window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Viral Mitsubishi Pajero Sport Pakai Strobo Pepet Toyota Calya di Tol

Prasetyo · 30 Jun, 2023 19:01

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pajero Sport Strobo di tol

Jaraknya sangat dekat dengan mobil di depannya (Foto: @lowslow.indonesia)

Disitu terlihat pajer Sport yang memakai lampu strobo di bagian depan dan kaca belakangnya sangat berdekatan jaraknya dengan mobil di depan.

Entah bagaimana awal kejadian ini namun terlihat Pajero Sport warna hitam ini seolah ingin memaksa mobil di depannya (Toyota Calya/Daihatsu Sigra) untuk minggir dan memberinya lewat.

Namun ternyata pengemudi mobil LCGC (Low Cost Green Car) itu tetap tak menggubris dan terus ada dilajurnya.

Pajero Sport strobo arogan

Kondisi jalan padahal cukup ramai (Foto: @lowslow.indonesia)

Entah karena kesal atau hal lain, Mitsubishi Pajero Sport berstrobo itu pun menggunting ke lakur sebelah kiri, meskipun saat itu terlihat situasi jalan tol yang cukup padat.

Baca Juga: Bukan Cuma RFS, RFP, dan RFD, Ini Dia Plat Nomor Khusus yang Juga Ditakuti

Masih Banyak Mitsubishi Pajero Sport Pakai Strobo

Kejadian yang diunggah akun Instagram @lowslow.indonesia tersebut merebut banyak perhatian komentar warganet.

Namun sebagian besar berpendapat kalau aksi ini memperlihatkan masih ada saja mobil sipil yang menggunakan lampu strobo dan rotator bahkan jadi menyilaukan di jalan raya.

Padahal jelas, aturan ini ada pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Khususnya di Pasal 134 dan 135 yang menulis kalau penggunaan lampu strobo hanya untuk kendaraan dengan kepentingan khusus seperti pemadam kebakaran dan ambulance yang mengangkut orang sakit atau meninggal.

Lampu Strobo

Penggunaan lampu strobo jelas melanggar peraturan (Foto: @lowslow.indonesia)

Jika masih ada yang nekad pakai lampu strobo, maka itu berarti melanggar Pasal 287 Ayat 4 di Undang-Undang yang sama dengan denda maksimal Rp250 ribu atau pidana kurungan maksimal 1 bulan.

Baca Juga: Tidak Sulit, Berikut Cara Ubah Surat Mobil Pelat Merah Jadi Pelat Hitam

Lane Hogger Atau Bukan?

Selain maslaah penggunaan lampu rotator, sejumlah warganet juga berkomentar kalau Toyota Calya/Daihatsu Sigra di video ini melakukan lane hogger.

Lane hogger

Jangan mengemudi santai di lajur kanan (Foto: Istimewa)

Yaitu kondisi ketika ada sebuah pengendara yang mengemudikan kendaraannnya dengan kecepatan statis cukup rendah namun tetap berada di lajur kanan.

Namamun sebagian warganet lain menyebut jika mobil LCGC itu tidak sepenuhnya salah.

Misalnya komentar dari akun @s6raaxx yang menulis: "...org jelas" itu calya di sebelah kanan nyalip mazda, tpi dikata lane hogger, pdhl yg buat keliatan lane hogger itu yg pake strobo, calya nya cmn jaga jarak sm yg depan biar gk terjadi tabrakan beruntun, tapi dipepet sm penyepong strobo jadi keliatan lane hogger si calya nya,"

Begitu pula komentar dari @ributpmbd yang menulis: "sebenernya kalo diliat mobil lcgc nya juga lagi mendahului kendaraan di sebelah kiri si dan lagi jaga jarak sama kendaraan depan nya, cuma si pajero nempel banget trus pake strobo jadi kelihatan si lcgc kya lane hooger padahal lagi jaga jarak sama depan nya buat ngindarin tabrakan beruntun kalo rem mendadak".

Menurut kalian siapa yang salah?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil