resmi diluncurkan di GIIAS 2023. Sebagai mobil listrik perkotaan dengan dimensi mungil, E1 lebih dari cukup memenuhi segala kebutuhan sehari-hari seperti pulang-pergi kantor atau antar-jemput anak sekolah.

Namun perlu diketahui Seres E1 untuk pasar Tanah Air hadir dalam dua varian, yakni Type L dan Type B. Sebagai varian teratas, Type L dibandrol Rp219 juta, sedangkan Type B diniagakan Rp189 juta OTR Jakarta. Memiliki selisih harga mencapai Rp30 juta, simak perbedaan dari keduanya berikut ini.

Seres E1 Type L Dilengkapi Roof Rail

Perbedaan Seres E1 Type L dan Type B

Seres E1 Type L

Seres E1 Type L maupun Type B untuk tampilan eksterior sekilas terlihat sama. Seperti yang bisa dilihat di bagian eksterior khususya fascia mobil ini tersematkan lampu dengan teknologi projector serta DRL LED.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbedaan Seres E1 Type L dan Type B

Roof rail E1 Type L

Bergeser ke sisi samping, kedua varian sudah diaplikasikan spion dengan pengaturan elektrik serta tambahan lampu sein pada cover. Tak hanya itu, kesamaan lainnya juga terlihat pada penggunaan velg alloy dual-tone berukuran 13 inci, stop lamp di bagian atas jendela belakang, kamera mundur pada pintu bagasi, serta sensor parkir di bumper. Sebagai pembeda, varian flagshipnya mendapatkan roof rail di bagian atapnya.

Baca juga: Wuling Air ev Kini Ada Versi Lite, Lebih Murah dari Seres E1

Interior Type B Tampil Lebih Sederahana

Perbedaan Seres E1 Type L dan Type B

Interior E1 Type L

Melihat nuansa interior daripada keduanya, baik Type L maupun Type B mendapatkan aksen wood panel di bagian dashboard dengan membawa nuansa cerah berkat penggunaan warna biru muda. Selain dashboard, warna serupa turut diaplikasikan pada door trim, jok, serta beberapa komponen lainnya.

Perbedaan Seres E1 Type L dan Type B

Interior E1 Type B

Uniknya, kedua tipe juga dibekali kontrol AC dengan panel sentuh, desain e-Shift Selector yang unik, kemudian instrument cluster full digital berukuran 7 inci model floating yang tampak begitu futuristik sekaligus informatif. Hanya saja pada Type L, Seres E1 mendapat head unit layar sentuh berukuran 8,8 inci model floating pada center cluster.

Perbedaan Seres E1 Type L dan Type B

Console tengah E1 Type L

Perberdaan lainnya terletak pada console tengah yang mana varian teratasnya sudah disematkan tombol Electric Parking Brake (EPB) serta Auto Hold. Sedangkan di tipe bawah, untuk mengaktifkan fitur parking bake masih dilakukan secara manual menggunakan tuas di tengah.

Baca juga: Minat Mobil Listrik Seres E1? Beli di GIIAS 2023 Cicilannya Enteng!

Fitur Keselamatan Keduanya Berbeda

Perbedaan Seres E1 Type L dan Type B

 Seres E1 Type B

Selain tampilan dan fitur yang ada di dalam, Seres E1 Type L dan Type B  juga memiliki perbedaan pada fitur keselamatan. Seperti yang diketahui, tipe teratasnya berhasil tersematkan Electronic Stability Control (ECS) with Traction Control System (TCS), Electric Parking Brake with Auto Hold serta Brake Assist.

Sebagai fitur keselamatan standar, keduanya dibekali Anti-lock braking System (ABS) with Electronic Brake Distribution, airbag system, Event Data Recording System, Automatic Lock & Collision Unlock, Pedestrian Warning Sound, Hill Hold Control, Cruise Control, Eco/Sport Mode, Energy Managing Display, Charging Status Display, Seat Belt Reminder, Isofix, Tire Pressure Monitoring System, Rear Parking Camera, dan Parking Sensor.

Seres E1 Type L Punya Tenaga Lebih Besar dan Jarak Tempuh Makin Jauh

Perbedaan Seres E1 Type L dan Type B

Jarak tempuh Seres E1 hingga 220 km

E1 Type L dibekali motor listrik bejensikan permanent magnet synchronous motor dengan penggerak roda belakang yang sanggup meletupkan tenaga 30 kW (40,7 PS) serta torsi hingga 100 Nm. Untuk penyimpanan daya listriknya berbekal baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 16,8 kWh yang sanggup menggerakan mobil sejauh 220 KM dalam sekali pengisian baterai. Pengecasan menggunakan tipe AC, dari kondisi 10-90% membutuhkan waktu 4 jam.

Berbeda dengan tipe diatasnya, E1 Type B menggunakan motor listrik dengan daya lebih rendah, yakni 25 kW (34 PS) dengan torsi 100 Nm. Mengaplikasikan baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh, jarak tempuh yang dihasilkan mencapai 180 KM, dengan lama waktu pengecasan 3,5 jam menggunakan pengisian AC untuk 10-90%.

Baca juga: First Drive Mobil Listrik Seres E1, Bukan Sekedar Harganya yang Menarik

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

DFSK Seres E1 Type B 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia