window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Autofun: Bahaya Buka Kap Mesin Setelah Perjalanan Jauh Hingga Sumber Kencono

Yongki Sanjaya · 13 Feb, 2023 09:30

Top 5 Autofun: Bahaya Buka Kap Mesin Setelah Perjalanan Jauh Hingga Sumber Kencono 01

Membuka kap mesin sembari pengemudi atau penumpang beristirahat setelah perjalanan jauh memang tak ada salahnya. Tapi apakah tindakan ini benar-benar bermanfaat, atau malah mengundang bahaya? Para pembaca begitu menyoroti artikel yang membahas hal tersebut.

Tak cuma pembahasan soal buka kap mesin, netizen turut menyoroti kiprah sasis bus Dongfeng milik Sumber Kencono yang sempat viral beberapa tahun silam. Pasalnya, jenis bus ini terkenal dengan tenaganya yang fantastis tapi dengan rem yang payah.

Lebih lengkapnya, berikut ini rangkuman lima artikel terpopuler di Autofun selama pekan lalu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Awas Jangan Coba-coba Buka Kap Mesin Saat Parkir Setelah Perjalanan Jauh, Bahaya!

Top 5 Autofun: Bahaya Buka Kap Mesin Setelah Perjalanan Jauh Hingga Sumber Kencono 01

Bahaya buka kap mesin saat parkir ternyata bisa mengintai pemilik mobil. Alih-alih mau menurunkan suhu mesin kendaraannya, bisa-bisa kerugian besar yang akan dilanda.

Mobil dengan kap mesin yang dibiarkan terbuka mungkin menjadi pemandangan yang biasa terjadi. Apalagi jika mobil yang digunakan telah menempuh perjalanan yang jauh.

Umumnya kondisi ini sering ditemui pada rest area-rest area tol luar kota. Atau di jalan yang macet pada momen-momen tertentu seperti musim liburan.

2. Honda Brio Bisa Minder, Tampilan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023 Keren Banget!

Top 5 Autofun: Bahaya Buka Kap Mesin Setelah Perjalanan Jauh Hingga Sumber Kencono 02

Pada Selasa, 31 Januari 2023 lalu, Perodua merilis teaser resmi sekaligus detail singkat Axia generasi terbaru. Ini tak lain sosok Daihatsu Ayla 2023  yang kabarnya akan segera resmi dipasarkan di Malaysia.

Bahkan informasi terbaru menyebut, Daihatsu Ayla versi Negeri Jiran yang diproduksi oleh Perodua ini bakal rilis pada pertengahan Februari 2023. Tentunya Indonesia juga akan menghadirkan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023.

Dalam teasernya, Perodua menampilkan sedikit bagian eksterior Axia terbaru, terutama tampilan depannya. Beberapa detail yang sudah terkuak seperti penggunaan lampu multireflektor LED, daytime running lamp (DRL), serta desian velg. Namun desain eksterior keseluruhannya masih menjadi misteri.

3. Update Daftar Harga BBM Terbaru per Februari 2023, Pertamax Seliter Jadi Berapa?

Top 5 Autofun: Bahaya Buka Kap Mesin Setelah Perjalanan Jauh Hingga Sumber Kencono 03

Update harga BBM terbaru 2023 menunjukkan ada kenaikan harga bahan bakar mulai 1 Februari 2022. Termasuk bahan bakar minyak (BBM) dari Pertamina hingga Shell.

Melansir situs Pertamina, kenaikan harga BBM plat merah ini terjadi untuk kategori non subsidi, seperti  Pertamax Turbo yang harganya naik sebesar Rp800 menjadi Rp14.850 per liter, dimana sebelumnya hanya Rp14.050 per liter.

4. Pernah Hits Jadi Fitur Ikonik Mobil, Ini Alasan Headlamp Pop Up Kini Dilarang

Top 5 Autofun: Bahaya Buka Kap Mesin Setelah Perjalanan Jauh Hingga Sumber Kencono 04

Mobil keluaran 90-an ke bawah sudah tidak asing dengan fitur headlamp pop up. Lampu yang bisa ngumpet ini punya kesan futuristik dan bisa membuat penampilan mobil jadi stylish. Hal yang perlu kamu ketahui, headlamp pop up kini sudah dilarang dan tak lagi dibuat pada mobil baru.

Pop-up headlights pernah menjadi tren di tahun 80-an hingga awal 90-an. Penampakan lampu pop-up yang seksi, memang membuat mobil jadi tampil keren. Keberadaan lampu pop up pada mobil akan menaikkan gengsi pemilik mobil. Lampu pop-up membuat penampilan sebuah mobil biasanya terlihat lebih sleek dan lebih aerodinamis saat kondisi tertutup.

5. 3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono

Top 5 Autofun: Bahaya Buka Kap Mesin Setelah Perjalanan Jauh Hingga Sumber Kencono 05

Siapa yang tidak kenal perusahaan bus Sumber Kencono. Ya, perusahaan yang bermarkas di Krian, Sidoarjo ini terkenal akan kecepatan yang barbar dan ketepatan waktunya. Demi menjaga kualitas ketepatan waktunya, Sumber Kencono dulu pernah mencoba kemampuan sasis bermerek DongFeng asal China.

Bus ini menjadi yang paling diingat di jalur Surabaya-Jogja  karena dikenal sebagai pelari. Tahun 2008 sampai 2011 menjadi masa kejayaan Sumber Kencono. Julukan kencang sekaligus ugal-ugalan melekat, hingga akhirnya pihak perusahaan mengganti nama jadi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu karena kerap mengalami kecelakaan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil