Suzuki New Carry Lebih Irit Berkat Mesin Ertiga

Alex · 26 Mei 2020 12:00

Suzuki New Carry terkenal akan kehematan bahan bakarnya. Citra tersebut memang sengaja dijaga oleh PT Suzuki Indomobil Indonesia dan seolah meneruskan citra yang sama dengan generasi sebelumnya.

Kehematan bahan bakar memang juga salah satu aspek penting dalam pemilihan mobil niaga seperti New Carry ini. Pengusaha mana yang tak mau armadanya irit bahan bakar hingga menghasilkan keuntungan bisnis yang baik?

Bicara kehematan bahan bakar, Suzuki New Carry sendiri mengusung mesin yang benar-benar baru. Tidak ada sisa sedikitpun mesin lawasnya. Dengan mesin baru yang diusungnya kini, New Carry disebut-sebut bukan cuma hemat bahan bakar, tapi tenaganya juga mumpuni.

Dalam pernyataan resminya saat peluncuran perdana New Suzuki Carry pada April, 2019 silam, PT Suzuki Indomobil Sales menyebut bahwa mesin New Carry lebih irit sampai 15 persen dibandingkan Suzuki Mega Carry.

Mobil Suzuki Carry tersedia dalam 6 varian. Harga Suzuki Carry berkisar dari Rp 146 juta hingga Rp 160 jutaan. Ini merupakan harga Suzuki Carry 2020 yang tidak terlalu beda juh dengan harga Suzuki Carry 2019. Dimana Suzuki Carry 2019 hanya tersedia dalam 4 varian dan dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 136 juta hingga Rp 145 jutaan.

Sebagai informasi, Mega Carry merupakan salah satu mobil niaga ringan dalam line up Suzuki. Mobil Suzuki Carry pick up ini berbasis Suzuki APV dengan dibekali mesin berkubikasi 1.493 cc.

Menariknya, walau diklaim lebih irit hingga 15 persen dari Mega Carry, ternyata tenaga New Carry lebih kuat. Dari segi torsi pun New Carry juga lebih unggul.

Tenaga New Suzuki Carry tercatat sebesar 97 PS pada 5.600 Rpm dan torsi puncaknya sebesar 135 Nm pada putaran mesin 4.400 Rpm. Maka bisa dikatakan dapur pacu Carry pick up generasi terbaru ini mampu menghasilkan efisiensi tenaga dan bahan bakar.

Berkat Mesin Ertiga

Perlu Anda ketahui, Suzuki New Carry menggunakan mesin berkode K15B-C. Jika Anda jeli, kode tersebut serupa dengan mesin milik Suzuki Ertiga. Ya, baik New Carry dan Ertiga memang menggunakan platform mesin yang sama.

Mesin yang sudah terbukti tangguh pada Ertiga itu duduk manis di ruang mesin New Carry dengan menganut penggerak belakang alias rear wheel drive. Mesin 1.500 cc berkonfigurasi 4 silinder itu dipasangkan dengan transmisi manual lima percepatan.

Kembali ke torehan efisiensi bahan bakarnya, untuk membuktikan klaim lebih hemat 15 persen tadi maka ada hal-hal yang perlu Anda ketahui. Yang pertama adalah gaya mengemudi yang tidak agresif, jangan sering stop and go atau akselerasi mendadak demi efisiensi bahan bakar.

Kedua, jaga selalu kondisi mesin. Ketiga, gunakanlah bensin yang sesuai rekomendasi pabrikan. Dan yang terakhir, sebagai angkutan niaga, semakin banyak atau berat muatan maka semakin sulit untuk menciptakan kehematan bahan bakar.

Komentar

Mobil Terbaru