SPKLU Ini Bisa Charge Mobil Listrik Cuma 3 Menit, Bakal Dibuat Lebih Banyak

Prasetyo · 20 Nov, 2022 09:02

SPKLU Ini Bisa Charge Mobil Listrik Cuma 3 Menit, Bakal Dibuat Lebih Banyak 01

  • Charge mobil listrik di tempat ini cuma butuh 3 menit.
  • Kalau mau isi dari kondisi baterai kosong sampai full kurang dari 15 menit.
  • Namanya The High Power dari Gridserve.

Charge mobil listrik yang memakan waktu lebih lama daripada isi BBM (Bahan Bakar Minyak) adalah masalah yang kerap dipertimbangkan seseorang. Khususnya bagi mereka yang mau mulai beralih menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV).

Saat ini sistem SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) alias charging station memang sudah banyak yang menggunakan mekanisme fast charging. Tapi kemampuan daya tertingginya baru sebatas 200 kilo watt (kW) yang oleh PLN disebut SPKLU Ultra Fast Charging.

SPKLU Ini Bisa Charge Mobil Listrik Cuma 3 Menit, Bakal Dibuat Lebih Banyak 02

SPKLU milik PLN maksimal punya daya 200 kW

Dengan pasokan daya sebesar itu, pengisian baterai mobil listrik hanya bisa paling cepat 30 menit. Perhitungan ini diklaim oleh PLN dalam kondisi baterai kosong hingga full. Tapi ternyata ada nih SPKLU yang bisa isi baterai cuma 3 menit saja.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Toyota Janjikan Bangun Charging Station Ditiap Dealer Hingga Rest Area

Gridserve The High Power, Charge Mobil Listrik Cuma 3 Menit

Dikutip dari rekan kami Autofun Thailand, sebuah operator jaringan pengisian daya listrik bernama Gridserve baru saja memperkenalkan sistem charging station mereka. Gridserve menamai produknya sebagai The High Power.

SPKLU Ini Bisa Charge Mobil Listrik Cuma 3 Menit, Bakal Dibuat Lebih Banyak 01

Charging stationd ari Gridserve

Charging station tersebut bisa menyalurkan daya hingga 360 kW. Jauh diatas SPKLU ultra fast charging milik PLN atau Tesla Supercharger yang punya daya 250 kW. Dengan kemampuan ini, mobil yang diisi daya baterainya selama 3 menit saja, sudah bisa melanjutkan perjalanan sampai 100 kilometer (km).

Sementara kalau mobil itu kondisi baterainya benar-benar kosong, maka butuh waktu pengisian maksimal 15 menit. Dengan daya yang besar, charging station itu juga siap jika ada kendaraan komersial seperti truk, bus, hingga traktor yang butuh pasokan daya listrik di perjalanan.

Baca juga: Kota Ini Punya Charging Station Mobil Listrik 10 Kali Lebih Banyak dari Pom Bensin, Indonesia Boleh Meniru

Bisa Dipasang di Pinggir Jalan atau Lahan Parkir

Pihak Gridserve menjelaskan, The Hogh Power memakai staiun pengisian baterai Terra360 yang diproduksi oleh ABB, sebuah perusahaan elektronik dari Swiss. Perusahaan ini sudah terkenal mampu menyediakan charging station dengan desain ringkas sehingga lokasi pemasangannya tak butuh tempat luas.

SPKLU Ini Bisa Charge Mobil Listrik Cuma 3 Menit, Bakal Dibuat Lebih Banyak 02

Lokasinya bisa di lahan terbatas

Charging station ini bahkan dapat terpasang di pinggir jalan atau lahan parkir. Kendaran listirk yang mengisi ulang daya baterainya juga bisa terparkir sejajar badan jalan. Disediakan dua soket CCS sekaligus sehingga antrian bisa makin diminimalisir.

Baca juga: Astra Otoparts Bangun Jaringan Charging Station Mobil Listrik, Dilengkapi Pengaman Ketika Banjir

Baru Uji Coba di Inggris

Pengisian daya listrik berdaya tinggi ini baru tahap uji coba. Pemasangannya pun cuma ada di Braintree Electric Forecourt yang berlokasi di Braintree, Essex, Inggris. Tapi Gridserve berencana untuk menyediakannya lebih luas. 

SPKLU Ini Bisa Charge Mobil Listrik Cuma 3 Menit, Bakal Dibuat Lebih Banyak 03

Charging station dengan 350 kW

Hal tersebut mengingat mobil listrik mulai membutuhkan suplai kapasitas pengisian daya baterai hampir 360 kW. Saat ini sudah ada Porsche Taycan dengan daya pengisian maksimal 270 kW, dan Lucid Air yang mampu mendukung daya pengisian hingga 350 kW.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Porsche Taycan Turbo S Plus

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru