window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sering Disepelekan, Ternyata Ini Penyebab Lain Ban Tubeless Sering Kempes

Enda · 4 Jul, 2021 08:00

Sering Disepelekan, Ternyata Ini Penyebab Lain Ban Tubeless Sering Kempes 01

Penyebab ban kempes bukan hanya tertancap paku

Berbeda dengan ban jenis tubetype, ban tubeless tidak lagi memerlukan ban dalam sebagai tempat menyimpan angin. Ban tubeless diketahui memiliki keunggulan yang mana tidak akan langsung kempes apabila tertusuk paku maupun baut.

Meski begitu, terkadang paku atau baut yang menempel pada ban kerap kali disepelekan sehingga tekanan angin pada ban secara perlahan akan terus berkurang.

Selain karena tertancap benda yang tajam, ternyata ada penyebab lain yang bisa menimbulkan ban tubeless sering kempes. Apa saja penyebabnya? Berikut ulasannya.

Baca juga: Begini yang Akan Terjadi Kalau Meninggalkan Anak di Dalam Mobil, Gak Sampai 30 Menit Tewas!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Velg Mobil yang Bermasalah

Masalah pada velg yang sering menyebabkan ban kempes adalah kondisinya yang peyang dan karatan. Peyang di bagian velg menyebabkan dudukan ban tidak dapat menempel rapat sekaligus mengisolasi udara didalamnya.

Penyebab velg mobil menjadi peyang biasanya disebabkan karena mobil sering menghantam lubang dalam kecepatan yang tinggi. Dengan begitu lingkaran roda menjadi tidak sempurna.

Baca juga: Tiba-tiba Sesak Napas Saat Mengemudi, Kenali Perbedaannya Apakah Gejala Covid atau Penyakit Lain

Rusaknya Pentil pada Ban

Pentil ban yang terbuat dari karet dapat mengeras dan getas seiring berjalannya waktu. Hal ini menimbulkan keretakan di sekelilingnya. Udara yang ada di dalam ban menjadi keluar sehingga menyebabkan masalah kempes. 

Permasalahan yang dimulai dari pentil ban juga bisa disebabkan karena tidak terpasang dengan baik. Padahal tutup pentil berfungsi untuk melindungi katun ban agar tidak terkena kotoran debu. Jika tidak tertutup dengan baik, akhirnya kotoran tersebut dapat masuk dan merusaknya.

Karet Ban yang Sudah Getas

Karet ban yang sudah getas juga bisa menjadi salah satu penyebab terus berkurangnya tekanan angin pada ban. Pada dasarnya, ban memiliki batas waktu pemakaian setelah diproduksi. Sebaiknya kalian tidak menggunakan ban yang sudah diproduksi lebih dari 6 tahun lalu.

Meski dirasa masih tebal, tetapi bagian dinding ban mengalami keretakan. Jika sudah begitu tekanan angin di dalam ban akan terus berkurang.

Baca juga: Bukan Cuma Menambah Kegantengan, Ternyata Ini Fungsi Utama Strutbar yang Belum Banyak Orang Tahu

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil