window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tampang Modis Mesin Buas, Honda Civic Type R 2023 Mendebut Global

Enda · 21 Jul, 2022 17:00

Honda Civic Type R 2023

Merayakan ulang tahun hatchback performa tinggi yang ke-25, Honda meluncurkan Civic Type R 2023 secara global, Rabu (21/7). Generasi keenam Honda Civic Type R berkodekan FL5 terlihat lebih fantastis dibandingkan model sebelumnya dengan pembaruan tampilan secara menyeluruh.

Baru tersedia di beberapa negara di Eropa pada awal tahun depan, Civic Type R telah memecahkan rekor sebagai hot-hatch FWD tercepat di sirkuit Suzuka - Jepang. Para insinyur Honda membangun Civic Type R terbaru dengan menyempurnakan setiap aspek yang ada termasuk peningkatan desain guna meningkatkan keaerodinamis berkendara, serta suspensinya.

Sebagai informasi, kemudi dan suspensi Civic Type R FL5 yang ditingkatkan telah disetel dan diuji di Nürburgring. Selain itu pada komponennya mopbil ini dibuat lebih ringan dengan revisi pada mesinnya, yang menciptakan mobil ini terasa lebih responsif dan bertenaga.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda Civic Type R 2023

Honda Civic Type R 2023 mendapat penyegaran bukan hanya pada desain tapi juga komponen

“Dengan All-New Civic Type R, para insinyur Honda kembali mewujudkan tujuan kami untuk menciptakan pengalaman berkendara yang paling berharga di segmen hatchback performa,” kata Tom Gardner, Senior Vice President - Honda Motor Europe lewat keterangan resminya.

Ia menambahkan, melalui perubahan yang luar biasa dan penerapan teknologi yang diturunkan dari motorsport, Honda memperingan Civic Type R generasi keenam dari model sebelumnya. Dedikasi terhadap keunggulan kinerja inilah yang membuat hatchback sport nya begitu populer di kalangan pengendara mobil selama 25 tahun.

Baca juga: Honda Civic e:HEV 2022 Diluncurkan Tahun Depan, Berikutnya Menyusul Civic Hatchback dan Civic Type R

Honda Civic Type R Generasi Ke-6 Tampil Modis dan Sporty

Honda Civic Type R 2023

Eksterior Honda Civic Type R 2023 

Civic Type R baru dibangun di atas siluet ramping dan sporty dari Honda Civic e:HEV yang juga belum lama ini terungkap. Untuk menyempurnakan tampilan sporty sekaligus meningkatkan performa berkendara, Type R dibuat lebih rendah dan lebar dengan menghasilkan center of gravity lebih baik.

Selama pengembangannya, insinyur Honda mengusung konsep "Ultimate Sports Design" dengan menghasilkan mobil hatchback berpenggerak roda depan dengan performa tinggi. Desain eksterior sekarang menyampaikan rasa kesatuan, dengan detail yang lebih rapi dan terkesan stylish pada bumper depan dan belakang serta fitur desain terintegrasi. Semuanya telah dikembangkan secara eksklusif untuk Tipe R dan memberikan manfaat aerodinamis yang lebih baik.

Honda Civic Type R 2023

Area kokpit Honda Civic Type R 2023

Pada interiornya Civic Type R model baru ini didedikasikan untuk meningkatkan kegembiraan berkendara dan menambah tingkat konsentrasi dengan mempertahankan tingkat kenyamanan, serta kepraktisan seperti yang ditemukan di dalam Civic e:HEV. Sebagai ikoniknya, detail fiturnya dibungkus dengan material berwarna merah serta emboss Type R.

Bagian kokpit dirancang untuk mendukung pengalaman berkendara yang intens dengan posisi duduk pengemudi lebih rendah dari sebelumnya, serta visibilitas lebih besar. Kap mesinnya sendiri dibuat sedikit lebih rendah guna mengurangi blind spot.

Baca juga: Tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri Jadikan New Honda Civic Type R Sebagai Official Car, Apa Hebatnya Mobil Ini?

Mesin Baru Honda Civic Type R 2023 Hasilkan Performa dengan Tingkat Responsif Tinggi

Honda Civic Type R 2023

Honda Civic Type R 2023 gunakan mesin turbo dengan peningkatan performa lebih besar

Civic Type R terkenal dengan mesinnya yang bertenaga, responsif, dan memiliki putaran tinggi. Model baru ini dibangun di atas basis yang sama dari generasi sebelumnya dengan mengembangkan mesin 17YM Type-R yang terkenal lebih bengis namun tetap aman digunakan oleh siapapun.

Untuk memadatkan udara menuju ruang mesin guna memperoleh tenaga lebih buas, rumah keongnya mendapatkan peningkatkan spesifikasi. Pada turbinnya kini mempunyai jumlah bilah dan bentuk yang dioptimalkan untuk meningkatkan daya dan meningkatkan aliran udara melalui turbo. Hal ini yang membuat Civic Type R generasi keenam menghasilkan mesin turbocharged V-TEC terkuat di keluarganya.

Honda Civic Type R 2023

Sistem pembuangan Honda Civic Type R 2023 diperbaharui

Selain itu sistem pembuangannya juga diperbaharui untuk memperoleh efisiensi lebih tinggi dengan meningkatkan rasio power-to-weight memadukan antara torsi dan kecepatan. Sama seperti model sebelumnya, mesin performa tinggi yang telah dioptimalkan dipadukan transmisi manual enam kecepatan dengan sistem rev-match yang direvisi menggunakan auto blip.

Dengan begitu rev-matching yang disempurnakan saat memindahkan ke gigi rendah membantu menyeimbangkan mobil saat masuk tikungan dalam kecepatan tinggi. Tak hanya itu, transmisinya juga dibuat lebih presisi guna mengoptimalkan setiap melakukan perpindahan.

Honda Civic Type R 2023

Rem cakram Brembo pada Honda Civic Type R 2023

Mengenai sistem pengeremannya, kaliper cakram garapan Brembo yang digunakan juga ditingkatkan untuk menghasilkan pengendalian laju lebih optimal. Oh iya, mobil ini juga memiliki fitur pada kontrol suhu dan pendinginan udara yang ditingkatkan melalui radiator guna memastikan kinerja lebih baik saat mobil dipacu dalam putaran mesin tinggi.

Memiliki performa yang ditingkatkan, hatchback sporty dengan kode FL5 ini mampu mengitari trek sepanjang 3,6 mil hanya memerlukan waktu 2 menit dan 23,120 detik.

Untuk warnanya, Honda Civic Type R 2023 ditawarkan dalam lima pilihan, yaitu; Historic Championship White, Rallye Red, Racing Blue Pearl, Crystal Black Pearl dan Sonic Grey Pearl.

Baca juga: Ikut Balap ISSOM 2022, Honda Civic Type R HRI Hanya Bermodalkan Mesin Standar

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic Type R 6-Speed MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil