window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Alasan Sebaiknya Tidak Memilih Isuzu Panther Bekas Buat di Kota Besar

Prasetyo · 9 Okt, 2023 19:02

isuzu panther bekas

Isuzu Panther bekas memang masih banyak peminatnya, tapi lebih cocok dipakai di daerah pelosok ketimbang di kota besar seperti Jakarta.

Isuzu Panther merupakan mobil legendaris yang begitu melekat di kalangan masyarakat Indonesia selain Toyota Kijang.

@garasi.autofun Minat sama mobil bekas berumur, cek dulu ke bagian-bagian ini, Cing! #carsome #tipsmobil #tipsmobilbekas #bekasberkualitas #reviewmobilbekas #mobilbekas #reviewmobil ♬ Night Jazz Bar Style Jazz Piano quartet(893710) - ricca

Jika Anda lahir di era 1990-an, maka boleh jadi masih ingat betul iklan berjargon "Jakarta-Bali Cuma 44 Ribu" yang ingin menegaskan betapa efisiennya konsumsi bahan bakar dari Panther.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun sayangnya, sejak Februari 2021, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) telah menegaskan jika produksi dan penjualan Panther dihentikan selamanya.

isuzu panther bekas

Panther hadir dengan model LMPV dan LSUV

Alasannya adalah mobil yang juga hadir dalam versi LMPV dan LSUV itu tak bisa memenuhi regulasi standar emisi gas buang Euro 4 untuk kendaraan bermotor mesin diesel di Indonesia.

Hal ini berbeda nasib dengan Kijang, karena Toyota mau meracik mesin baru untuk Innova hingga lahirnya Innova Zenix dengan opsi mesin hybrid.

Baca juga: Sudah Lebih dari 3 Dekade, Ini Alasan Isuzu Panther Masih Punya Penggemar Setia

Isuzu Panther Bekas Masih Banyak Dicari

isuzu panther bekas

Generasi pertama yang dpaat julukan Panther Kotak

Meskipun sudah discontinue sejak dua tahun yang lalu, namun Panther bekas masih banyak diburu oleh konsumennya di Tanah Air.

Bahkan harga bekas Isuzu Panther cenderung stabil jika kondisinya masih sangat terawat.

Misalnya untuk Panther generasi pertama yang diproduksi rentang 1991-1996, harganya masih tembus Rp60 jutaan.

Sementara yang generasi kedua sampai model terakhir, harga sekennya masih bercokol di Rp290 juta.

isuzu panther bekas mesin turbo

Mesin diesel turbo terkenal durabilitasnya

Namun Panther lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat di pelosok, ini lantaran ketangguhan kaki-kaki dan mesin bandel yang dimilikinya.

Tak butuh perawatan ekstra saat memelihara Si Kucing ini terutama untuk beberapa daerah yang sulit menemukan bengkel resmi.

Baca juga: 5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula

Pertimbangkan Jika Mau Membeli Isuzu Panther Bekas

isuzu panther bekas

Piliha mobil diesel bekas cukup banyak

Nah kalau Anda juga ada keinginan meminang mobil diesel tangguh dan kepincut Isuzu Panther, sebaiknya pikirkan lebih dulu beberapa hal berikut ini sebelum membelinya terutama jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta.

1. Harga Isuzu Panther Bekas Terlalu Tinggi

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, akibat permintaan pasar masih cenderung tinggi, maka harga Isuzu Panther bekas masih cukup tinggi.

Bayangkan saja, berdasar informasi dari listing Mobil123, Panther 2.5 LV transmisi manual tahun 2018 masih dibanderol Rp193 jutaan.

Diharga yang sama, Anda bisa mendapatkan Toyota Kijang Innova diesel bekas tahun 2012 tapi sudah bertransmisi otomatis, atau malah Toyota Fortuner diesel bekas juga tahun 2012 dengan transmisi matic.

2. Fitur Seadanya

isuzu panther bekas interior

Kabinnya pun sederhana

Panther mungkin unggul dalam hal durabilitas dan efisiensi bensin dieselnya dan suspensi yang lembut namun tangguh.

Akan tetapi dengan harga bekas masih di atas Rp180 juta, Anda mendapatkan mobil dengan fitur yang sangat terbatas.

Dengan budget setara, Anda bisa mendapat mobil dengan fitur lebih lengkap seperti Toyota Sienta, Honda CR-V, atau bahkan Toyota Camry bekas.

Baca juga: Tanpa Panther, Isuzu Ngos-Ngosan Hadapi Rivalnya

3. Bahan Bakar Mulai Sulit Dicari

spbu pertamina

Di Jakarta makin sulit menemukan BBM Bio Solar

Satu alasan mengapa Panther tak lagi diproduksi adalah mesinnya tak bisa memenuhi standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kondisi ini ada sisi baiknya karena mobil tersebut masih idel untuk menenggak bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar.

Tapi untuk kota besar seperti Jakarta, sudah cukup sulit menmukan SPBU Pertamina yang menjual Solar, kalaupun ada pasti pembeliannya dibatasi melalui aplikasi.

Alternatifnya hanya Dexlite atau Pertamina Dex, sementara harga Dexlite per 1 Oktober 2023 adalah Rp17.200 /liter dan harga Pertamina Dex Rp17.900 /liter.

Harga ini bahkan lebih mahal dari harga Pertamax yang ada di Rp14.000 /liter atau Pertamax Turbo yang per liter harganya Rp16.600.

Jadi, masih mau beli Panther bekas?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil