window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Serbuan Merek Mobil China Geely, Jetour, dan BAIC, Serta Rencana Mobil Rakyat

Prasetyo · 25 Mar, 2024 08:30

merek mobil china

Sejumlah merek mobil China seperti Geely, Jetour, dan BAIC diketahui sedang siap-siap masuk ke Indonesia.

Hal tersebut diketahui dari munculnya berbagai akun media sosial Instagram dari masing-masing pabrikan.

Misalnya Geely yang terpantau sudah memiliki akun official bernama @geelyautoindonesia demikian pula Jetour yang ketahuan sudah ada akun Instagram dengan nama @jetourauto_indonesiaid lantas demikian pula pihak BAIC yang telah membuat akun Instagram @baicindonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sampai saat ini memang belum ada keterangan resmi atau pengumuman dari ketiga pabrikan tersebut tentang rencana operasional mereka di Indonesia.

Namun keberadaan akun-akun Instagram ini rasanya sudah menjadi ancang-ancang kalau mereka akan segera memasuki pasar oaotmotif dalam negri yang persaingannya cukup ketat.

Contohnya BAIC (Beijing Automotive Group Co., Ltd) yang rupanya sudah menjadwalkan bakal memberi pengumuman resmi terkait rencana mereka pada 28 Maret 2024.

merek mobil china GWM TANK 500

Merek mobil china GWM TANK 500 yang tengah jadi sorotan

Itu berarti kedua merek mobil China lainnya tinggal menunggu waktu saja.

Dan kehadiran Geely, Jetour, maupun BAIC ini rupanya menarik minat pembaca Autofun, terbukti berita tentang ketiganya bisa menjadi Top 5 Artikel sepanjang 17-24 Maret 2024.

Nah yang menariknya lagi, merek mobil China lainnya yaitu Great Wall Motor (GWM) juga sepertinya sedang jadi incaran para car enthusiast di Autofun.

Mengingat mereka yang penasaran tentang keunggulan dari GWM Tank 500 yang mungkin saat ini jadi SUV China termahal di Indoensia, ternyata banyak juga pembacanya.

Daripada bertele-tele, mending kalian baca sampai tuntas apa saja Top 5 Artikel Autofun lainnya sepanjang pekan lalu.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: 3 Mobil Murah Buat Lebaran Mulai Dilirik

1. Mobil China BAIC Siap Masuk Indonesia

merek mobil china baic

BJ40, mobil dari BAIC

Pasar otomotif Indonesia masih sangat menggiurkan bagi brand-brand China, tak terkecuali Beijing Automotive Group Co., Ltd atau BAIC.

Ya, beberapa waktu lalu AutoFun telah membahas soal persiapan pabrikan otomotif dari Tirai Bambu yaitu Geely dan Jetour yang akan masuk ranah otomotif nasional. 

Tapi kini, merek mobil China lainnya yang dicurigai bakal mengikuti jejak, Wuling, DFSK, BYD, GWM, Neta yang telah masuk Indonesia adalah BAIC. 

Hal ini diketahui lantaran perusahaan otomotif yang satu ini sudah memiliki akun Instagram official BAIC Indonesia, yaitu @baicindonesia

Dalam unggahan terakhirnya, pihak BAIC Indonesia tidak hanya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan bagi umat muslim, tetapi juga memberikan klu jelang kehadirannya di Indonesia. 

"Saat kami menghitung mundur keseruan petualangan dan merek kendaraan baru kami, kami siap menemani Anda di semua momen petualangan Anda," tulis @baicindonesia.

Memang tidak disebutkan secara detail kapan BAIC Indonesia akan secara resmi memperkenalkan diri ke khalayak di Tanah Air. 

Namun bukan tak mungkin, kehadirannya tak lama lagi, atau bisa juga memanfaatkan ajang pameran otomotif di Indonesia, seperti gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) atau Indonesia International Motor Show (IIMS) seperti brand lainnya. 

Seperti disebutkan di atas, BAIC merupakan singkatan dari Beijing Automotive Group Co., Ltd, dimana perusahaan ini sejatinya salah satu milik pemerintah Tiongkok. 

Ya, mungkin kalau di Indonesia BAIC sama seperti Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

BAIC sendiri memiliki sejumlah anak perusahaan, klik disini jika mau tau lebih lanjut tentang BAIC.

2. Tembus Lebih dari Rp1 Miliar, Ini Keunggulan GWM Tank 500

merek mobil china gwm tank 500

Penjualannya langsung melejit sejak pertama kali diperkenalkan

Ada beberapa keunggulan GWM Tank 500 yang baru saja resmi dipasarkan di Indonesia meskipun harganya lebih dari Rp1 miliar.

Ya, Great Wall Motor atau GWM Indonesia baru saja menawarkan Tank 500 HEV dan Haval H6 HEV sebagai produk pertamanya untuk menggaet konsumen di Tanah Air. 

Namun untuk kali ini, Autofun akan membahas apa saja keunggulan Tank 500 HEV yang notabene merupakan sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) dengan perawakan cukup kekar dan tangguh.

Seperti diketahui, Tank 500 HEV dibanderol cukup fantastis, karena tembus di atas satu miliar atau tepatnya Rp1.196.000.000 on the road Jakarta. 

Menurut Sales and Network Director GWM Indonesia Randi Radito, harga yang ditawarkan untuk Tank 500 HEV masih sama seperti saat diperkenalkan di pameran BCA Expo, di ICE BSD, Tangerang beberapa waktu lalu. 

"Setelah liat animo masyarakat yang bagus, rasanya kami memutuskan harga spesial untuk mobil ini seharga Rp1,1 miliar. Kalau dirubah sekarang tidak bijaksana, jadi kami tahan harganya untuk customer di Indonesia," jelas Randi saat ditemui di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2024).

Randi sendiri tak menyebutkan target penjualan untuk Tank 500 HEV saat ini, namun begitu dia meyakinkan konsumen yang sudah melakukan pemesanan sejak di BCA Expo, maka jika tak ada aral melintang unit yang didapat kemungkinan April 2024 nanti. 

Tank 500 HEV memang memiliki tampilan yang nggak kaleng-kaleng, dengan ukuran dimensi panjang 5.078 mm, lebar 1.934 mm, dan tinggi 1.905 mm.

Dengan dimensi yang cukup melar ini, mobil tersebut tentu mengedepankan kabin lega sehingga bisa memberikan rasa nyaman di dalamnya. 

Sedikit catatan, untuk pasar Indonesia Tank hadir dengan dua pilihan, yaitu Pro dan Deluxe, apa saja keunggulannya, cek disini!

3. Daftar Harga Tiket Mudik Lebaran 2024, Bus PO Haryanto Tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur Naik Hingga 110 Persen!

harga tiket bus PO Haryanto

Harga tiket bus PO Haryanto

Jelang musim mudik Lebaran 2024, beberapa Perusahaan Otobus (PO) sudah merilis harga tiket bus, tak terkecuali PO Haryanto.

Sebagai salah satu Perusahaan Otobus terbesar di pulau Jawa dengan berkantor pusat di Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, PO Haryanto melayani pemberangkatan dari Jabodetabek dengan tujuan beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta sebaliknya.

Memang, Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan wilayah yang banyak dituju saat mudik Lebaran Idul Fitri setiap tahunnya.

Sebagai informasi, H-4 sampai dengan hari H Lebaran 2024 untuk tarif tiket bus PO Haryanto mengalami lonjakan harga 70% bahkan hingga 110% dari kondisi normal.

Seperti halnya keberangkatan dari Jabodetabek tujuan Kudus jika tiket normalnya Rp270 ribu, pada 5 - 11 April nanti menjadi Rp580 ribu.

Selanjutnya tujuan Jakarta - Surabaya/Malang yang dalam kondisi normal hanya Rp420 ribu, menjelang dan saat Lebaran nanti dibandrol Rp700 ribu per-tiket.

Berikut ini adalah daftar lengkap tarif tiket bus PO Haryanto musim mudik Lebaran 2024 dengan tujuan ke beberapa daerah di Pulau Jawa.

4. Demi Tingkatkan Penjualan, Toyota Dukung Wacana Mobil Rakyat di Bawah Rp250 Juta

mobil rakyat 250 juta

Ada wacana Indonesia puya kebijakan mobil rakyat Rp250 jutaan

PT Toyota Astra Motor siap mendukung kebijakan pemerintah, termasuk wacana mobil rakyat harga di bawah Rp 250 juta.

Menurut Marketing Director PT TAM Anton Jimmy, Toyota akan mensupport mobil rakyat harga di bawah Rp 250 juta yang diucapkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang di tahun 2021. 

"Saya rasa seperti skema PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) yang dulu itu akan meningkatkan market secara signifikan," ungkap Anton.

Anton berpendapat, dengan kebijakan ini pemerintah tidak akan lantas merugi karena secara keseluruhan volume pajak yang diterima justru akan tetap meningkatkan, meski tak ada PPnBM.

"Efeknya pajak daerah, penghasilan, tenaga kerja meningkat itu sangat luar biasa kita rasakan. Saya rasa untuk meningkatkan market secara cepat, i think that’s a good way," jelas Anton. 

Mobil di bawah Rp250 juta, kata Anton, saat ini dirasakan bukan lagi kategori mobil mewah, melainkan mobil kelas menengah yang saat ini banyak menjadi incaran konsumen. 

Dengan adanya wacana mobil di bawah Rp250 juta, tentu saja yang menjadi pertanyaan apakah hal tersebut akan sama atau beririsan dengan mobil LCGC?

Berita selengkapnya klik disini!

5. Merek Mobil China Geely dan Jetour Siap Panaskan Persaingan Otomotif di Indonesia

merek mobil china Geely

Geely sebenarnya pernah hadir di Indonesia

Merek mobil China Geely dan Jetour siap berekspansi ke Indonesia untuk memanaskan segmen kendaraan penumpang (passanger car) di dalam negeri.

Kabar kedua perusahaan otomotif dari negeri Tirai Bambu ini sejatinya memang sudah tercium beberapa waktu lalu. 

Namun kali ini dipertegas dengan munculnya akun Instagram dari kedua merek tersebut yaitu @geelyautoindonesia dan @jetourauto_indonesiaid

Pada akun Instagram Geely Indonesia, memang mereka belum melakukan aktivitas, hanya saja pada profile-nya tertulis 'Welcome to the official account of Geely Indonesia' atau selamat datang di akun resmi Geely Indonesia.

Sementara itu lain halnya dengan Jetour Indonesia, karena mereka secara terang-terangan membuka lowongan pekerjaan yang diunggah dalam feed Instagramnya. 

"Kami dengan hangat mengundang Anda untuk bergabung dengan kami dan memulai pengalaman travel+ yang unik. Mari bekerja sama untuk menciptakan masa depan yang sejahtera. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang peluang kemitraan kami, jangan ragu untuk menghubungi kami," tulis akun @jetourauto_indonesiaid

Mau tau seperti apa background kedua merek mobil China ini di negara salnya? Klik disini ya!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil