window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Viral Pemotor Kecelakaan Akibat Senggol Pintu Mobil yang Terbuka

Herdi · 17 Apr, 2024 09:40

pintu mobil terbuka

Pintu mobil terbuka saat sedang parkir memang bisa menimbulkan berbagai masalah, mulai dari risiko pencurian sampai dapat mencelakai orang lain.

Kemudian saat hendak membuka pintu mobil juga sebaiknya kita memperhatikan kondisi disekitar.

Jangan sampai akibat tergesa-gesa membuka pintu mobil, ada pihak atau kendaraan lain yang dirugikan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Contohnya yang terjadi pada sebuah video viral di media sosial baru-baru ini yang memperlihatkan kecelakaan motor akibat pintu mobil terbuka oleh pengemudi mobil Toyota Kijang. 

Tidak disebutkan dimana lokasi kecelakaan terjadi, akan tetapi video yang terekam kamera CCTV tersebut diunggah akun @infodepok_id memiliki narasi Detik-detik Pemotor Jatuh Tabrak Pintu Mobil. 

Pada tayangan video ini terlihat sebuah motor berboncengan menabrak pintu mobil yang dibuka oleh sang sopir dari dalam tanpa memperlihatkan kendaraan disekitarnya..

Baca juga: Jangan Sampai Viral Akibat Parkir Sembarangan Mirip Pegawai Pertamina, Begini Aturan yang Benar

Sontak saja, setang motor yang bersenggolan akibat terkena pintu membuat pengemudi kendaraan roda dua itu hilang kendali kemudian terjatuh. 

Beruntung beberapa sepeda motor di belakang masih responsif, sehingga langsung menghindari dan mencegah tabrakan beruntun. 

Selain itu, sejumlah warga di sekitar lokasi langsung ikut membantu memberikan pertolongan kepada korban.

Baca juga: Viral Aksi Koboi Jalanan Pengemudi Toyota Etios Valco, Ternyata Cuma Pakai Pistol Korek Api

Sopir Pengemudi yang Buka Pintu Mobil Bikin Netizen Geram

Kecelakaan sepeda motor

Kecelakaan sepeda motor

Tidak disebutkan bagaimana kondisi terakhir dari korban apakah mengalami kecelakaan serius atau tidak, termasuk si sopir mobil apakah bertanggung jawab atau tidak.

Namun begitu, menurut akun @infodepok_id, membiarkan pintu mobil terbuka atau membuka pintu mobil saat sedang parkir di pinggir jalan harus ekstra hati-hati. 

"Ingat, di jalan tersebut ada pengguna lain yang kadang tidak waspada dengan kondisi di depannya. Kelalaian yang bisa terjadi adalah membuka pintu terlalu lebar sampai mencelakai pengguna jalan lain," tulis @infodepok_id.

Maka dari itu, pastikan saat ingin membuka pintu mobil kanan dalam keadaan aman jika terpaksa membuka pintu di pinggir jalan.

Baca jugaLagi, Viral Kecelakaan Maut Akibat Motor Lawan Arus di JLNT Casablanca

Adanya peristiwa ini membuat sang sopir mendapatkan kecaman netizen.

@fahthan.ihti: Hayo yang salah pemotor atau supir mobil? Tolong analisanya

@hendriiii91: Jelas mobil lah yg salah itu. Kalo yg di motor mah ga akan tau kpn dia buka pintu. Tpi yg di mobil pasti tau kapan motor melintas dan ada spion jga depan pintu

@ditra.sastabaskoro: Orang tolong dulu yang jatuh ,ini malah ngecek pintu mobil

@juppehollic: Keliatan yg bawa mobil orang pas2an😂 soalnya dia melihat pintu nya dulu bukan org nya yg jatuh

@verenayoana: Kesel liat sopir mobilnya ya, pake acara nge cek pintu nya cacat apa gak…. Ud tau salah maen buka pintuuu sembarangan…. Ud tau parkir pinggir jalan raya… dimana mana jg buka pintu liat dl kebelakang! Merugikan orang lain tp gak nyadar…..

@celina_arabela_zahrani: Yg salah yg punya mobil buat apa spion segede itu kalo bukan buat lihat, wajib sih itu ganti rugi motor sama orangnya bawa kerumah sakit, kalo gak mau lapor polisi habis itu dicabut sim nya dia

Cara yang Benar Saat Parkir di Pinggir Jalan 

Viral Pemotor Kecelakaan Akibat Senggol Pintu Mobil yang Terbuka 02

Peristiwa kecelakaan ini turut membuat Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana ikut angkat bicara. 

Menurut Sony, semua orang yang berkendara memiliki batasan toleransi yang aman, baik sepeda motor maupun mobil.

"Saat berjalan, motor nggak bisa seimbang selalu bergerak sedikit ke kiri atau kanan 1 meter, maka waspada jika ada kendaraan yang berhenti di pinggir jalan, kurangi kecepatan dan menjauh,” jelas Sony kepada Autofun. 

Dia juga menyatakan, saat mobil berhenti sudah seharusnya pengemudi memperhatikan posisi saat berhenti, apakah berada di badan jalan atau tidak. 

Parkir di pinggir jalan juga harus

Parkir di pinggir jalan juga harus memperhatikan sekitar

“Sekalipun benar (posisi di tepi jalan), tapi bukan serta merta asal membuka pintu, ada etikanya. Check kaca spion dulu, kalau pintu dibuka bikin kaget pengendara lain atau ngga, dan, setelah aman baru buka,” ujar Sony. 

Sony menuturkan, untuk pengendara yang berhenti atau parkir di pinggir jalan, sudah seharusnya mengetahui resikonya, sekalipun di luar badan jalan atau di luar garis marka. 

“Nggak bisa lagi cari benar atau salah jika terdampak kecelakaan, karena pasti ada korban, itu yang harus diperhitungkan para pengemudi. Kecuali darurat atau sebentar atau diawasi dan menyalakan lampu hazard,” tutupnya. 

Well, kalau lagi jalan-jalan atau berhenti dipinggir jalan tetap waspada ya guys!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil