window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Beda Toyota Innova Zenix Hybrid G dan V Sampai Pajero Sport Bensin yang Menggoda

Prasetyo · 29 Jan, 2024 10:01

toyota innova zenix hybrid top 5 autofun

Tak salah memang kalau Toyota Innova Zenix saat ini jadi mobil yang tengah naik daun dalam dua tahun terakhir.

Selain penjualannya yang terus melonjak dan mengerek nama Kijang Innova sebagai mobil terlaris di 2023 versi Gaikindo, artikel mengenai Toyota Innova Zenix selalu saja jadi Top 5 di Autofun Indonesia.

Misalnya ketika pekan lalu tim redaksi kami membahas mengenai perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid tipe G dan V, sanggup menarik minat banyak pembaca.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Walau begitu, bukan cuma artikel tentang Innova Zenix saja, beberapa tema artikel lain seperti deretan mobil listrik yang siap masuk Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport Bensin yang kini menggoda, hingga tips memilih toko sparepart terpercaya, juga banyak pembacanya.

Nah berikut ini adalah rangkuman Top 5 artikel Autofun selama sepekan ke belakang.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Kehadiran BYD Seal Mencuri Perhatian Sampai Kenyamanan Honda Accord Maestro

1. Deretan Mobil Listrik yang Layak Ditunggu di Indonesia, Bukan Cuma BYD atau VinFast

mobil listrik indonesia

Akan banyak mobil listrik masuk Indonesia setelah BYD

Pasar otomotif nasional kini semakin banyak dijejali sejumlah pabrikan kendaraan bermotor yang menawarkan mobil listrik di Indonesia berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV).

Terakhir, raksasa otomotif asal China, Build Your Dream (BYD) secara resmi hadir di Indonesia dengan meluncurkan tiga produk mobil listrik sekaligus yaitu BYD Dolphin, BYD Atto 3 dan BYD Seal.

Meski belum terbukti bagaimana nasib penjualan di Indonesia, namun dengan nama besar sebagai produsen mobil listrik berskala global, BYD punya modal kuat untuk bisa bersaing, terlebih menghadapi berbagai brand otomotif dari Jepang. 

Bicara soal mobil listrik Indonesia, sejatinya tren ini semakin berkembang dan tidak hanya di dalam negeri saja tapi di seluruh dunia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dari puluhan brand kendaraan bermotor yang telah melakukan penjualan selama 2023, beberapa diantaranya sudah mengeluarkan mobil listrik.

Selain dari dari BMW, DFSK, Hyundai, KIA, Lexus, Mercedes-Benz, MINI, MG, Neta, Nissan, Renault, Toyota, dan Wuling, masih ada lagi brand otomotif yang siap hadir di Indonesia membawa mobil listrik yaitu dari Vinfast dan juga Ora yang merupakan bagian dari Great Wall Motor (GWM).

2. Harga Baru Selisih Rp2 Juta, Mending Toyota Innova Zenix V atau G Hybrid?

toyota innova zenix hybrid v

Tipe V pakai velg 17 inci

Sekedar informasi, Innova Zenix hadir dalam lima varian berbeda, yakni G, G HV, V, V HV dan Q HV.

Namun untuk Toyota Innova Zenix V dengan G Hybrid untuk harga barunya per Januari 2024 ini hanya selisih Rp2 juta.

Seperti diketahui varian V dibanderol Rp473,6 juta dan tipe G Hybrid ditawarkan Rp471,6 juta OTR Jakarta.

Lalu apa bedanya antara Innova Zenix tipe G dan V? 

Antara lain bisa dilihat secara tampilan eksterior baik varian V maupun G Hybrid, keduanya terlihat sama.

Pada fascia kedua varian disematkan grill trapezoidal dengan list krom di bawah, sistem pencahayaan keduanya juga sudah menganut teknologi LED dengan bentuk pipih dan menyudut.

Hanya saja headlamp tipe G Hybrid tidak mendapatkan aksen krom di dalam sehingga secara penampilan tampak lebih sederhana, serta tidak adanya DRL LED maupun foglamp.

Melihat bagian sisi samping, tipe G Hybrid diaplikasikan velg 16 inci dengan bentuk kipas, sedangkan varian V menggunakan velg 17 inci multi-spoke model palang rapat yang membuatnya tampil lebih proper.

Di bagian belakang, Innova Zenix V dan G Hybrid secara tampilan masih terlihat sama.

Dimana keduanya mendapatkan spoiler dengan high mount stop lamp, list krom membentang di bawah kaca, serta tambahan cover pada bumpernya yang dilabur warna hitam doff.

Namun tipe V mendapatkan emblem "V" di sebelah kanan, sedangkan tipe G tampil polos namun terdapat logo HYBRID sebagai identitas.

3. Cermati 5 Kekurangan Honda Brio Sebelum Membelinya, Paling Laris Bukan Berarti Terbaik

honda brio rs

Brio masih jadi mobil Honda paling laris di Indonesia

Kekurangan Honda Brio adalah hal yang patut Anda pertimbangkan ketika hendak membelinya.

Sebagai mobil Honda paling murah di Indonesia, tentu saja Brio menarik untuk dimiliki, terutama mereka pecinta brand otomotif Jepang ini.

Belum lagi mobil ini menawarkan desain yang stylish serta kenikmatan berkendara sekaligus efisiensi BBM yang baik.

Kondisi tersebut membuat Honda Brio kerap berada di urutan pertama daftar mobil terlaris di Indonesia versi Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Bahkan Brio juga sering mengalahkan mobil sejuta umat, Toyota Avanza, dalam hal angka penjualan wholesales.

Situasi ini pun menjadikan Brio sebagai mobil paling laris dari Honda, dan menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara yang memproduksi Brio untuk konsumsi sejumlah negara lain.

Kalau ada kelebihan pastinya ada kekurangan, termasuk juga pada Honda Brio.

Berikut ini kami telah merangkum sejumlah kelemahan dari Honda Brio berdasarkan beberapa sumber dan juga keluhan penggunanya.

4. Pilihan Toko Sparepart Mobil Terdekat yang Terpercaya, Jangan Tergoda Harga Murah!

toko sparepart terdekat

Wajib teliti saat memilih mana toko sparepart mobil yang terpercaya

Mengetahui mana toko sparepart mobil terdekat yang terpercaya adalah penting dalam bagian melakukan perawatan kendaraan kesayangan.

Sebab dari toko itulah bisa mendapatkan berbagai suku cadang yang dibutuhkan untuk perawatan mobil Anda.

Toko-toko sparepart mobil ini pun biasanya menyediakan ragam kebutuhan akan kendaraan secara lengkap, mulai dari beberapa cairan seperti oli mesin, air radiator, dan minyak rem, sampai komponen besar contohnya cakram rem, piston, bahkan hingga satu set transmisi.

Nah kalau Anda pergi ke pusat-pusat penjualan suku cadang mobil, pasti akan banyak sekali toko yang menawarkan komponen-komponen tersebut.

Diantara para penjaja itu, ada yang menawarkan barang berkualitas yang original, tapi ada juga yang menyodorkan sparepart imitasi namun diklaim asli.

Berbagai cara dilakukan sebagai pemikatnya, antara lain kerap kali mereka menyodorkan harga yang lebih murah ketimbang toko lain.

Memilih mana yang terbaik dan juga toko yang terpercaya pastilah sulit jika Anda awam akan triknya.

5. Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Bensin, Toyota Fortuner Bukan Tandingan Sepadan!

mitsubishi pajero sport bensin

Tenaganya lebih besar ketimbang tipe Dakar bermesin diesel

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Pajero Sport bensin menarik untuk diulas karena populasinya jauh lebih langka dibanding yang diesel.

Sebagai catatan, Pajero Sport bensin pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2014.

Saat itu Pajero Sport bensin berhadapan secara langsung dengan Toyota Fortuner bensin bermodalkan mesin V6 3.000 cc yang memiliki performa paling besar di kelasnya.

Namun sayang penjualan Pajero Sport bensin di Tanah Air tak sesukses varian dieselnya.

Hal ini membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek memutuskan untuk menstop penjualan Pajero bensin pada 2016.

Hanya bertahan selama dua tahun, harga bekas Pajero Sport per Januari 2024 berada di angka Rp240 jutaan, atau setara dengan Toyota Avanza baru tipe termurah.

Memiliki harga bekas yang tergolong terjangkau, simak kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Pajero Sport bensin berikut apabila kalian tertarik membelinya.

@garasi.autofun Kalau dipikir-pikir lagi, Mitsubishi Outlander Sport boleh dibilang sebagai pendahulu XForce gak sih? BTW, doi opsi menarik juga nih! #reviewmobilbekas #carsome #bekasberkualitas #tipsmobilbekas #mobilseken #reviewmobil ♬ 80-90s funk Japanese style - 庭

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil