window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Rp33 Juta, Intip Perbedaan Mitsubishi Xforce Ultimate dan Exceed

Enda · 16 Agu, 2023 13:00

Perbedaan Mitsubishi Xforce Ultimate dan Exceed

Kehadiran Mitsubishi Xforce (Spesifikasi | Berita) melalui ajang GIIAS 2023 semakin menambah daftar pilihan SUV kompak 5-seater di Tanah Air. Hadir dengan menganut identitas desain New Generation Dynamic Shield serta konsep “Silky & Solid”, Xforce secara khusus dihadirkan untuk menjawab segala kebutuhan masyarakat Indonesia yang banyak melakukan aktifitas sehari-hari di dalam kota, serta suka berpergian ke luar kota di akhir pekan.

Sekedar informasi, untuk pasar Indonesia saat ini Xforce ditawarkan dalam dua varian, yakni Ultimate dan Exceed. Sebagai tipe flagship, Ultimate dibandrol Rp412,9 juta, sedangkan Exceed ditawarkan Rp379,9 juta OTR Jakarta.

Memiliki selisih harga mencapai Rp33 juta, simak beberapa perbedaan keduanya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Ada Orang Indonesia Dibalik Desain Mitsubishi Xforce yang Tampak Gagah

Terlihat Mirip, Mitsubishi Xforce Ultimate Dilengkapi Power Tailgate

Perbedaan Mitsubishi Xforce Ultimate dan Exceed

Mitsubishi Xforce Ultimate

Secara tampilan eksterior Mitsubishi Xforce Ultimate dengan Exceed memiliki bentuk yang mirip. Keduanya menganut konsep ‘Dynamic Shield’ dengan LED daytime running light berbentuk L shape tepat di bawah bonnet serta lampu utama LED di bawah LED bar. Selain itu keduanya juga mendapatkan lampu foglamp di bumper.

Seperti fascia, di bagian samping tipe Ultimate maupun Exceed sama-sama mendapatkan body cladding, wheel arch serta lampu sein pada cover spion. Keduanya juga memiliki desain velg serupa yakni model kipas yang dilabur warna dual-tone dengan ukuran 18 inci.

Hanya saja tipe Ultimate dilengkapi hansfree power tailgate with kick sensor, serta auto lightning control yang secara otomatis akan menyalakan lampu ketika melewati jalan gelap.

Nuansa Interior Varian Ultimate Dibungkus Kain Mélange

Perbedaan Mitsubishi Xforce Ultimate dan Exceed

Interior Xforce Ultimate

Beranjak ke bagian dalam, secara tampilan interior Mitsubishi Xforce Ultimate menampilkan kesan lebih mewah dan modern ketimbang Exceed. Meski begitu keduanya sama-sama menggunakan material soft touch di area dashboard serta door trim.

Seperti yang bisa dilihat pada varian flagshipnya, Xforce Ultimate dilengkapi horizontal axis instrument panel yang dibungkus kain mélange warna cerah serta perpaduan mocha pada jok. Kain mélange yang dilapiskan pada panel instrument serta beberapa bagian lainnya merupakan pertama kalinya dalam model Mitsubishi.

Menariknya di area dashboard tipe ini juga disematkan ambient lighting yang dapat memberikan kesan rileks, kenyamanan, sekaligus menampilkan kemewahan berkendara. Sedangkan pada varian Exceed, nuansa interiornya full hitam yang memberikan kesan sporty serta mudah dibersihkan ketika terkena noda.

Sistem hiburan yang disematkan pada center cluster pada tipe Ultimate dibekali head unit layar sentuh berukuran 12,3 inci dengan konektivitas CarPlay dan Android Auto wirless. Sedangkan varian dibawahnya, mobil ini disematkan head unti layar dengan ukuran 8 inci yang hanya mendapat CarPlay dan Android Auto.

Perbedaan Mitsubishi Xforce Ultimate dan Exceed

Dynamic Sound Yamaha Premium pada Xforce Ultimate

Dari segi kualitas suara, Xforce Ultimate menggunakan Dynamic Sound Yamaha Premium untuk sistem audionya. Speaker premium yang dikembangkan Mitsubishi Motors Corporation bersama Yamaha Corporation ini dapat merefleksikan suara asli sehingga memberikan kenyaman dengan menghasilkan kualitas suara tingkat atas.

Sound system ini selain bisa menyesuaikan volume suara serta menjaga kualitas suara, bass yang dihasilkan terasa hidup, dan nada-nada yang terdengar jernih bahkan saat mobil melewati permukaan jalan berkontur.

Untuk sistem audio Yamaha dengan kualitas premium yang diaplikasikan pada Xforce Ultimate sebanyak 8 buah. Dimana sepasang tweeter diletakan di depan pada cover pilar A, dua buah woofer di pintu depan, serta speaker coaxial dua arah di pintu penumpang belakang.

Berbeda dengan Ultimate, untuk varian dibawahnya menggunakan speaker standar berjumlah 6 buah dengan dua twetter di pilar A serta empat lainnya di pintu.

Baca juga: 5 Hal Menarik Mitsubishi Xforce, Punya Mode Berkendara Khusus Jalanan Indonesia

Perbedaan Mitsubishi Xforce Ultimate dan Exceed

Head unit serta panel instrument Xforce Exceed

Selain itu untuk pusat informasi berkendara Xforce Ultimate mendapat tampilan full digital 8 inci dengan nuansa mewah. Berbeda dengan Ultimate, tipe Exceed menggunakan tampilan analog untuk speedometer serta tachometer. Meski begitu tipe ini tetap mendapat layar MID 4,2 inci di tengah yang dapat menampilkan beberapa informasi seputar kendaraan.

Masih di area kabin, untuk varian teratasnya Xforce tersematkan fitur wirless charging yang memudahkan pengguna ketika ingin melakukan pengecasan hanya dengan meletakan smatphone. Bukan cuma itu, guna mejaga kualitas udara kabin yang sehat, tipe ini juga mendapatkan Nanoe X pada sistem pendingin udara.

Tipe Exceed Tidak Dilengkapi TPMS

Perbedaan Mitsubishi Xforce Ultimate dan Exceed

Menyoal fitur keselamatan berkendara, keduanya mendapatkan 4 airbags (driver, passenger dan side airbags), ABS, EBD dan BA.

Selain itu mobil ini juga memiliki beberapa fitur canggih seperti: Active Stability Control, Active Yaw Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, dan beberapa lainnya.

Namun sayang, di tipe Exceed pabrikan tidak melengkepinya dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan sensor parkir.

Xforce Ultimate Memiliki 4 Mode Berkendara

Perbedaan Mitsubishi Xforce Ultimate dan Exceed

Mode berkendara Xforce Ultimate

Mitsubishi Xforce Ultimate memiliki empat Mode berkendara, yakni; Normal, Wet, Gravel, Mud yang dapat dipilih guna menyesuaikan  kondisi jalan yang sedang dilalui. Termasuk juga “Wet Mode” yang pertama kali dibekali untuk model Mitsubishi Motors.

Wet Mode dikembangkan secara khusus untuk konsumen yang tinggal di wilayah dengan tingkat intensitas hujan yang terbilang tinggi. Mode ini dihadirkan secara khusus untuk meminimalisir kemungkinan kehilangan traksi dan pengendalian, sehingga tidak perlu khawatir melewati jalan yang tergenang banjir.

Baca juga: Mitsubishi Xforce Resmi Menantang Honda HR-V Cs, Apa Hebatnya?

Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Xforce Ultimate CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil