window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tiga Komponen yang Wajib Ada Garansi Saat Beli Mobil Bekas

Dito · 12 Sep, 2023 16:00

 

Tiga Komponen yang Wajib Ada Garansi Saat Beli Mobil Bekas 01

Dahulu garansi hanya identik dengan mobil baru, tapi saat ini membeli mobil bekas pun bisa mendapatkan garansi. Setidaknya ada tiga komponen wajib yang mendapat garansi dari penjual mobil bekas agar terhindar dari pengeluaran tak terduga.

Salah satu konsumen memilih beli mobil baru daripada bekas adalah garansi pabrikan. Sementara saat membeli mobil bekas tidak ada jaminan apapun, sehingga berpotensi mengeluarkan ekstra biaya selain pembelian unit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun saat ini sudah banyak penjual mobil bekas yang menawarkan garansi kepada pembeli, salah satu pionirnya adalah CARSOME. Ada tiga komponen yang direkomendasikan mendapat garansi saat beli mobil bekas.

Garansi Mesin di Mobil Bekas

Tiga Komponen yang Wajib Ada Garansi Saat Beli Mobil Bekas 01

Sebelum membeli mobil bekas dengan layanan garansi mesin, pastikan detail komponen apa saja yang masuk dalam garansi. Masalah umum yang terjadi pada mesin adalah lampu peringatan (Engine Check) yang menyala karena ECU (Electronic Control Unit) mendeteksi kode kesalahan yang dipicu oleh sensor.

Beberapa masalah yang membuat lampu peringatan di panel instrumen menyala diantaranya bagian pembakaran mesin seperti koil, busi, hingga kinerja injektor. Bisa juga karena kondisi komponen sistem bahan bakar yang kotor atau aus seperti filter bahan bakar, filter udara, sensor mass air flow, hingga sensor O2.

Pastikan mobil bekas incaran Anda sudah melewati proses pemeriksaan mesin yang menyeluruh. Agar menjamin mobil berfungsi secara maksimal dan tidak ada pengeluaran mendadak saat pemakaian.

Baca juga : 3 Keuntungan Beli Mobil Bekas di CARSOME Dibandingkan Dealer Biasa

Transmisi 

Tiga Komponen yang Wajib Ada Garansi Saat Beli Mobil Bekas 02

Selain mesin, transmisi jadi salah satu bagian yang rentan terhadap kerusakan saat membeli mobil bekas, khususnya mobil matic. Kendala yang kerap muncul adalah tenaga mesin selip atau tertahan saat berakselerasi, mobil terasa tersendat-sendat.

Selain itu getaran atau raungan mesin yang mengganggu hingga kesulitan memindahkan persneling bisa menjadi indikasi girboks bermasalah. 

Jika transmisi bermasalah, maka biaya perbaikan sangat tinggi. Maka pastikan saat membeli mobil bekas, garansi yang didapat mencakup bagian transmisi.

Baca juga : 5 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Irit BBM di CARSOME, Cocok Buat Harian

AC

Tiga Komponen yang Wajib Ada Garansi Saat Beli Mobil Bekas 03

Peran AC tidak bisa disepelekan karena menentukan kenyamanan selama mengemudi. AC mobil yang tidak dingin adalah masalah umum yang terjadi ketika membeli mobil bekas dan dipakai setelah beberapa bulan.

Salah satu penyebabnya adalah freon yang bocor atau berkurang. Beberapa kasus juga terjadi kebocoran di sambungan pipa AC dan evaporator. 

Pemeriksaan oleh spesialis dibutuhkan untuk menemukan penyebab utama kondisi AC tidak dingin. Maka sebelum bertransaksi, pastikan garansi mobil bekas yang Anda beli termasuk kerusakan atau kegagalan pada sistem AC. 

CARSOME Memberikan Jaminan Garansi 1 Tahun

Tiga Komponen yang Wajib Ada Garansi Saat Beli Mobil Bekas 04

Layanan garansi mobil bekas sebagai bagian dari solusi terpercaya yang diberikan CARSOME kepada konsumen. Ada langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pelanggan untuk memproses klaim garansi: 

1. Pastikan kelengkapan dan kesesuaian pada sertifikat garansi yang dimiliki sebelum menghubungi layanan pelanggan. Hal ini untuk menyesuaikan antara nomor yang terdaftar saat menghubungi mitra garansi ketika membeli mobil CARSOME Certified.

2. Lakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dengan bengkel mitra garansi resmi. Lalu cek hasil pemeriksaan dengan estimasi harga.

Baca juga : Selalu Berikan Layanan Terbaik, Kunci Sukses CARSOME di Indonesia

Tiga Komponen yang Wajib Ada Garansi Saat Beli Mobil Bekas 05

3. Pastikan mengetahui dan memahami tindakan serta proses yang akan dilakukan oleh mitra garansi resmi untuk mengatasi masalah dan memperbaiki kendaraan, agar kembali dalam keadaan prima.

4. Lakukan tindak lanjut atas klaim untuk memastikan informasi tentang perkembangan perbaikan kendaraan CARSOME menyediakan garansi selama 1 tahun untuk setiap mobil CARSOME Certified. 

5. Selain memberikan jaminan 1 tahun untuk mesin, transmisi dan AC serta layanan Roadside Assistance, CARSOME juga memberikan asuransi TLO (Total Loss Only) selama 1 tahun untuk setiap mobil CARSOME Certified.

Baca juga : 5 Mobil Bekas Termurah CARSOME di Bawah Rp100 Juta, Ada Apa Aja?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil