window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tegaskan Komitmen di Indonesia, MG Rakit Mobilnya di Fasilitas SAIC Cikarang Mulai Tahun Depan

Budi · 17 Agu, 2023 10:00

Tegaskan Komitmen di Indonesia, MG Rakit Mobilnya di Fasilitas SAIC Cikarang Mulai Tahun Depan 01

Pabrikan asal Tiongkok yang mengusung jenama legendaris asal Inggris, Morris Garages (MG) mengumumkan rencana terakhirnya untuk segera merakit lokal produknya di Indonesia mulai kuartal pertama 2024. Yang istimewa mereka mengalokasikan 60% produksinya untuk merakit mobil elektrifikasi lansirannya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia di BSD City, Rabu (16/8), “"Rencana pembukaan pabrik kami bertujuan untuk lebih mendekatkan MG dengan konsumen Indonesia melalui adaptasi lokal dan integrasi dengan
rantai pasokan dalam negeri. Kami melihat Indonesia sebagai pasar yang potensial dan strategis. Keputusan ini merupakan bentuk dedikasi kami untuk terus berinvestasi dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia," paparnya.

Baca juga: Pemesanan MG ZS EV Akhirnya Dibuka Pada GIIAS 2023, Catatkan 191 Reservasi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fasilitas Pabrik SAIC Group di Cikarang

Dalam penjelasannya Arief menyebutkan bahwa fasilitas perakitan yang digunakan adalah fasilitas pabrik milik SAIC Group yang sudah ada sebelumnya di Indonesia, tepatnya di daerah Cikarang, Barat. Sebagaimana diketahui, MG sendiri merupakan bagian dari SAIC Group bersama dengan Wuling yang memang telah memiliki fasilitas tersebut di Indonesia.

Pabrik MG

“Kami sudah menjadi bagian dari SAIC sejak 2009, sehingga kondisi ini memungkinkan kami dapat fasilitas pabrik milik SAIC Group yang sudah established di Cikarang,” tegas Arief.

Menurut Arief, pada pabrik tersebut akan disiapkan jalur khusus untuk perakitan MG dengan kapasitas produksi yang mencapai 100.000 unit per tahun, baik untuk model dengan teknologi Internal Combustion Engine (ICE) maupun Battery Electrification Vehicle (BEV). “Untuk produksi pertama kami akan fokus pada model dengan ICE dan selanjutnya kami juga akan memproduksi model elektrifikasi kami,” jelasnya.

Pabrik MG

Pabrik Wuling di Cikarang akan memproduksi MG

Sebagaimana diketahui fasilitas perakitan mobil milik SAIC Group di Cikarang, Jawa Barat saat ini sudah memproduksi model-model Wuling yang dipasarkan di Indonesia sejak 2017 lalu. Memang baik Wuling maupun MG merupakan merek di bawah naungan SAIC International, bahkan di beberapa negara keduanya memiliki model serupa dengan penggunaan merek yang berbeda.

Baca juga: MG Siapkan Pabrik Perakitan di Tanah Air, Bikin Harga Mobil Listrik Semakin Terjangkau

Ekspor dan Fasilitas R&D di Indonesia

Selain memproduksi untuk memenuhi permintaan pasar domestik, dengan kapasitas produksi yang mencapai ratusan ribu unit per tahun, MG juga bertekad untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat riset dan pengembangan serta salah satu hub ekspor bagi pasar mancanegara, terutama di wilayah Asia Tenggara.

Tegaskan Komitmen di Indonesia, MG Rakit Mobilnya di Fasilitas SAIC Cikarang Mulai Tahun Depan 03

“Hal ini tak hanya terbatas untuk pasar Indonesia, tapi juga pasar di Vietnam, Filipina, hingga Australia. Hal ini akan menjadi hal yang luar biasa bagi Indonesia,” ujar Arief. “Hal ini akan menjadi satu langkah strategis bagi MG, dimana Indonesia akan menjadi automotive hub untuk pasar Asia Pasifik,” tegasnya.

Saat ini MG telah memiliki pabrik perakitan di Provinsi Chon Buri Thailand yang mulai beroperasi pada akhir 2017, lokasi tersebut masuk dalam kawasan EEC (Eastern Economic Corridor) yang merupakan pusat logistik regional ASEAN.

Tegaskan Komitmen di Indonesia, MG Rakit Mobilnya di Fasilitas SAIC Cikarang Mulai Tahun Depan 04

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi hingga 100.000 unit kendaraan per tahun. Fasilitas tersebut juga menjadi global production hub bagi bagi mobil-mobil setir kanan MG untuk pasar Thailand, ASEAN, serta pasar lain di seluruh dunia.

Pabrik di Thailand itu memproduksi semua tipe mobil MG, termasuk yang dijual di Indonesia seperti MG HS, MG ZS, MG 5 GT, MG ZS EV, dan MG4 EV. Jadi kira-kira, model apa yang akan dirakit MG untuk pertama kali di Indonesia?

Baca juga: Harga Roadster Listrik MG Cyberster Terungkap, Cuma Setara Innova

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

MG 4 EV Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil