window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil, yang Mulai Menguning Bisa Kembali Kinclong

Dito · 30 Jun, 2022 18:07

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil, yang Mulai Menguning Bisa Kembali Kinclong 01

  • Membersihkan mika lampu mobil yang mulai menguning tidaklah sulit.
  • Cukup lakukan sendiri di rumah dengan alat sederhana.
  • Mika lampu mobil kotor atau kusam bisa menghambat pancaran cahaya malam hari.

Saat berjalan di malam hari, lampu punya peran utama agar visibilitas pengemudi tetap terjaga. Ketika penerangan terasa kurang, bisa jadi sumber masalahnya karena mika pada lampu mulai kusam atau ada kotoran yang menempel. Agar visibilitas terjaga, simak tips membersihkan mika lampu mobil.

Ketika mobil sudah berumur, umumnya mika menjadi kusam atau berubah warna kekuningan. Namun jangan segera menggantinya karena biayanya membeli lampu utama kondisi baru tidaklah murah. Bila kotoran atau kusamnya belum terlalu parah, masih bisa kok dibersihkan sendiri di rumah.

Baca juga : Sorot Lampu Mobil Kanan dan Kiri Beda Tingginya, Buat Apa?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kenali Jenis Kotorannya

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil, yang Mulai Menguning Bisa Kembali Kinclong 01

Karena posisinya di luar dan pada bagian depan mobil, mika lampu rentan terkena kotoran

Sebelum mulai membersihkan, periksa terlebih dahulu kotoran pada mika lampu. Jika hanya sebatas jamur, untuk membersihkannya bisa diawali dengan membeli cairan water spot remover. Pastikan sebelumnya mobil dalam keadaan bersih dan lebih baik langkah ini dilakukan setelah mencuci mobil.

Selain cairan water spot remover, siapkan juga dua kain microfiber. Aplikasikan krim atau cairan water spot remover pada lap microfiber cukup seujung jari dahulu, jangan terlalu banyak.

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil, yang Mulai Menguning Bisa Kembali Kinclong 02

Berbagai merek cairan water spot remover

Setelah itu tempelkan kain microfiber ke mika lampu yang kotor dan lakukan gerakan memutar. Agar lebih efektif, beri sedikit tekanan. Setelah dirasa cukup, ambil lap microfiber bersih dan seka bagian yang sudah diaplikasikan water spot remover tadi hingga bersih.

Baca juga : Mobil Tidak Pernah Ganti Minyak Rem? Ini Dampak yang Akan Terjadi

Mika Lampu Mobil Menguning

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil, yang Mulai Menguning Bisa Kembali Kinclong 03

Lampu mobil yang mulai kuning juga bisa dibuat kinclong kembali

Namun bila lampu sudah menguning bukan hanya kotoran, maka perlu obat khusus untuk memperbaikinya. Nama obat tersebut umumnya bernama Headlamp Restorer dan cara menggunakannya mirip dengan water spot remover.

Namun untuk hasil maksimal, gosok permukaan yang menguning menggunakan pads, spons atau amplas halus sesuai dengan rekomendasi yang tertera pada kemasan obat. Selesai proses memakai obat, seka dengan microfiber sisa-sisanya hingga bersih.

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil, yang Mulai Menguning Bisa Kembali Kinclong 04

Gunakan cairan khusus membersihkan lampu mobil

Apabila kondisi lampu mika sudah sangat parah, seperti baret-baret halus atau dalam memerlukan proses yang rumit. Ada baiknya menyerahkan ke tenaga profesional untuk membersihkan dan memperbaikinya.

Baca juga : Cara Menggunakan Dongkrak Mobil yang Benar, Penting Saat Kondisi Darurat

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil