window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Unggul Dengan Mesin Turbo, Ini Kelebihan Chevrolet Trax Yang Layak Jadi Lawan Honda HR-V

Dito · 20 Jun, 2021 16:00

Unggul Dengan Mesin Turbo, Ini Kelebihan Chevrolet Trax Yang Layak Jadi Lawan Honda HR-V 01

Ketika pertama kali diperkenalkan, Chevrolet Trax berhadapan langsung dengan Honda HR-V. Saat ini Chevrolet Trax sudah tidak dijual unit barunya.

Sementara Honda HR-V masih dijual namun sudah berusia 6 tahun lebih sejak pertama kali diluncurkan di Tanah Air.

Chevrolet Trax Eksterior

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski begitu keduanya bersaing cukup ketat di pasar mobil bekas. Chevrolet Trax bekas umumnya dibanderol berkisar mulai dari Rp 150 jutaan hingga Rp 210 jutaan.

Sedangkan Honda HR-V mulai dari Rp 190 jutaan hingga Rp 260 jutaan. Tentu harga tersebut tergantung usia mobil, kondisi, dan varian yang dijual.

Eksterior Honda HR-V

Honda HR-V menjadi rival terdekat dari Chevrolet Trax

Lantas apa saja kelebihan Chevrolet Trax dibandingkan rival terdekatnya Honda HR-V? Mari kita simak.

Baca juga : All-new Chevrolet Tracker Asal Tiongkok Siap Melantai untuk Tantang Kia Seltos dan Hyundai Kona

Mesin Lebih Bertenaga

Chevrolet Trax yang dijua di Indonesia menggunakan mesin berkapasitas 1.400 cc. Sementara Honda HR-V lebih besar 100 cc yakni 1.500 cc.

Meski kalah kapasitas, berkat teknologi turbocharger yang terpasang membuat Chevrolet Trax lebih bertenaga. Sementara Honda HR-V hanya mengandalkan teknologi i-VTEC+DBW.

Mesin Chevrolet Trax

Mesin Chevrolet Trax lebih bertenaga berkat adanya turbocharger

Diatas kertas, tenaga maksimum Chevrolet Trax mencapai 140 PS pada putaran 4.900-6.000 rpm dengan torsi 200 Nm di 1.850 rpm hingga 4.900 rpm.

Rivalnya, Honda HR-V tenaga maksimum 120 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Selisih tenaga hingga 20 PS da torsi 55 Nm antara Chevrolet Trax dan Honda HR-V membuat Trax unggul cukup jauh. Terlebih mobil SUV identik untuk dibawa ke medan jalan cukup berat.

Transmisi Chevrolet Trax

Transmisi otomatis konvensional menjadi andalan Chevrolet Trax

Satu-satunya dari performa yang membuat Honda HR-V unggul ialah transmisi CVT. Chevrolet Trax sendiri mengandalkan transmisi otomatis konvensional.

Selain lebih halus dalam akselerasi, CVT juga unggul dalam hal efisiensi konsumsi bahan bakar. Meskipun selisihnya tidak terlalu besar mengingat kapasitas mesin juga berbeda.

Baca juga : Jangan Ragu, Ini Pilihan Mobil Chevrolet Yang Masih Layak Untuk Dipinang Saat Ini

Dimensi Lebih Besar

Sebuah mobil SUV akan terlihat lebih gagah bila punya dimensi yang besar. Chevrolet Trax punya keunggulan dalam hal ini.

Terlihat dari lebar Chevrolet Trax yang mencapai 2.035 mm sementara Honda HR-V hanya 1.772 mm. Perbedaan hingga 263 mm ini membuat tampilannya terlihat gagah.

Dimensi Chevrolet Trax

Dimensi Chevrolet Trax lebih lebar dan tinggi membuat terlihat gagah

Selain itu dalam kabin juga terasa lebih lega untuk diisi 3 penumpang pada baris kedua. Chevrolet Trax juga lebih tinggi hingga 1.674 mm dimana Honda HR-V hanya 1.580 mm. Sehingga ruang kepala untuk penumpang berpostur badan tinggi akan lebih nyaman selama perjalanan.

Tampilan gagah Chevrolet Trax juga didukung dengan ukuran velg yang lebih besar. Bila Honda HR-V menggunakan ring 17 inci, sementara Chevrolet Trax lebih besar dengan 18 inci. Meskipun ukuran ban sama-sama menggunakan 215/55 kedua SUV ini.

Fitur Interior Lebih Lengkap

Fitur Chevrolet Trax

Fitur interior Chevrolet Trax lebih berlimpah 

Selain mesin dan dimensi, kelebihan Chevrolet Trax lainnya ialah fitur di kabin yang lebih lengkap. Pada varian tertingginya, SUV merek Amerika Serikat ini punya head unit layar sentuh lebih besar dengan ukuran 7 inci.

Selain ukuran lebih besar, konektivitas juga cukup lengkap dengan sistem MyLink yang menjadi andalan Chevrolet. Sistem tersebut mendukung konektivitas Apple termasuk fitur asisten, Siri.

Baca juga : Harga Bekasnya Mulai Rp70 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Captiva Diesel dan Bensin

Selebihnya head unit Chevrolet Trax juga mendukung konektivitas AUX dan USB. Tak perlu khawatir bila smartphone kehabisan baterai karena ada socket listrik 230V yang bisa diakses pada baris kedua.

Konektivitas Chevrolet Trax

MyLink pada Chevrolet Trax mampu menghubungkan dengan smartphone

Kapasitas bagasi yang mencapai 1.370 liter juga menjadi kelebihan Chevrolet Trax. Membawa barang banyak untuk liburan maupun saat belanja bulanan tidak perlu mengorbankan baris kedua untuk dilipat.

Namun bila membutuhkan ruang yang lebih panjang untuk membawa barang besar, bisa melipat bangku baris kedua. Pembagian 60/40 pada pelipatan bangku jadi kelebihan sehingga tetap nyaman untuk penumpang baris kedua dengan porsi 60 tersebut.

Fitur Keselamatan Lebih Lengkap

Satu lagi kelebihan Chevrolet Trax dibandingkan Honda HR-V ialah fitur keselamatan yang terlengkap. Seperti 6 airbags yang tersebar diseluruh kabin untuk menjaga penumpang dari cedera yang berat.

Fitur Keselamatan Chevrolet Trax

Fitur keselamatan juga berlimpah salah satunya 6 titik airbags

Selain itu juga fitur keselamatan terkini seperti kontrol traksi, hill descent control, hills start assist serta electro chromatic rear view mirror. Dari seluruh fitur tersebut, fitur kontrol traksi yang tidak tersedia di Honda HR-V.

Dari beberapa kelebihan Chevrolet Trax diatas, memang layak untuk menjadi rival Honda HR-V. Dimensi yang lebih gagah, mesin performa tinggi serta fitur yang berlimpah. Ditambah harga bekasnya saat ini lebih murah dari Honda HR-V.

Baca juga : 5 Mobil Chevrolet Keren Yang Pernah Hadir di Indonesia, Ada yang Pernah Kamu Punya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Chevrolet Trax 1.4 Premier AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil