window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Kekurangan Toyota Fortuner Gen 1, SUV Tangguh Cuma Rp150 Jutaan!

Enda · 10 Okt, 2023 13:02

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner Gen 1 dihadirkan PT Toyota Astra Motor (TAM) saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2005, tepatnya selang setahun kemunculan Kijang Innova.

Dibangun menggunakan struktur rangka Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) yang juga dipakai Hilux dan Innova, generasi pertama Fortuner bukan cuma tangguh, namun dapat diandalkan di berbagai medan.

Sekedar informasi, untuk Fortuner varian bensin lansiran awal kini pasaran harga bekasnya ditawarkan mulai dari Rp150 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
@autofun.indonesia Inikah Pertanda Waktunya Ganti Mobil? #reviewmobil #mobilbekas #fortuner #crv #rush ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Memiliki harga bekas terjangkau untuk sebuah Medium SUV tangguh produk pabrikan tiga oval, mobil ini memiliki beragam keunggulan.

Seperti yang bisa dilihat, pada tipe 2.7 V sudah dibekali head unit double din 7 inci layar sentuh yang dipadukan 6 buah speaker premium, serta dapat dikendalikan melalui tombol pada lingkar kemudi.

Tak hanya itu, mobil ini oun dilengkapi layar MID untuk menampilkan berbagai informasi mengenai kondisi kendaraan yang diletakan di atas sistem hiburannya.

Toyota Fortuner

Interior Fortuner 2.7 V

Tipe 2.7 G maupun 2.7 V juga sudah dilengkapi AC dengan pengaturan digital serta double blower hingga baris ketiga.

Terasa ergonomis, untuk spion sudah dilengkapi retractable serta jok dengan pengaturan elektrik di tipe 2.7 V.

Dari segi keselamatan berkendara, Fortuner gen 1 berhasil disematkan dual SRS Airbags, kemudian ABS dan EBD pada sistem pengereman.

Selain alarm system, untuk keamanan berkendara mobil ini turut dilengkapi immobilizer yang dapat meminimalisir dari tindakan pencurian.

Memiliki fitur unggulan serta keselamatan yang terbilang modern di zamannya, berikut kekurangan Toyota Fortuner bensin yang wajib diketahui sebelum membeli.

Baca juga: Toyota Fortuner Bekas 2005 Pilihan Menarik Kaum Mendang-Mending, Harganya Setara Sigra Baru

1. Toyota Fortuner Bensin Gen 1 Boros Bahan Bakar

Toyota Fortuner

Mesin bensin 2TR

Di balik kap mesinnya, Fortuner gen 1 bensin dibekali mesin bensin berkodekan 2TR-FE VVT-i 2.693 cc I4 DOHC, 16 valve.

Di atas kertas, performa yang dihasilkan dari jantung pacunya tersebut sanggup meletupkan tenaga sebesar 161 PS di 5.200 rpm serta torsi 244 Nm pada 3.800 rpm.  

Sebelum putaran mesin yang dihasilkan diteruskan ke roda belakang dan semua roda, mobil ini memadukan transmisi matic 4-percepatan Electronically controlled transmission (ECT).

Bicara mengenai konsumsi BBM yang dihasilkan, beberapa sumber menyebutkan bahwa untuk pemakaian dalam kotanya dapat menempuh jarak 6-7 km/liter dan 9-10 km/liter penggunaan luar kota.

2. Tarikan Awal Cenderung Berat

Toyota Fortuner

Fortuner bensin 2.7

Memiliki body bongsor dengan beban yang cukup berat, Fortuner tentu membutuhkan tenaga besar untuk dapat menggerakan mobil.

Bila dibandingkan versi diesel yang sudah dilengkapi turbocharger, pada mesin bensinnya memiliki karakter berat pada tarikan bawah.

Meski begitu mobil ini mempunyai responsivitas berkendara yang bisa dirasakan ketika berada di putaran tengah dan atas.

Baca juga: Perbedaan Sasis Monocoque di Honda CR-V dan Ladder Frame di Toyota Fortuner, Andalan SUV di Indonesia

3. Radius Putar Besar

Toyota Fortuner

Radius putar sebesar 5,7 m

Toyota Fortuner gen 1 secara panjang keseluruhan mencapai 4.695 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.790 mm, wheelbase 2.750 mm, ground clearance 220 mm dan radius putar mencapai 5,7 m.

Mempunyai tubuh gambot serta radius putar yang besar, mobil ini terasa cukup repot ketika dikendarai di kota besar dengan kondisi jalan sempit.

Terlebih memiliki radius putar yang besar, Fortuner dirasa kurang ringkas saat melakukan putar balik sehingga membutuhkan ancang-ancang.

4. Bantingan Suspensi Keras

Toyota Fortuner

Suspensi Fortuner stiff

Kekurangan berikutnya yang ada pada Toyota Fortuner 2.7 gen 1 yaitu di bagian sistem peredam kejut.

Menggunakan suspensi berjeniskan Double Wishbone di depan dan 4-Link pada roda belakang, untuk bantingan yang dihasilkan cenderung stiff.

Sedikit melakukan perbandingan, untuk karakter suspensinya jauh lebih empuk Innova ketimbang Fortuner.   

Selain memiliki bantingan yang keras, Fortuner juga terasa limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Salah satu faktor yang membuat Fortuner limbung saat dipacu kencang karena body-nya yang tinggi, sehingga center of gravity mobil berkurang.

5. Jok Baris Ketiga Sempit

Toyota Fortuner

Jok Fortuner

Terakhir kekurangan Toyota Fortuner gen 1 yakni jok baris ketiganya yang terbilang sempit.

Menggunakan sasis berjeniskan ladder frame dengan model tangga, menyebabkan lantai kabin pada baris ketiganya dibuat tinggi.

Untuk itu baris ketiganya mobil ini tidak cocok disinggahi penumpang dewasa, cukup hanya digunakan oleh anak-anak.

Baca juga: Harga Bekas Bersaing, Ford Everest 2007 Vs Toyota Fortuner 2005 Mana yang Lebih Unggul?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil